fashion-beauty

TikTok Hadirkan Peluang Tanpa Batas untuk Brand Kecantikan Lokal

Lewat peluncuran Beauty Brand Playbook, TikTok bagikan wawasan untuk membantu brand kecantikan lokal mengembangkan bisnisnya di platform.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:15 WIB

Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan di tengah pandemi. Brand kecantikan lokal pun terus mengeluarkan produk berkualitas dan berani bersaing.

Di TikTok, brand dari kategori beauty and personal care juga menjadi salah satu kategori yang paling banyak diminati dan dibeli oleh pengguna. Menutup kampanye hyperlocal TikTok #SerunyaIndonesia, TikTok meluncurkan TikTok Beauty Brand Playbook untuk memberikan wawasan, tips, dan inspirasi kepada brand kecantikan lokal.

TikTok Beauty Brand Playbook menyorot bagaimana kategori dan komunitas kecantikan tumbuh dan berkembang di TikTok dan bagaimana brand-brand lokal telah sukses memanfaatkan platform TikTok. Hal ini terlihat dari bermunculannya tren yang berawal dan trending di TikTok, seperti transformasi makeup, before and after look, tutorial makeup, hingga #RacunSkincare yang sudah mencapai lebih dari 1 miliar views.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Tren ini disambut oleh brand, termasuk brand kecantikan lokal, yang ikut mendorong penjualan. Dari survei yang dilakukan terhadap ratusan pengguna TikTok, sebanyak 61% responden mengakui lebih memilih brand lokal, dan bahkan saat musim promo, 68% responden belanja lebih banyak brand lokal. Hal ini dapat pula menjadi peluang bagi brand luar negeri untuk belajar dari kesuksesan brand lokal dalam menggaet hati pelanggan, yaitu menyesuaikan dan melokalisasi bahasa, nilai-nilai, serta brand image.

Kampanye brand kecantikan lokal, Wardah, di Tiktok (Istimewa)

"TikTok menghadirkan peluang bagi brand kecantikan lokal untuk memanfaatkan pesatnya perkembangan kategori kecantikan, terutama era di mana konten informatif yang digabungkan dengan konten hiburan dapat mempengaruhi keputusan membeli seseorang. Beauty Brand Playbook dari TikTok mengangkat pengalaman brand-brand kecantikan lokal yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya dengan cara kreatif dan menghibur di TikTok. Kami harap panduan ini dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi brand kecantikan lokal segala skala untuk dapat terus berkembang dengan lebih maksimal bersama TikTok," ungkap Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, Selasa (30/8/2022).

Pendekatan yang memanfaatkan konten relevan serta menghibur untuk menciptakan interaksi ini dilakukan oleh Wardah melalui hashtag challenge dan jingle #StayColorFitAtHome tahun lalu di TikTok. Mengangkat tren konten transisi makeup yang sedang populer di TikTok saat itu, tantangan ini bertujuan mengajak dan menginspirasi perempuan Indonesia untuk tetap semangat dan menghibur diri mereka dengan memakai makeup.

Baca Juga: Bayar Zakat Fitrah Boleh Online? Simak Penjelasan Buya Yahya

"Dengan terus bereksperimen dan berinovasi menggunakan fitur yang ada di TikTok, serta dengan mengikuti tren yang sedang happening saat itu, Wardah ingin mengajak dan menginspirasi wanita Indonesia untuk tetap bersemangat di tengah situasi pandemi, yaitu dengan tagar #StayColorFitAtHome. Selain menggunakan jingle, kami juga menggabungkan fitur TikTok Shop dan berkolaborasi dengan sejumlah kreator agar kampanye ini semakin luas dan meraih semakin banyak audiens," ujar Shabrina Salsabila, Head of Decorative Brand Building Wardah.

Kampanye brand kecantikan lokal, Azarine, di Tiktok (Istimewa)

Lain halnya dengan brand Azarine yang menggunakan solusi Live dan Video Shopping Ads. Azarine mendorong interaksi dengan pengguna melalui format livestream, dan menggabungkannya dengan pengalaman belanja yang seamless di TikTok Shop.

"Setelah aktif di TikTok dengan memanfaatkan format video singkat yang informatif, kami ingin memberikan akses yang lebih mudah kepada pengguna untuk membeli produk kami, tanpa perlu beranjak ke platform lain. Azarine bisa selalu ada atau always on bagi pengguna, baik melalui video dengan arahan untuk membeli produknya di TikTok Shop maupun melalui livestream. Dengan pengalaman belanja yang seamless ini, pelanggan pun bisa lebih cepat merasakan keunggulan produk Azarine," kata Dhita Algha, Marketing Manager Azarine.

Baca Juga: Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

TikTok telah menjadi platform di mana brand kecantikan tumbuh dan berkembang meraih kesuksesan. Untuk lebih banyak insight, tips, dan kisah sukses yang telah terbukti tentang bagaimana brand kecantikan mengembangkan bisnis di TikTok, temukan di TikTok Beauty Brand Playbook yang dapat diunduh di tiktokbeautyplaybook-id.com.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?

fashion-beauty

Brand K-Beauty Ini Luncurkan 2 Produk Baru, Cocok untuk Persiapan Lebaran

Merayakan Ramadan dengan mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas bersama produk barenbliss.