fashion-beauty

Alami dan Simpel, 5 Kebiasaan Sehat Ini Bantu Hilangkan Bekas Jerawat

Ini kebiasaan sehat yang bisa menghilangkan bekas jerawat

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 13 November 2019 | 22:00 WIB

Sudah melakukan segala cara, akhirnya jerawat berhasil diatasi. Namun, jangan berhenti untuk perawatan kulit dan melakukan pencegahan agar jerawat tak datang lagi.

Hilangnya jerawat bukan berarti masalah selesai. Bisa jadi, jerawat menyisakan bekas kemerahan atau membuat kulit menghitam. Karena tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu Anda menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat.

Tak perlu dengan cara yang rumit, beberapa kebiasaan berikut ternyata cukup berguna menghilangkan bekas jerawat, dilansir dari Hello Sehat.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

1. Mencuci wajah secara rutin

Punya kebiasaan mencuci wajah secara rutin adalah salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Rutinitas ini dapat membantu Anda menjaga kebersihan wajah.

Dengan cuci muka secara rutin, Anda bisa mengangkat kulit mati. Anda juga terhindar dari perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi pada bekas jerawat. Dengan begitu, bekas jerawat Anda tidak semakin memburuk dan akan lebih mudah hilang.

Baca Juga: Demo Bar and Bistro, Tempat Nongkrong di Jakarta yang Terus Berinovasi Demi Pengalaman Kuliner Terbaik

Ilustrasi mencuci wajah. (Shutterstock)

2. Tidak menyentuh wajah langsung dengan tangan

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang mudah terpapar bakteri. Tidak menyentuh wajah dengan tangan bisa meminimalkan terjadi peradangan kembali pada bekas jerawat dan mencegahnya terhadap infeksi.

Dengan begitu, bekas jerawat yang sudah ada tak akan memburuk dan dapat berangsur membaik.

3. Cukupi asupan air

Minum air putih di pagi hari. (Shutterstock)

Kebiasaan ini mungkin tidak dapat menghilangkan bekas jerawat secara langsung. Namun, efeknyanya sangat berperan untuk kesehatan kulit Anda.

Biasanya, setelah jerawat hilang, muncul beberapa masalah, seperti kulit kering akibat pengobatan jerawat yang dilakukan sebelumnya atau munculnya bekas jerawat. Minum air kemudian bisa menjadi salah satu cara merawat wajah setelah jerawat sembuh.

Bekas jerawat yang tertinggal pada wajah terkadang menimbulkan peradangan. Di sisi lain, kulit yang kering atau tak terhidrasi lebih rentan mengalami inflamasi. Itu sebabnya anda perlu memastikan meminum 8 gelas air setiap hari agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

4. Rutin makan buah dan sayur

Ilustrasi makan sayur. (Shutterstock)

Selain baik untuk tubuh, makan buah dan sayur setiap hari juga merupakan kebiasaan yang turut bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Sayur dan buah, seperti alpukat, brokoli, lemon, dan tomat, diketahui menjadi bagian dari tips alami penyembuhan bekas jerawat.

Vitamin C yang dalam alpukat dan brokoli mengandung antioksidan penting yang mampu memproteksi kulit dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga mencegah kulit kering dan kasar pada bekas jerawat.

5. Menggunakan gel penghilang bekas jerawat

Ilustrasi membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah. (Shutterstock)

Ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Umumnya, bekas jerawat menimbulkan hiperpigmentasi dan meninggalkan warna yang lebih gelap setelah jerawat sembuh.

Hiperpigmentasi pada bekas jerawat dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan membuat kulit wajah jadi tidak rata. Dalam beberapa kondisi, bila teriritasi, bekas jerawat ini bisa mengalami peradangan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa coba menggunakan gel penghilang bekas jerawat yang mengandung niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73).

Ketiganya punya kemampuan untuk menyamarkan noda hitam dan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat. Gel yang memiliki tiga kandungan ini juga punya kemampuan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

Saat menghilangkan bekas jerawat menggunakan gel, pastikan Anda memiliki kebiasaan untuk mengoleskannya 2-3 kali sehari. Hal itu bisa mempercepat pudarnya bekas jerawat.

Baca Juga: 3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Jangan lupa, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah. Kebiasaan ini juga baik dilakukan untuk mencegah atau menghilangkan bekas jerawat. (*Silfa Humairah Utami)

fashion-beauty

Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Apa merek favorit produk jam tangan mewah yang kerap jadi andalan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Inilah beberapa sepatu mewah yang pernah dipakai Puan Maharani.

fashion-beauty

Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Parfum yang cocok untuk anak muda ini memiliki aroma unik dengan berbagai keistimewaan tersendiri.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Inilah beberapa koleksi tas mewah yang pernah dikenakan Aura Kasih.

fashion-beauty

Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Sandal yang dipakai Shandy Purnamasari saat Lebaran sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.