fashion-beauty

Heboh Video Wanita Pakai Air Kencing untuk Obati Jerawat, Aman?

Dokter langsung angkat bicara soal video yang heboh ini.

Nur Khotimah
Minggu, 25 Juli 2021 | 19:30 WIB

Video cara mengobati jerawat yang dilakukan oleh seorang wanita belakangan heboh. Bukannya apa-apa, wanita itu memakai air kencing sendiri untuk mengobati jerawat di wajahnya.

Melansir The Sun, wanita bernama Thess itu belakangan membagikan tips mengobati jerawat ala dirinya di YouTube. Dia mencoba mengoleskan air kencing ke jerawat agar cepat sembuh.

Thess mulai melakukan cara ini setelah mendengar omongan dari banyak orang. Wanita asal Filipina itu diberi tahu bahwa air kencing bisa mengecilkan jerawat.

Baca Juga: Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

"Aku mendengar bahwa mengoleskan sedikit urin pada jerawat sangat efektif karena membuatnya tidak terlalu bergelombang dan lebih kecil," kata Thess melansir The Sun, Sabtu (24/7/2021).

Thess kemudian terlihat mengoleskan sedikit air seninya sendiri ke jerawat yang ada di wajahnya. Dia melakukannya menggunakan tangan langsung, tanpa alat bantu.

Viral wanita obati jerawat dengan air kencing. (YouTube/Crazy Thess)

Meski baunya tidak enak, tapi Thess tetap mengoleskannya ke wajah. Dia mengaku merasa sedikit perih ketika air kencingnya mengenai jerawat, seperti ketika luka terkena garam.

Baca Juga: Bongkar Ini Tas Hermes Ayu Ting Ting, Ruben Onsu: Sama Kayak Gue

"Kamu mungkin berpikir aku gila, tapi sebenarnya tidak. Baunya sangat tidak enak. Kamu bisa merasakan sedikit perih," kata Thess lagi.

Thess menjelaskan bahwa dia akan menunggu urinnya kering untuk kemudian dibiarkan seperti itu sampai tidur. Keesokan paginya Thess pun mengklaim bahwa jerawatnya sudah membaik.

"Rasa sakit dari jerawat itu hilang. Aku akan mengatakannya, ya itu efektif," tegas wanita cantik itu dalam video YouTube miliknya.

Kendati dianggap berhasil, banyak warganet yang menganggap cara Thess mengobati jerawat cukup menjijikan. Lantas, bagaimana dengan pendapat dokter tentang cara ini? Apakah aman?

Dokter sekaligus penasihat kesehatan The Sun, Carol Cooper, tidak setuju dengan cara tersebut. Dia menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan air kencing bisa mengobati jerawat.

Viral wanita obati jerawat dengan air kencing. (YouTube/Crazy Thess)

"Urin adalah pengobatan tradisional yang populer untuk banyak kondisi, terutama di Timur. Tapi tidak ada bukti bahwa itu akan menyembuhkan jerawat," jelas Carol Cooper.

Menurut Carol Cooper, air kencing memang memiliki beberapa manfaat karena kandungan urea di dalamnya. Namun, perlu diketahui bahwa air kencing tidak steril.

Mengoleskan air kencing ke jerawat atau bagian tubuh yang luka berpotensi memasukkan bakteri ke dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengobati jerawat dengan cara ini.

"Urin memang mengandung urea produk limbah yang memiliki tindakan anti-pengeringan dan bisa menghilangkan rasa gatal, tapi itu tidak cukup untuk membuat perbedaan (pada jerawat)," tegasnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Media Sosial Favorit Gen Z, TikTok atau Bukan?

"Urin tidak steril dan jika Anda meletakannya di tempat (jerawat) ada resiko memasukkan bakteri dan ragi ke dalam kulit yang sudah meradang. 'Perawatan' ini hanya sia-sia," pungkas Carol Cooper.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?

fashion-beauty

Brand K-Beauty Ini Luncurkan 2 Produk Baru, Cocok untuk Persiapan Lebaran

Merayakan Ramadan dengan mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas bersama produk barenbliss.