fashion-beauty

Hilangkan Jerawat di Pantat, Coba Gunakan 3 Bahan Alami Ini

Meski tidak terlihat, punya jerawat di pantat benar-benar terasa tak nyaman.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 03 Oktober 2019 | 12:00 WIB

Siapa yang pernah memiliki masalah jerawat di pantat? Tak bisa disamakan dengan jerawat yang biasa muncul di wajah, ada beberapa cara khusus untuk mengatasinya.

Melansir Hellosehat, hal utama yang mesti diperhatikan adalah menjaga kebersihan dan menjadikan area tersebut tetap kering. Anda mungkin juga perlu mengelola stres dan asupan makanan karena keduanya memang berpengaruh terhadap kulit.

Lalu, bagaimana caranya menghilangkan jerawat yang terlanjur muncul di pantat?

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Pertama, Anda dapat menggunakan krim obat yang dijual bebas di pasaran. Salah satu kandungan yang terkenal untuk menghilangkan jerawat adalah asam salisilat. Anda cuma perlu mengoleskan krim atau pads asam salisilat pada area yang terkena jerawat.

Namun, jangan sampai krim obat itu terkena daerah genital. Jangan lupa juga memeriksa komposisinya. Anda butuh setidaknya 2% kandungan asam salisilat agar ampuh menghilangkan jerawat di pantat.

Produk skincare. (Shutterstock)

Kedua, menjaga kelembapan kulit merupakan cara agar kantung nanah tersebut cepat hilang. Walau begitu, jangan sembarangan memilih pelembab karena salah-salah justru bakal menambah jerawat dan memperparah kondisi kulit.

Baca Juga: 20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Cobalah gunakan pelembap yang tak mengandung minyak. Anda dapat menggunakan pelembap dengan kandungan asam laktat karena bisa mencegah folikulitis, yaitu peradangan pada folikel rambut.

Selain itu, ada pula pengobatan alami sebagai alternatif mengatasi jerawat di pantat. Beberapa bahan yang bisa Anda gunakan antara lain:

Tea Tree Oil. (Shutterstock)

1. Tea tree oil

Tea tree oil merupakan minyak yang berasal dari daun pohon teh. Kandungan antimikroba pada daun pohon teh yang sudah melalui proses penyulingan ini punya potensi sebagai obat jerawat. 

Mengutip National Center for Complementary and Integrative Health, penggunaan minyak teh umumnya dilakukan dengan mengoleskan ke kulit. Minyak ini juga dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan melawan bakteri penyebab folikulitis.

Bubuk kunyit. (Shutterstock)

2. Kunyit

Rempah-rempah satu ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat di pantat. Kunyit juga disebut berpotensi sebagai antimikroba dan anti-peradangan.

Khasiat itu telah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam jurnal Phytotherapy Research tentang efek penggunaan kunyit terhadap kesehatan kulit manusia. Kandungan kurkumin diyakini akan membantu melakukan perlawanan terhadap salah satu bakteri penyebab jerawat, yakni Staphylococcus aureus.

3. Cuka apel

Asam asetat dalam cuka apel merupakan senyawa antibakteri alami yang juga diketahui bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

Cuka apel. (Shutterstock)

Dalam sebuah studi di jurnal PLOS One, tampak bahwa asam asetat mampu mengurangi pertumbuhan bakteri pada luka bakar. Itulah mengapa menggunakan cuka apel saat berendam juga dipercaya mampu membantu menghilangkan jerawat di pantat. 

Baca Juga: Parfum Ganjar Pranowo Bikin Penasaran, Ternyata Produk Lokal

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat keampuhan cuka apel mengatasi jerawat. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai pengobatan rutin dan utama, ada baiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

fashion-beauty

Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Apa merek favorit produk jam tangan mewah yang kerap jadi andalan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Inilah beberapa sepatu mewah yang pernah dipakai Puan Maharani.

fashion-beauty

Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Parfum yang cocok untuk anak muda ini memiliki aroma unik dengan berbagai keistimewaan tersendiri.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Inilah beberapa koleksi tas mewah yang pernah dikenakan Aura Kasih.

fashion-beauty

Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Sandal yang dipakai Shandy Purnamasari saat Lebaran sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.