fashion-beauty

Jangan Anggap Sepele, Stres Pandemi Memicu Parahnya Masalah Rambut Rontok

Jika tidak dicegah atau ditangani secara tepat, masalah rambut rontok bisa menjadi lebih parah.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 04 November 2021 | 17:00 WIB

Kerontokan termasuk masalah rambut yang umum dihadapi banyak orang. Pandemi Covid-19 dan situasi yang memaksa banyak orang untuk lebih sering berdiam diri di rumah rupanya juga bisa membuat rambut rontok makin parah.

Menurut Corporate Adcanced Research & Evaluation Centre Head Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Maily S.Si., M.Biomed, faktor stres bisa jadi salah satu pemicu rambut rontok kian parah.

"Jadi kalau stres saat dalam kondisi pandemi, kekebalan akan menurun. Risikonya kita bisa terinfeksi atau juga stres. Kemudian terjadi inbalance hormon jadi DHT (dihydrotestosterone) meningkat jadi rambut mudah rontok," kata Maily dalam media briefing di Jakarta, Selasa (2/11/2021) kemarin. 

Baca Juga: 30 Stiker Toples Lebaran yang Desainnya Bikin Gemas, Gratis Siap Cetak!

Ia menjelaskan, rambut rontok sebenarnya hal yang normal. Hal itu karena rambut pasti akan mengalami fase kerontokan dan digantikan dengan pertumbuhan rambut baru.

Masalah rambut rontok. (Shutterstock)

Hanya saja, ada batas normal rambut rontok dalam sehari, yakni tidak lebih dari 100 helai. Lebih dari itu, disarankan untuk melakukan perawatan rambut rontok.

"Kalau (rambut rontok) gak di-treatment bisa permanen," ucap dia.

Baca Juga: Tyas Mirasih Jual Tas Mewah ke Nagita Slavina, Hasilnya di Luar Ekspektasi

Perawatan rambut rontok tidak harus dilakukan dengan pergi ke salon, cukup dari rumah. Selain menggunakan sampo dan kondisioner, penggunaan serum rambut salah satu yang bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Sejak pandemi Covid-19, serum rambut menjadi salah satu produk paling banyak dicari konsumen untuk mengatasi kerontokan.

"Produk hair growth serum jadi yang paling laris di e-commerce selama pandemi ini," ucap Product Executive Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Carina Claudia.

Dari hasil uji klinis, serum tersebut diklaim 93 persen efektif mengatasi kerontokan rambut dalam satu minggu. Juga 160 persen efektif merangsang pertumbuhan rambut dalam dua minggu. 

Ada tiga bahan aktif alami Rudy Hadisuwarno hair growth serum yang mamu mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut.

Pertama, sophora root untuk mengurangi pembentukan DHT yang menjadi penyebab kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut baru.

Kedua, tripeptide complex dan soybeans protein yang berfungsi memperlancar sirkulasi darah pada area ke rambut.

Ketiga, terdapat pula kandungan hydrolyzed sericin yang berguna sebagai soothing agent untuk menjaga serta memelihara kulit kepala tetap sehat.

Carina lalu menyarankan, jika rambut rontok sudah parah, sebaiknya gunakan serum hair growth Rudy Hadisuwarno sebanyak 3 kali dalam sepekan.

"Pemakaian cukup dioleskan secukupnya di kulit kepala lalu dipijat. Gunakan saat kondisi kulit kepala bersih," terangnya.

Maily menambahkan, perawatan rambut di rumah dengan produk kecantikan bisa ampuh mengatasi kerontokan jika kondisinya memang bukan karena penyakit tertentu yang mengharuskan adanya tindakan medis.

Baca Juga: Sepatu Pernikahan Sandra Dewi Disorot Lagi, Bertabur Ribuan Kristal

Selain itu, lantaran bahan-bahan yang digunakan dalam hair growth serum Rudi Hadisuwarno dipastikan aman, produk ini aman digunakan ibu hamil dan menyusui. (*Lilis Varwati)

fashion-beauty

Dipuji Semakin Kalem, Intip 5 Gaya Busana Tasyi Athasyia

Gaya busana Tasyi Athasyia yang dinilai semakin kalem menuai banyak pujian dari warganet.

fashion-beauty

Soft Playful Makeup, Gunakan 6 Produk Kecantikan Ini

Makeup artist Marcelia Yang berbagi rekomendasi produk kecantikan untuk mendapatkan tampilan soft playful makeup.

fashion-beauty

Brand Kecantikan Ini Luncurkan Lip Cream Tahan Lama, Diklaim Awet 12 Jam

Lip cream ini juga disebut tidak membuat bibir terasa kering dan memberikan hasil warna yang intens.

fashion-beauty

IFFT Gelar Audisi Model untuk Tampil di Fashion Show Berkonsep Budaya dan Tradisi

Dalam acara tersebut, IFFT juga menggelar audisi model pertamanya dan yang juga menjadi persiapan menuju event yang akan datang.

fashion-beauty

3 Tips Merawat Kulit Wajah, Bisa Pakai Sarang Burung Walet?

Dapatkan produk perawatan kulit terbaik dengan berbagai penawaran terbaik.