fashion-beauty

Perawatan Kecantikan Alternatif, Kenali Metode Suntik Jerawat

Pernah dengar tentang suntik jerawat?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Minggu, 30 Juni 2019 | 08:00 WIB

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang menyebalkan dan kerap bikin tidak percaya diri, apalagi jika malah meradang dan bernanah. Selain menimbulkan rasa sakit saat disentuh, jerawat juga dapat mengganggu penampilan. Kabar baiknya, kini ada suntik jerawat yang diklaim sebagai cara cepat untuk menghilangkan jerawat meradang. 

Seberapa ampuh metode ini untuk menghilangkan jerawat? Efek sampingnya? Dikutip dari HelloSehat, berikut ulasannya.

Suntik jerawat atau suntik steroid adalah salah satu perawatan kecantikan untuk menangani jerawat parah yang meradang, seperti jerawat batu atau jerawat kista. Prosedur ini tidak direkomendasikan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang, seperti jerawat komedo.

Baca Juga: Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Jerawat disebutakan lebih cepat kempes dan sembuh dalam beberapa jam setelah mendapatkan suntik. Tak cuma itu, suntik jerawat juga dapat mengurangi risiko terjadinya bekas jerawat. Jadi, jika Anda punya jerawat yang meradang beberapa hari sebelum acara penting, metode ini mungkin bisa jadi pilihan untuk menghilangkan jerawat secara cepat.

Suntik jerawat dijamin aman bila dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan Kelamin (Sp.KK) yang berkompeten di bidang dermatologi. Ini karena prosedur penyuntikan hingga penentuan dosis obat yang digunakan harus benar dan tepat. Namun jika prosedur yang Anda lakukan tidak sesuai, suntik jerawat malah bisa menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti munculnya bopeng.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Prosedur ini juga aman dilakukan di bagian tubuh selain wajah, asalkan jenis jerawatnya seperti yang telah disebutkan tadi. Selain itu, tak ada batasan usia untuk melakukan prosedur ini. Anda harus memastikan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan suntik jerawat.

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

Sebagai catatan penting, suntik jerawat bukan untuk mengobati jerawatnya, melainkan mengatasi reaksi radang hebat yang sedang terjadi. Oleh karena itu, suntik jerawat dilakukan jika memang hanya diperlukan, bukan prosedur rutin yang dapat dilakukan setiap kali wajah jerawatan. Pengobatan pun tetap harus dikombinasikan dengan perawatan jerawat lain seperti penggunaan krim jerawat ataupun obat minum.

Efek samping dari suntik jerawat pun pada dasarnya sama dengan prosedur suntik lainnya, yaitu nyeri dan kemerahan di area suntikan. Pasien juga mungkin mengalami reaksi alergi apabila sensitif terhadap obat-obatan steroid. Kalau sudah begini, segera konsultasikan kembali kepada dokter spesialis kulit dan kelamin guna penanganan lebih lanjut.

Ilustrasi seorang petugas medis sedang memegang jarum suntik di hadapan pasien (Shutterstock).

Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah munculnya bopeng atau atrofi, yakni penyusutan jaringan otot atau kulit pada area bekas suntikan. Namun, efek samping tersebut umumnya terjadi jika prosedur ini bukan ditangani dokter Sp.KK dengan dosis dan cara penyuntikkan yang tidak tepat, sehingga membuat kulit menjadi rusak.

Lalu, apa saja pantangan yang mesti diperhatikan sebelum dan sesudah melakukan prosedur ini?

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Sebenarnya tidak ada pantangan yang berarti. Namun, ini cenderung ditekankan pada perubahan gaya hidup seperti rutin merawat wajah dan menghindari segala jenis makanan penyebab jerawat, seperti hidangan berminyak dan produk susu. Dengan begitu, manfaat suntik jerawat akan bisa dirasakan secara lebih optimal.

fashion-beauty

Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

Ayu Ting Ting mengikuti halal bihalal di rumah calon mertuanya.

fashion-beauty

Rafathar Potong Rambut di London, Mantap Pilih Salon Ternama

Berapa kira-kira biaya potong rambut di London seperti yang dilakukan Rafathar?

fashion-beauty

Produk Kecantikan Ini Raih Penghargaan di Thailand, Apa Keistimewaannya?

Produk kecantikan Aqua+ Series kembali mendapatkan penghargaan Internasional di Thailand.

fashion-beauty

Harganya Rp20 Jutaan, Sepatu Dian Sastrowardoyo Ternyata Produk Ramah Lingkungan

Seperti apa penampakan sepatu ramah lingkungan yang dikenakan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

Dipuji Semakin Kalem, Intip 5 Gaya Busana Tasyi Athasyia

Gaya busana Tasyi Athasyia yang dinilai semakin kalem menuai banyak pujian dari warganet.

fashion-beauty

Soft Playful Makeup, Gunakan 6 Produk Kecantikan Ini

Makeup artist Marcelia Yang berbagi rekomendasi produk kecantikan untuk mendapatkan tampilan soft playful makeup.