fashion-beauty

5 Tips Merawat Kulit Berminyak dan Sensitif, Skin Barrier Jadi Kunci

Bisa menghilangkan masalah jerawat dan kemerahan, simak tips merawat kulit berikut ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jumat, 05 November 2021 | 13:00 WIB

Para pemilik kulit berminyak dan kulit sensitif lebih sering menghadapi masalah kulit dibanding jenis kulit kering. Sebut saja kulit berminyak yang pusing karena jerawat dan kulit sensitif jadi kemerahan karena paparan sinar matahari. 

Kondisinya bisa semakin rumit jika ditambah salah pilih skincare. Itulah yang juga dialami seorang Beauty Influencer, Sabila Aulia Matahari.

Namun, Sabila ternyata mempunyai tips jitu dan mudah untuk merawat kulit berminyak dan sensitif. Mengutip siaran pers Aysi, Rabu (3/11/2021) kemarin, berikut ini cara merawat kulit wajah berminyak, kering dan sensitif.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Pinjam Uang, Pertanda Kebanyakan Utang di Dunia Nyata?

Hindari kandungan alkohol dan parfum

Pemilik kulit kering sebaiknya menghindari skincare yang mengandung alkohol dan parfum karena bisa membuat kulit kering, dehidrasi, dan kemerahan.

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

Apalagi, kulit setiap orang punya kadar toleransi yang berbeda terhadap alkohol dan parfum. Seperti kulit Sabila yang memiliki kadar toleransi parfum dengan wangi yang tipis.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

"Tapi, kalau parfumnya udah strong gak ada toleransi sama sekali. Tapi, kalau alkohol emang gak bisa karena kulitnya langsung bereaksi dan bikin kulit kering" kata Sabila. 

Perbaiki lapisan kulit

Memperbaiki lapisan kulit atau skin barrier adalah kunci utama dalam mengatasi masalah kulit berminyak dan sensitif serta tipe kulit lainnya.

Wajah akan menjadi tampak lebih sehat jika skin barrier bagus. Ini karena merawat kulit harus dari dalam sehingga berpengaruh pada kulit bagian luarnya.

"Jadi, aku selalu fokus dalam memperbaiki skin barrier lebih dulu," ucapnya. 

Menurut Sabila, bahan skincare yang cocok untuk memperkuat dan memperbaiki skin barrier adalah Hyaluronic Acid, Niacinamide, Ceramide, dan Allantoin.

"Selama menggunakan skincare yang mengandung kandungan tersebut, kulit tidak memiliki problem yang parah. Palingan hanya jerawat hormonal saja," ujar pemilik akun instagram @sabilaulia itu.

Gunakan skincare mengandung hyaluronic acid dan niacinamide

Hyaluronic acid dan niacinamide merupakan kandungan dalam produk skincare andalan untuk kulit berminyak dan sensitif.

"Kedua kandungan itu paling aku dewakan banget sih," kata Sabila. 

Setelah menggunakan hyaluronic acid, kulit akan terasa lembab dan terhidrasi. Ditambah, kedua kandungan itu juga bisa mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawatnya.

Ilustrasi toner. (shutterstock)

Gunakan perawatan kulit dasar

Pemakain skincare mulai dari cleanser, toner, serum, dan moisturizer sangat penting untuk mengatasi semua masalah kulit, termasuk kulit berminyak dan sensitif.

Ingat juga untuk menggunakan sunscreen di pagi hari dan re-apply. Pemilik kulit sensitif disarankan memilih sunscreen yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide.

"Basic skincare nggak boleh di skip. Cari sabun muka juga yang gentle," ujar beauty influencer tersebut. 

Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi penting dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih halus dan terhindar dari komedo. Sabila sendiri mengatakan, dirinya lebih cocok menggunakan chemical exfoliator ketimbang physical exfoliator untuk kulit sensitifnya.

Baiknya, eksfoliasi dilakukan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu

"Karena physical exfoliator seperti menggunakan scrub akan membuat kulit terasa perih dan kemerahan akibat gesekan saat eksfoliasi. Sedangkan, chemical exfoliator bekerja dari dalam," kata dia. 

Pembersihan ganda

Jangan lupa untuk melakukan double cleansing atau pembersihan ganda setiap hari, termasuk saat tak menggunakan makeup atau tidak ke luar rumah seharian.

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Hal itu karena wajah juga bisa terpapar debu, polusi, dan kotoran akibat dari udara yang masuk melalui jendela rumah. (*Dini Afrianti Efendi)

fashion-beauty

Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Pagelaran IFW 2024 kali ini digelar dengan menjadikan wastra Betawi sebagai fokus utama dengan mengusung tema Langgam Jakarta Teranyam.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.