fashion-beauty

Tren Kandungan Skincare Natural Berbahan Tumbuhan untuk Kulit Sehat, Begini Prediksinya di Tahun 2022

Bahan-bahan alami apa saja yang bakal menjadi tren baru di industri kecantikan pada tahun 2022 ini?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 26 Maret 2022 | 17:35 WIB

Perawatan kulit kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi wanita ataupun pria. Memilih produk skincare yang tepat, aman, dan berkualitas menjadi suatu hal penting untuk memberikan efektivitas dan hasil maksimal pada kulit.

Dengan beragamnya variasi teknologi akan perawatan kulit, kini produk berbahan dasar natural dari tumbuhan juga bisa memberikan hasil yang terbaharukan dan kian diminati konsumen di Indonesia.

"Sesuai dengan tren kecantikan CHANGE dari Cosmax Indonesia berupa Collaboration, Hybrid, Advanced, Natural, Glass Skin, dan Eco Friendly. Kini sudah mulai banyak kandungan skincare natural berbahan dasar dari tanaman seperti Apple, Mugwort, Noni, Hibiscus, dan lainnya yang memiliki technology advanced untuk memberikan hasil maksimal bagi kesehatan kulit," ujar Na Sung Min, Team Leader Strategic Marketing PT Cosmax Indonesia, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Sabtu (26/3/2022).

Baca Juga: Almira Yudhoyono Disarankan Ikut Ajang Puteri Indonesia, Memang Syaratnya Apa Saja?

Berikut beberapa kandungan perawatan kulit berbahan natural terbarukan yang akan menjadi tren di Indonesia pada tahun 2022.

Buah apel. (Unsplash/Aarón Blanco Tejedor)

Apel

Buah apel secara luas dikenal baik untuk kesehatan tubuh serta merupakan sumber serat yang bagus. Penggunaan buah apel juga bisa diimplementasikan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit.

Baca Juga: Kala Putri Marino Ditanya Soal Wangi Tubuhnya: Elegan dan Bunga

Ekstrak apel mengandung senyawa fenolik dan flavonoid konsentrasi tinggi yang keduanya merupakan bahan pejuang dalam memerangi efek penuaan. Ekstrak apel juga mengandung antioksidan yang melindungi kulit serta menetralkan radikal bebas, mencerahkan kulit, menghidrasi kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mugwort

Mugwort atau Artemisia Princeps merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan Korea. Mugwort memiliki kandungan Vitamin E dan tinggi antioksidan yang baik untuk tubuh dan kulit.

Berbagai manfaat mugwort antara lain menenangkan kulit sensitif, mengurangi garis halus, hingga merawat kulit kering dan jerawat agar terhidrasi dengan baik. Bahan dasar Mugwort kini sudah mulai didadaptasi oleh beberapa produk skincare lokal seperti Somethinc Calm Down! Skinpair R-Cover.

Noni

Noni atau mengkudu merupakan buah tropis yang memiliki lebih dari 100 vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C, dalam jumlah tinggi. Buah Noni telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan untuk mengobati infeksi, demam, dan masalah kulir.

Buah Noni juga bisa digunakan sebagai bahan utama untuk perawatan kulit karena tinggi antioksidan sehingga dapat membantu menjaga kulit dari radikal bebas, tanda penuaan dini, dan kerusakan kulit lainnya. Bahan dasar Noni kini sudah mulai diadaptasi oleh beberapa produk skincare lokal seperti N’Pure Noni Probiotic Series.

Buah mengkudu (Pixabay/braico)

Hibiscus

Hibiscus atau bunga kembang sepatu ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kulit. Hibiscus mengandung Vitamin C dan tinggi antioksidan yang sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit, menghidrasi kulit dengan baik, membantu memperkuat produksi kolagen, dan mengurangi tanda penuaan.

Hibiscus juga merupakan sumber alami AHA yang sangat baik untuk eksfoliasi kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menghaluskan kulit. Bahan dasar Hibiscus kini sudah mulai diadaptasi oleh beberapa produk skincare lokal seperti Soonhan Sheet Mask Hibiscus.

Baca Juga: Perjalanan Cinta Syahrini dan Reino Barack yang Baru Rayakan Anniversary Pernikahan ke-5

Untuk mendukung tren ini, PT Cosmax Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik berbasis di Korea Selatan ikut berkontribusi dengan menawarkan berbagai jenis produk yang diformulasikan berbahan natural, serta sertifikasi EveVegan untuk produk perawatan kulit dan kosmetika. Perusahaan ini menyatakan terus berkomitmen mengedukasi masyarakat melalui tren terkini dan akan datang untuk mengembangkan produk kosmetik lokal berkualitas tinggi dan mendunia.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?