fashion-beauty

Semakin Diminati, Perawatan Kulit di Kalangan Pria Menjadi Tren Masa Kini

Saat ini, semakin banyak pria yang juga merasa membutuhkan perawatan kulit terbaik.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:11 WIB

Indonesia merupakan salah satu negara di mana tren skincare dan perawatan diri berkembang dengan sangat pesat. Bukan cuma wanita, kini pria pun mulai mengikuti tren perawatan kulit untuk menunjang penampilan yang baik dan menambah daya tarik.

Memiliki kulit yang lebih kasar dan keras dibandingkan wanita, tentu membuat pria menghadapi serangkaian tantangan berbeda dalam merawat diri sehingga memerlukan perawatan ekstra.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, tren perawatan pria atau yang biasa disebut Men's Grooming meningkat lantaran tingginya pengaruh Korea yang menunjukan hasil nyata dan sempurna pada kulit dan wajah pria di media sosial. Perawatan diri pada pria pun semakin diperhatikan sehingga memperkuat industri terkait.

Baca Juga: Bongkar Ini Tas Hermes Ayu Ting Ting, Ruben Onsu: Sama Kayak Gue

Dewasa ini, merawat diri menjadi hal penting. Jika tidak dirawat dengan baik, kulit dan wajah akan menjadi kusam dan cepat mengalami keriput. Berikut ini perawatan yang sebaiknya dilakukan oleh pria.

Cowok perawatan wajah . (Shutterstock)

Perawatan kulit cerah

Perawatan kulit cerah dapat dilakukan dengan menggunakan skincare harian seperti facial wash, toner, pelembab, sunscreen, serum, maupun shaving cream.

Baca Juga: Ternyata Ini Media Sosial Favorit Gen Z, TikTok atau Bukan?

Perawatan rambut rontok

Perawatan rambut rontok juga menjadi concern bagi pria. Selain karena faktor usia, masalah rambut rontok berkepanjangan akan menyebabkan seseorang mengalami kepitakan. Perawatan yang bisa dilakukan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi rambut maupun melakukan transplantasi rambut.

Masalah mata panda

Penting bagi pria memperhatikan masalah mata panda. Mata panda dapat membuat penampilan terlihat tidak segar dan mengurangi rasa percaya diri. Perawatan menghilangkan mata panda bisa dilakukan dengan menggunakan masker mentimun di area mata sebagai relaksasi atau menggunakan produk eye cream dari berbagai brand.

Menurut data hasil riset Euromonitor yang dilakukan pada tahun 2020, kesadaran terhadap perawatan kulit dan wajah pada pria akan terus meningkat. Hal ini terlihat dari tren pembelian produk skincare yang juga mengalami peningkatan. Bahkan data statistika menunjukkan industri perawatan pria Indonesia di tahun 2022 lalu telah mencapai Rp7,9 triliun.

Ilustrasi pria melakukan perawatan diri di MEN/O/LOGY by ZAP Clinic (Istimewa)

Secara global, pasar perawatan pria diperkirakan akan mencapai $70,5 miliar pada tahun 2021, naik dari $60,1 miliar pada tahun 2018, dan pada tahun 2024 diperkirakan akan bernilai $81,2 miliar.

"Apa yang ditemukan oleh Euromonitor juga sejalan dengan hasil riset ZAP Beauty Index 2021 bahwa hampir 100% wanita sangat mendukung pria melakukan perawatan ketampanan dan menggunakan skincare," kata Feriani Chung, selaku Chief Marketing Officer ZAP Clinic, dalam rilis yang diterima Dewiku.com belum lama ini.

Dari hasil data tersebut, diketahui banyak pria yang mencari produk perawatan pribadi untuk merawat diri mereka. Seiring bertambahnya kebutuhan akan produk perawatan pribadi, layanan jasa perawatan untuk pria pun semakin diminati. Salah satunya MEN/O/LOGY by ZAP Clinic yang merupakan klinik perawatan khusus pria pertama di Indonesia.

Baca Juga: 6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

"Saat ini memang perawatan diri tidak kenal gender. Sudah banyak pria yang aware dengan diri mereka demi menjaga penampilan mereka dan kesehatan kulit. Meningkatnya tren perawatan pria juga memicu inovasi menology untuk mengeluarkan berbagai produk dan treatment-treament khusus pria yang berkualitas," tandas Feriani Chung.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?

fashion-beauty

Brand K-Beauty Ini Luncurkan 2 Produk Baru, Cocok untuk Persiapan Lebaran

Merayakan Ramadan dengan mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas bersama produk barenbliss.