Sabtu, 22 Januari 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Minggu, 07 November 2021 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Belakangan, kian banyak brand yang melakukan inovasi skincare, salah satunya merilis vegan skincare yang tak mengandung bahan hewani. Lalu, apa keunggulan vegan skincare ketimbang produk skincare pada umumnya?

Spesialis Kulit dr. Arini Astasari Widodo, Sp.KK menjelaskan bahwa vegan skincare umumnya terbuat dari madu, lilin lebah atau beeswax, lanolin, gelatin, kolagen, carmine, squalene, dan stearic acid.

"Keunggulan dari produk vegan adalah umumnya lebih ramah lingkungan," ungkap dr. Arini dalam acara peluncuran Face Republic, Rabu (3/11/2021) lalu.

Kata dr. Arini, produk skincare yang terbuat dari hewan umumnya menciptakan emisi gas dan merusak habitat hewan.

Face Republic Sleeping Beauty Mask (Instagram/@facerepublic.id)

Walau demikian, produk vegan skincare  bukan berarti tidak dites kepada hewan atau animal testing. Namun, viasanya produk yang tidak dites pada hewan akan memiliki label cruelty free.

"Produk yang berasal dari tanaman juga memiliki banyak benefit karena tanaman memiliki mengandung banyak vitamin dan antioksidan," ujar dr. Arini.

Hal lain yang perlu diingat, label vegan skincare bukan jaminan efektivitas skincare lebih unggul. Hal itu tetap butuh penelitian objektif lebih lanjut.

"Dibutuhkan penelitian objektif untuk membuktikan efektivitas dan efikasi sebuah skincare. Tekstur ditentukan terutama oleh komposisi air, minyak, dan emulsifier dalam skincare yang dapat menyatukan keduanya," tandas dr. Arini. (*Vania Rossa)

BACA SELANJUTNYA

Semakin Diminati, Perawatan Kulit di Kalangan Pria Menjadi Tren Masa Kini