fashion-beauty

5 Cara Memudarkan Kerutan di Dahi, Jangan Lupakan Tabir Surya

Ada beberapa cara untuk mencegah dan memudarkan kerutan di dahi. Apa saja?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:30 WIB

Kerutan di dahi termasuk tanda penuaan dini. Kondisi ini umumnya terjadi akibat sel kulit yang mulai kehilangan kolagen. Hasilnya, banyak orang berburu cara mencegah kerutan di dahi supaya tampak lebih awet muda.

"Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan kolagen, dan ini juga bisa menyebabkan garis halus dan kerutan menjadi lebih jelas," ujar Marisa Garshick, Dokter Kulit MDCS Dermatology, dikutip dari Insider.

Kolagen merupakan protein alami yang menjaga kulit tetap kencang dan terisi. Penuaan menyebabkan produksi kolagen tak lagi seperti saat muda dan remaja, dan bisa dipercepat karena paparan sinar matahari dan asap rokok.

Baca Juga: Bongkar Ini Tas Hermes Ayu Ting Ting, Ruben Onsu: Sama Kayak Gue

Berikut ini adalah cara alami untuk menghilangkan dan mencegah kerutan di dahi menurut para dokter kulit dan ahli dermatologis.

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Menggunakan tabir surya setiap hari

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak kolagen di kulit dan mempercepat penuaan dini. Sedangkan tabir surya terbukti bisa mengurangi risiko akibat sinar UV seperti kanker kulit dan penuaan dini.

Baca Juga: Ternyata Ini Media Sosial Favorit Gen Z, TikTok atau Bukan?

"Tabir surya mesti digunakan setiap hari, pada musim apapun dan digunakan setiap hari. Jika sedang di luar ruangan aplikasikan tabir surya setiap 2 jam sekali," ujar Sara Perkins, Dokter Kulit Yale Medicine.

Berhenti merokok

Nikotin adalah salah satu dari 4.000 bahan kimia berbahaya di dalam rokok bisa mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan kerutan. Hal ini terbukti dari penelitian di 2019 yang menunjukan jika merokok dapat membuat kulit kurang elastis, khususnya dahi.

Menurut Garshick semakin lama orang merokok, semakin meningkatkan risiko penuaan dini pada kulit. Oleh karenanya, berhenti merokok bakal sangat membantu mencegah kerutan.

Kelola stres

Stres berlebihan juga bisa menyebabkan kerutan. Hal itu karena hormon stres atau kortisol dapat menurunkan produksi kolagen. Apalagi stres kerap membuat ekspresi tertentu seperti dahi dan alis berkerut sehingga membuat kerutan semakin kelihatan.

Tak perlu perawatan kulit bermacam-macam. Apa yang perlu dilakukan hanya cukup tidur, konsumsi makanan sehat, berolahraga tertur bisa sangat membantu stres terkelola dengan baik. Hasilnya, itu bisa mencegah penuaan kulit semakin parah.

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

Menggunakan pelembap

Kulit menua karena tak bisa mempertahankan kelembapannya. Kulit yang dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan kerutan mudah terlihat.

Adapun cara menghidrasi kulit adalah  menggunakan pelembap, khususnya pelembap dari bahan aktif dan melembutkan kulit sekaligus. Bahan yang bisa dipertimbangkan adalah emolien dan humektan. Ini karena humektan atau asam hialuronat bisa menarik air ke kulit dengan cara ditepukkan perlahan.

Menggunakan antikerut mengandung antioksidan

Beberapa bahan yang harus dipastikan ada dalam produk krim adalah antioksidan vitamin C. Kandungan ini membantu melindungi dari kerusakan kulit akibat radikal bebas, sekaligus meningkatkan produksi kolagen.

Baca Juga: 6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Produk yang mengandung ekstrak teh dan biji anggur umumnya juga mengandung senyawa antioksidan. Bahan niacinamide yang merupakan bentuk lain dari vitamin B-3 juga ampuh meningkatkan elastisitas serta kelembapan kulit. (*Dini Afrianti Efendi)

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?

fashion-beauty

Brand K-Beauty Ini Luncurkan 2 Produk Baru, Cocok untuk Persiapan Lebaran

Merayakan Ramadan dengan mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas bersama produk barenbliss.