fashion-beauty

Dipakai Lesti Kejora saat Akad Nikah, Ini Makna Riasan Pengantin Adat Sunda

Lesti Kejora mengusung adat Sunda saat menikah hari ini, Kamis (19/8/2021).

Nur Khotimah
Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:04 WIB

Setelah melalui perjalanan panjang, hubungan Lesti Kejora dan Rizky BIllar akhirnya berakhir di pelaminan. Pasangan ini baru saja resmi menikah pada Kamis (19/8/2021).

Akad nikah Billar dan Lesti baru saja digelar di Hotel Intercontinental Pondok Indah Jakarta dengan dihadiri keluarga. Pasangan ini mengusung adat Sunda saat akad nikah.

Lesti tampil cantik dalam balutan kebaya putih lengkap dengan riasan pengantin Sunda. Selain berfungsi untuk mempercantik, riasan ini juga menyimpan makna sakral.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Kira-kira apa makna di balik riasan pengantin Sunda yang dipakai Lesti Kejora saat akad? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Siger

Penampilan Lesti Kejora saat akad nikah. (Instagram/@fans.leslar)

Salah satu ciri khas riasan pengantin Sunda adalah siger. Ini merupakan mahkota yang dipakai oleh pengantin wanita dan biasanya terbuat dari campuran logam.

Baca Juga: 20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Siger melambangkan kesempurnaan wanita. Ada juga yang memaknai mahkota siger sebagai harapan akan rasa hormat, kearifan, serta kebijaksanaan dalam pernikahan.

Bentuk siger yang mirip segitiga ke atas melambangkan hidup yang seharusnya memuncak dan juga pengingat bahwa hidup kita nantinya akan kembali kepada yang di atas (Tuhan).

2. Kembang goyang

Ini merupakan hiasan bunga mentul yang diletakkan di sanggul. Hiasan tersebut memiliki makna rezeki serta sari-sari kebaikan untuk kedua mempelai.

Biasanya pengantin Sunda memakai tujuh kembang goyang, lima di antaranya menghadap ke depan dan sisanya menghadap ke belakang. Ini bermakna bahwa perempuan harus terlihat cantik, baik dari depan maupun belakang.

3. Kembang tanjung

Lesti Kejora memakai riasang pengantin Sunda saat akad. (Instagram/@leslarupdate)

Riasan ini berupa enam pasang pola berbentuk seperti hati yang disematkan di bagian belakang mahkota siger. Kembang tanjung menyimbolkan kesetiaan mempelai wanita kepada pasangannya.

4. Untaian bunga melati

Untaian bunga melati yang jatuh sampai ke depan tubuh disebut sebagai ronce. Panjang ronce biasanya berkisar antara 20-30 cm. Hiasan Ini melambangkan kemurnian dan kesucian seorang perempuan.

5. Hiasan mangle bunga

Lesti Kejora memakai riasang pengantin Sunda saat akad. (Instagram/@leslarupdate)

Hiasan bunga yang dipakai pengantin Sunda juga terdiri dari Mangle Pasung, Mangle Susun, Mangle Sisir, mayang sari, dan panetep. Riasan ini biasanya terbuat dari melati, kemboja, tanjung, atau sedap malam.

Mangle susun merupakan untaian yang memanjang di belakang telinga sebelah kanan pengantin. Panjangnya mangle ini bermakna rencana pekerjaan rumah tangga yang telah disusun rapi.

Sementara mayang sari merupakan untaian bunga yang dipasang di belakang telinga sebelah kiri. Ini bermakna spiritual yang menyimbolkan harapan agar tidak ada perselisihan di dalam rumah tangga.

6. Daun sirih di kening

Beberapa pengantin Sunda juga memakai daun sirih yang dipotong menyerupai bentuk wajik di bagian kening. Ini dipercaya sebagai penolak bala dari berbagai musibah dan kejahatan yang bersifat magis.

Baca Juga: Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Demikian ulasan makna riasan pengantin Sunda yang dipakai oleh Lesti Kejora saat akad nikah siang tadi. Lesti dinikahi Rizky Billar dengan mahar USD 72.300 atau sekitar Rp1 miliar.

fashion-beauty

Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Parfum yang cocok untuk anak muda ini memiliki aroma unik dengan berbagai keistimewaan tersendiri.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Inilah beberapa koleksi tas mewah yang pernah dikenakan Aura Kasih.

fashion-beauty

Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Sandal yang dipakai Shandy Purnamasari saat Lebaran sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.

fashion-beauty

Kasual dan Menawan, 5 Gaya Dian Sastrowardoyo Pakai Celana Denim

Berikut inspirasi padu padan busana kasual ala Dian Sastrowardoyo.

fashion-beauty

Paula Verhoeven Mantap Berhijab, Ini 5 Potret Modisnya

Gaya busana Paula Verhoeven tetap tampak begitu menawan setelah memutuskan mantap berhijab.