fashion-beauty

Cari Produk Skincare untuk Mengatasi Jerawat? Perhatikan Kandungan 6 Bahan Aktif Ini

Ada sejumlah bahan aktif yang sebaiknya ada dalam komposisi produk skincare yang ingin kamu beli karena bisa membantu mengatasi jerawat.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 22 Maret 2022 | 13:48 WIB

Apakah kamu lagi bingung memilih produk skincare yang tepat untuk mengatasi jerawat? Kalau iya, coba cek apakah produk pilihanmu mengandung bahan aktif yang baik untuk perawatan kulit berjerawat.

Merangkum dari Boldsky, berikut beberapa bahan aktif yang bermanfaat membantu mengatasi masalah kulit berupa jerawat.

Asam salisilat

Baca Juga: Almira Yudhoyono Disarankan Ikut Ajang Puteri Indonesia, Memang Syaratnya Apa Saja?

Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi (BHA) yang digunakan untuk eksfoliasi kulit. Bahan ini berfungsi membuka pori-pori, lalu mengurangi ukuran dan jumlah komedo serta membantu menghilangkan minyak berlebih dan mencegah pembentukan jerawat baru.

BHA dapat terkandung dalam produk pembersih, pelembap, dan lainnya. Periksa label untuk petunjuk penggunaan. Kamu bisa melihat hasilnya dalam 1-2 minggu pemakaian.

Ilustrasi Memakai Skincare (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Benzoil peroksida

Baca Juga: Kala Putri Marino Ditanya Soal Wangi Tubuhnya: Elegan dan Bunga

Benzoyl peroxide mengurangi bakteri penyebab jerawat yang hidup di kulit dengan menghambat pertumbuhannya. Bahan aktif ini umumnya ditemukan dalam pembersih yang mesti digunakan 1-2 kali dalam sehari.

Kalau kamu ingin melihat hasil dari perawatan wajah dengan produk yang mengandung bahan aktif, dibutuhkan sekitar minimal dua minggu.

Retinol

Retinol turunan vitamin A adalah sejenis retinoid. Fungsinya yakni menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel yang sehat. Dengan kemampuan tersebut, retinol bisa mengurangi komedo dan jerawat membandel serta memperbaiki tekstur dan warna kulit.

Butuh waktu bagi retinoid untuk bekerja dan menunjukkan hasilnya, yaitu antara 4-6 pekan atau lebih dari itu.

Sebagai catatan, retinol harus selalu dioleskan pada kulit yang kering. Mengaplikasikannya pada kulit basah bisa menyebabkan iritasi atau memperparah kondisi itu.

Ilustrasi toner. (shutterstock)

Asam alfa-hidroksi (AHA)

Selain mengangkat sel kulit mati, AHA mencegah penumpukan sebum dan bakteri. Ada berbagai AHA, seperti asam laktat, asam malonat, dan asam glikolat. Gunakan pada konsentrasi rendah dalam produk pembersih yang dipakai sekali sehari.

AHA bekerja cukup cepat. Kamu bisa melihat perubahan pada kulit setelah penggunaan dalam waktu seminggu atau bahkan kurang dari itu.

Tea tree oil

Selain sifat anti-inflamasi dan antibakteri, tea tree oil juga bisa membantu mengobati jerawat. Hanya saja, penelitian yang mendukung perawatan ini masih relatif sedikit. Selain itu, minyak jenis ini sebaiknya tak dioleskan langsung ke kulit karena ada kemungkinan menyebabkan ruam.

Hasil dari perawatan kulit menggunakan tea tree oil dapat dilihat setelah empat minggu, tapi bisa jauh lebih dari lama, bahkan mungkin hingga 12 minggu.

Sulfur

Selain mengurangi komedo, bahan aktif ini membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Belerang juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit dan ukuran jerawat.

Baca Juga: Perjalanan Cinta Syahrini dan Reino Barack yang Baru Rayakan Anniversary Pernikahan ke-5

Sulfur biasanya terkandung dalam produk kecantikan seperti pembersih dan masker. Hasilnya relatif cepat terlihat, bahkan hanya dalam hitungan hari.

fashion-beauty

Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Pagelaran IFW 2024 kali ini digelar dengan menjadikan wastra Betawi sebagai fokus utama dengan mengusung tema Langgam Jakarta Teranyam.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.