Senin, 18 Oktober 2021
Nur Khotimah : Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:04 WIB

Dewiku.com - Setelah melalui perjalanan panjang, hubungan Lesti Kejora dan Rizky BIllar akhirnya berakhir di pelaminan. Pasangan ini baru saja resmi menikah pada Kamis (19/8/2021).

Akad nikah Billar dan Lesti baru saja digelar di Hotel Intercontinental Pondok Indah Jakarta dengan dihadiri keluarga. Pasangan ini mengusung adat Sunda saat akad nikah.

Lesti tampil cantik dalam balutan kebaya putih lengkap dengan riasan pengantin Sunda. Selain berfungsi untuk mempercantik, riasan ini juga menyimpan makna sakral.

Kira-kira apa makna di balik riasan pengantin Sunda yang dipakai Lesti Kejora saat akad? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Siger

Penampilan Lesti Kejora saat akad nikah. (Instagram/@fans.leslar)

Salah satu ciri khas riasan pengantin Sunda adalah siger. Ini merupakan mahkota yang dipakai oleh pengantin wanita dan biasanya terbuat dari campuran logam.

Siger melambangkan kesempurnaan wanita. Ada juga yang memaknai mahkota siger sebagai harapan akan rasa hormat, kearifan, serta kebijaksanaan dalam pernikahan.

Bentuk siger yang mirip segitiga ke atas melambangkan hidup yang seharusnya memuncak dan juga pengingat bahwa hidup kita nantinya akan kembali kepada yang di atas (Tuhan).

2. Kembang goyang

Ini merupakan hiasan bunga mentul yang diletakkan di sanggul. Hiasan tersebut memiliki makna rezeki serta sari-sari kebaikan untuk kedua mempelai.

Biasanya pengantin Sunda memakai tujuh kembang goyang, lima di antaranya menghadap ke depan dan sisanya menghadap ke belakang. Ini bermakna bahwa perempuan harus terlihat cantik, baik dari depan maupun belakang.

3. Kembang tanjung

Lesti Kejora memakai riasang pengantin Sunda saat akad. (Instagram/@leslarupdate)

Riasan ini berupa enam pasang pola berbentuk seperti hati yang disematkan di bagian belakang mahkota siger. Kembang tanjung menyimbolkan kesetiaan mempelai wanita kepada pasangannya.

4. Untaian bunga melati

Untaian bunga melati yang jatuh sampai ke depan tubuh disebut sebagai ronce. Panjang ronce biasanya berkisar antara 20-30 cm. Hiasan Ini melambangkan kemurnian dan kesucian seorang perempuan.

5. Hiasan mangle bunga

Lesti Kejora memakai riasang pengantin Sunda saat akad. (Instagram/@leslarupdate)

Hiasan bunga yang dipakai pengantin Sunda juga terdiri dari Mangle Pasung, Mangle Susun, Mangle Sisir, mayang sari, dan panetep. Riasan ini biasanya terbuat dari melati, kemboja, tanjung, atau sedap malam.

Mangle susun merupakan untaian yang memanjang di belakang telinga sebelah kanan pengantin. Panjangnya mangle ini bermakna rencana pekerjaan rumah tangga yang telah disusun rapi.

Sementara mayang sari merupakan untaian bunga yang dipasang di belakang telinga sebelah kiri. Ini bermakna spiritual yang menyimbolkan harapan agar tidak ada perselisihan di dalam rumah tangga.

6. Daun sirih di kening

Beberapa pengantin Sunda juga memakai daun sirih yang dipotong menyerupai bentuk wajik di bagian kening. Ini dipercaya sebagai penolak bala dari berbagai musibah dan kejahatan yang bersifat magis.

Demikian ulasan makna riasan pengantin Sunda yang dipakai oleh Lesti Kejora saat akad nikah siang tadi. Lesti dinikahi Rizky Billar dengan mahar USD 72.300 atau sekitar Rp1 miliar.

BACA SELANJUTNYA

Nggak Main-Main, Rizky Billar Pakai Jam Tangan Mewah Seharga Rp1,7 Miliar