fashion-beauty

Mengulik Pesona Idol Kpop di Peragaan Busana Kelas Dunia

Ini bukan cuma tentang Chanyeol EXO dan Tommy Hilfiger.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 06 September 2018 | 14:30 WIB

Dua tahun belakangan, beberapa member idol group EXO bisa dibilang mulai sering mondar-mandir di peragaan busana kelas dunia. Terakhir, Chanyeol EXO menghadiri acara desainer papan atas, Tommy Hilfiger, di Shanghai, Cina, Selasa (4/9/2018) kemarin. Dia bahkan berhasil memperoleh predikat sebagai pria berbusana terbaik pada malam itu.

Chanyeol EXO sebelumnya juga disebut merebut spotlight yang seharusnya menjadi milik Gigi Hadid pada acara Tommy Hilfiger’s Fall 2017 di New York, Amerika Serikat. Vogue Magazine bahkan sampai membuat ulasan panjang mengenai penampilan Chanyeol EXO berjudul No One Wore the Tommy Look Better Than EXO’s Chanyeol.

Pemilik nama lengkap Park Chanyeol itu hanya satu di antara 4 member EXO yang pernah mencuri perhatian publik di peragaan busana kelas dunia. Masih ada 3 member lain yang tidak bisa diabaikan, yakni Sehun, Kai, dan Lay.

Baca Juga: Bongkar Ini Tas Hermes Ayu Ting Ting, Ruben Onsu: Sama Kayak Gue

Mei 2018 adalah milik duo maknae---member dengan usia termuda---Sehun dan Kai. Keduanya sama-sama terbang ke Paris tapi untuk memenuhi undangan berbeda. Sehun EXO menghadiri Louis Vuitton Cruise Fashion Show 2019, sedangkan Kai EXO adalah tamu Gucci’s Cruise 2019.

Bagi Sehun EXO, itu adalah kali kedua dia memenuhi undangan dari Louis Vuitton. Tahun kemarin, dia sudah sukses membuat banyak fotografer berebut memotret dirinya saat menghadiri Louis Vuitton’s Fall 2017 dan jangan tanya lagi siapa yang mendapat julukan Best Dressed Man hari itu.

Kai EXO. (Instagram/@weareone.exo)

Sedangkan bagi Kai EXO, bisa dibilang ini menjadi pengalaman pertama. Namun, bukan Kai namanya jika tidak bisa membuat publik terpukau. Dia tampil stunning dengan setelan jas kotak-kotak dan headband unik yang didesain Direktur Kreatif Gucci, Alessandro Michele. Tidak ada yang protes saat Vogue Magazine menobatkan dia sebagai The Star of Gucci Cruise 2019 Show.

Baca Juga: Ternyata Ini Media Sosial Favorit Gen Z, TikTok atau Bukan?

Juni 2018, giliran Lay EXO mencuri perhatian di peragaan busana brand high-end Valentino pada ajang Paris Fashion Week. Coat dengan motif harimau sangat cocok dengan tubuh tegapnya. Simpel tapi sangat elegan.

Bukan Hanya EXO

Dunia fesyen mengalami banyak perubahan dan terus berkembang. Sekarang, semakin banyak desainer dan lini mode yang menghadirkan model dengan warna kulit beragam. Bentuk tubuh para model yang diharapkan pun bukan hanya yang kurus dan tinggi lagi, melainkan juga mereka yang berisi.

Idol Kpop juga semakin sering melenggang di peragaan busana kelas dunia. Jauh sebelum EXO, ada dua artis andalan YG Entertainment, yakni CL ex 2NE1 dan G-Dragon Big Bang.

CL sudah kerap datang di acara desainer asal Amerika Serikat, seperti Jeremy Scott dan Marc Jacobs, hingga memenuhi undangan dari Chanel.

G-Dragon bahkan didapuk menjadi salah satu brand ambassador Chanel. Pria yang penampilan swag-nya memang selalu menjadi trend setter itu pun mendapatkan pengakuan dan pujian dari desainer terpopuler dunia, Karl Lagerfeld.

G-Dragon Big Bang. (Instagram/@xxxibgdrgn)

Dua junior G-Dragon yang tergabung dalam boygroup WINNER, Mino dan Seunghoon, juga pernah menjadi tamu undangan yang paling mencuri perhatian pada Burberry’s Spring 2018 Collection Show di London Fashion Week pada September 2017 lalu.

Jangan lupakan juga betapa cantiknya Taeyeon SNSD yang turut hadir bersama Chanyeol EXO di acara Tommy Hilfiger kemarin. Dia begitu manis mengenakan sweater hitam yang dipadukan dengan rok mini hitam dan boots biru.

Mengapa Desainer Dunia Tertarik dengan Idol Kpop?

Visual Idol Kpop memang menonjol. Mereka umumnya memiliki paras yang menawan dan tubuh proporsional. Namun, apakah para desainer dunia hanya mempertimbangkan dua hal itu sebelum mengundang para bintang asal Korea Selatan ke acara pagelaran koleksi terbaru mereka?

Seorang pengamat trend dari agensi Trendera, Megan Collins, pernah menerangkan soal alasan desainer dan lini fesyen dunia memilih idol Kpop. Dia mengatakan, mereka bukan hanya selebriti, melainkan juga influencer.

Megan Collins semakin yakin dengan pendapatnya setelah mengamati pesona Sehun EXO di acara Louis Vuitton Cruise Fashion Show 2019. Saat itu, Sehun duduk terlihat duduk bersama dengan Emma Stone, Justin Theroux, hingga Jennifer Connelly.

Sehun EXO. (Instagram/@weareone.exo)

''Jennifer Lawrence, George Clooney, atau Emma Stone memang selebriti, tapi mereka bukan influencer karena mereka tidak punya media sosial, mereka tidak berinteraksi dengan penggemarnya secara intens,'' ujar dia, dilansir dari Glamour.

Hal itu berbeda dengan yang dilakukan idol Kpop. Mereka menggunakan media sosialnya secara maksimal, termasuk mengunggah gaya busana favorit mereka. Tentu semua itu sangat berguna bagi pada desainer dan brand fashion karena efektif sebagai media promosi.

Kalau kamu masih ragu, coba saja main ke akun instagram pribadinya G-Dragon. Saat ini, pengikutnya sudah 16,1 juta. Instagram Chanyeol EXO? Lebih dari 15 juta. Sehun EXO juga punya pengikut 14,2 juta. Apapun yang mereka unggah, minimal mendapatkan 1 juta like, itu belum ditambah dengan jumlah komentar yang ditinggalkan para penggemar.

Jika ada yang belum tahu, idol Kpop kebanyakan punya penggemar militan. Kamu tidak perlu kaget saat mendengar barang-barang yang tertangkap kamera lagi dipakai sang idola langsung ludes dibeli penggemar. Jangankan baju atau tas mahal, makanan yang lagi dicemil mereka saja bisa jadi sasaran buruan penggemar.

Baca Juga: 6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Menurut Megan Collins, generasi selebriti berikutnya adalah milik para influencer dan idol Kpop telah menjadi yang terdepan dalam urusan itu sejak lama. ''Pengaruh Asia sudah benar-benar besar dan hanya akan menjadi semakin besar,'' kata dia.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?

fashion-beauty

Brand K-Beauty Ini Luncurkan 2 Produk Baru, Cocok untuk Persiapan Lebaran

Merayakan Ramadan dengan mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas bersama produk barenbliss.