fashion-beauty

4 Kandungan Skincare Ini Dapat Membantu Mengecilkan Pori-Pori, Apa Saja?

Apakah produk skincare andalanmu diklaim bisa membantu mengecilkan pori-pori?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 19 September 2019 | 19:00 WIB

Pori-pori besar seringkali dinilai mengganggu penampilan. Saat ini, ada berbagai produk perawatan wajah yang diklaim mampu mengecilkan pori-pori. Namun, apakah produk skincare memang dapat melakukannya?

Faktanya, pori-pori kulit tak bisa membesar atau dikecilkan sendiri. Setiap orang memiliki ukuran pori yang berbeda, umumnya dipengaruhi juga oleh faktor genetik. Namun, memang ada beberapa hal yang dapat membuat penampilan pori tampak lebih besar.

Melansir Hellosehat, berdasarkan penelitian tahun 2019 dari Korea, pori-pori wajah yang tampak membesar bisa disebabkan seberapa banyak kelenjar sebum memproduksi minyak.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Semakin banyak volumenya, pori-pori pun kelihatan lebih besar. Kondisi ini sangat sering terjadi pada tipe kulit berminyak. Selain itu, menurunkan elatisitas kulit dan kotoran atau sumbatan folikel rambut juga dapat jadi salah satu penyebab.

Lalu, adakah produk skincare yang mampu membantu mengecilkan pori-pori? Masih mengutip Hellosehat, berikut penjelasannya.

Ilustrasi pori-pori membesar (Freepik/Shampao)

1. Retinol

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Menurut dr. Debra Jaliman, dokter kulit dari New York, retinol termasuk bahan aktif dalam skincare yang membantu 'mengecilkan' pori-pori. Retinol bekerja mendorong regenerasi sel kulit wajah.

Ketika kotoran dan sel kulit mati terangkat, lapisan kulit yang baru dengan tampilan pori asli bakal terlihat. Efeknya, pori yang tadinya tersumbat dan terlihat besar akan tampak lebih kecil.

2. Pelembap berbahan dasar air

Pelembap adalah skincare wajib untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Jika Anda mengira pelembap justru membuat kulit semakin berminyak, itu merupakan anggapan yang salah.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Mereka dengan tipe kulit berminyak justru justru tidak boleh sampai lupa memakai pelembab untuk membantu mengecilkan pori-pori. Tanpa bantuan pelembap, kulit Anda malah dapat menghasilkan lebih banyak minyak.

Pemilik kulit berminyak disarankan memakai pelembab berbahan dasar air agar tampilan wajah tidak terlihat semakin mengkilap dan membuat pori-pori tampak lebih besar.

3. Sunscreen

Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya juga termasuk skincare yang bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Paparan sinar matahari dalam jangka panjang dapat menurunkan elastisitas alami kulit. Jika kulit tak kencang, pori-pori wajah pun bakal terlihat lebih besar dari seharusnya.

Ilustrasi produk sunscreen. (Unsplash/Kori Nori)

4. Produk eksfoliator dengan kandungan AHA dan BHA

American Academy of Dermatology (ADA) merekomendasikan skincare yang berfungsi mengangkat sel kulit mati dan mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) atau beta-hydroxy acid (BHA) guna membantu mengecilkan pori-pori.

ADA juga menganjurkan untuk rutin eksfoliasi kulit sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Fungsinya adalah membantu menyingkirkan sisa kulit mati serta kotoran yang menyumbat pori-pori.

Baca Juga: Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Namun, jika Anda sedang berjerawat, jangan pakai skincare ini dulu. Mengelupaskan lapisan kulit yang masih sensitif dan meradang malah bakal memperparah jerawat. BHA juga tidak boleh digunakan jika Anda alergi terhadap aspirin. 

fashion-beauty

Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Pagelaran IFW 2024 kali ini digelar dengan menjadikan wastra Betawi sebagai fokus utama dengan mengusung tema Langgam Jakarta Teranyam.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?