fashion-beauty

Lelah Menghadapi Masalah Beruntusan? Dr Richard Lee Ungkap Solusinya

Wajah beruntusan memang sering kali bikin risih dan geregetan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 21 Juni 2021 | 16:30 WIB

Memiliki wajah beruntusan tentu bisa dibilang mengganggu dan bikin risih. Oleh karena itu, masalah kulit ini perlu diatasi dengan cara yang tepat.

Ahli dermatologi, dr. Richard Lee, MARS mengatakan masalah beruntusan ada banyak penyebabnya. Meski begitu, beruntusan yang memiliki nama ilmiah 'papula' pada dasarnya terjadi akibat adanya sumbatan pada kelenjar sebum.

"Bruntusan ini juga terbagi dalam tiga jenis, ringan, sedang dan berat. Kalau ringan dan sedang bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami atau pengobatan biasa. Tapi kalau bruntusan berat jangan harap, harus dengan eksfoliasi," ungkap dr Richard Lee dikutip dari tayangan di kanal YouTube dr. Richard Lee, MARS.

Baca Juga: Pernah Mimpi Berciuman dengan Teman Kerja? Ini 7 Maknanya

Termasuk permasalahan kulit yang umum, bruntusan tidak harus diatasi dengan perawatan di klinik kecantikan. Selain penggunaan krim, dr Richard Lee menyarankan beberapa tips atau cara mengatasi beruntusan di wajah, antara lain:

Membersihkan wajah. (Shutterstock)

Lakukan double cleansing

Pada dasarnya, bruntusan terjadi akibat kelenjar minyak yang tersumbat. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Terkenal Pekerja Keras, Dedikasi Tak Tergoyahkan

Dokter Richard menyarankan untuk lakukan dua kali pembersihan wajah dengan menggunakan micellar water dan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit.

"Lakukan itu sehari dua kali. Jadi, bisa menggunakan micellar water dulu, kemudian menggunakan facial wash. Pada malam hari juga bisa diulangi," saran dia.

Pakai krim

Gunakan krim yang mengandung benzoyl peroxide dan asam salisilat. Kedua zat aktif ini dinilai sangat efektif untuk menghilangkan beruntusan.

Eksfoliasi

Pada kasus beruntusan berat, harus dilakukan pengangkatan sel kulit mati. Hal itu karena bruntusan sebetulnya juga terjadi akibat kulit mati yang menumpuk.

Dokter Richard menyarankan untuk melakukan eksfoliasi dengan peeling menggunakan skincare berbahan AHA maupun PHA.

Dia lalu menerangkan, "Saya sarankan kalau sudah peeling eksfoliasi di atas 30 persen, lakukan di klinik. Karena peeling itu juga ada risikonya. Bisa terbakar, iritasi, jadi lakukan dengan benar di klinik. Jangan di rumah. Efeknya bisa bagus banget untuk hilangkan bruntusan terutama yang sedang dan berat."

Laser Diode

Jika ketiga cara di atas belum juga efektif menghilangkan beruntusan, solusi lainnya bisa melakukan perawatan di klinik.

Menurut dr. Richard, kombinasi perawatan dengan laser diode di klinik bisa menjadi solusi untuk menyumbat kelenjar sebum.

"Biasanya saya mengombinasikan laser dan peeling untuk pengobatan bruntusan. Tapi, kalau penyebabnya tidak kita atasi, nanti hilang lalu muncul lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui penyebab bruntusan di awal. Nah, jika Anda yang ingin mendengar langsung penjelasan lengkap dr Richard Lee tentang bruntusan dan cara mengatasinya, bisa langsung klik di sini. (*Lilis Varwati)

fashion-beauty

Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Apa merek favorit produk jam tangan mewah yang kerap jadi andalan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Inilah beberapa sepatu mewah yang pernah dipakai Puan Maharani.

fashion-beauty

Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Parfum yang cocok untuk anak muda ini memiliki aroma unik dengan berbagai keistimewaan tersendiri.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Inilah beberapa koleksi tas mewah yang pernah dikenakan Aura Kasih.

fashion-beauty

Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Sandal yang dipakai Shandy Purnamasari saat Lebaran sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.