fashion-beauty

Selalu Penuh Kejutan, Ini Fakta Met Gala 2019 yang Perlu Kamu Tahu

Are you ready for ''Camp: Notes on Fashion'' at Met Gala 2019?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 07 Mei 2019 | 09:00 WIB

Tahun lalu, gelaran Met Gala 2018 berhasil mencuri perhatian publik karena mengangkat tema Katolik yang diimplementasikan dalam fashion. Bagaimana dengan Met Gala 2019?

Dilansir dari laman Elle, ada beberapa hal yang perlu kamu tentang Met Gala 2019. Institut Kostum tahunan Metropolitan Museum of Art Gala atau yang lebih dikenal sebagai The Met Gala adalah salah satu malam terbesar di dunia mode.

Dari haute couture hingga kecantikan yang berani mengambil risiko, The Met Gala telah melahirkan beberapa momen mode paling berkesan sepanjang masa. Jadi sembari menikmati perayaan mode yang luar biasa ini, ada baiknya kita tahu lebih dalam tentang Met Gala.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Apa itu Met Gala?

Met Gala 2018. (Instagram/@metgalaofficial)

Met Gala adalah acara penggalangan dana tahunan yang didirikan oleh humas fesyen Eleanor Lambert pada tahun 1948 untuk mendukung dan merayakan pembukaan pameran mode baru setiap tahun di Museum Seni Metropolitan.

Acara dimulai dengan jamuan makan yang diadakan pada tengah malam sehingga para tamu dapat hadir dengan harga 50 dolar per tiket, yakni hasil penjualan pergi ke Institut Kostum.

Baca Juga: 3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Sejak 1995, acara penggalangan dana telah memiliki tema mode yang unik untuk diikuti oleh para tamunya. Tema-tema masa lalu pun selalu menarik, termasuk ''Dangerous Liaisons: Fashion and Furniture in the Abad ke-18'' di tahun 2004.

Selain itu, ada tema ''Jacqueline Kennedy: The White House Years'' di tahun 2001 dan ''Punk: Chaos to Couture'' pada tahun 2013. Namun khusu tahun 2000 dan 2002 adalah dua periode setelah penyelenggaraan di tahun 1995 yang tidak memiliki tema.

Apa tema Met Gala 2019?

Tema untuk Met Gala 2019 adalah ''Camp: Notes on Fashion''. The New York Times melaporkan bahwa inspirasi tema tersebut berasal dari esai 1964 ''Notes on Camp'' oleh Susan Sontag.

Sontag pernah menjelaskan kepada Partisan Review dengan mengatakan, ''Inti dari Camp adalah kecintaannya pada hal-hal yang tidak alami: kecerdasan dan berlebihan.'' Penulis sering dikreditkan untuk ''kamp'' menjadi konsep utama.

Alessandro Michele, direktur kreatif Gucci, mendefinisikan tema tersebut kepada New York Times, dengan menyatakan, ''Camp benar-benar berarti kemampuan unik untuk menggabungkan seni tinggi dan budaya pop, itu bukan kitsch,'' ungkapnya.

Siapa yang akan menjadi tuan rumah Gala Met tahun ini?

Lady Gaga di countdown Met Gala 2019. (Instagram/@ladygaga)

Met Gala tahun ini akan dipandu oleh Lady Gaga dan Harry Styles, keduanya dikenal karena pilihan fesyennya yang keterlaluan dan over-the-top. Karena Met Gala 2019 disponsori oleh Gucci, Alessandro Michele akan menjadi tuan rumah acara bersama para musisi.

Anna Wintour, pemimpin redaksi Vogue, juga akan menjadi pembawa acara bersama Serena Williams, yang meluncurkan lini pakaiannya sendiri pada Mei 2018.

Di mana Met Gala berlangsung?

Setiap tahun, Met Gala berlangsung di Museum Seni Metropolitan kota New York, rumah bagi Institut Kostum.

Apa aturan resminya?

Aturan terbesar dari Met Gala adalah ''tidak diperbolehkan selfie''. Namun, itu pertama kali dilanggar oleh Kendall Jenner pada tahun 2015. Sejak itu, Kylie Jenner dan Kim Kardashian telah mengambil foto narsis di Met Gala.

Selanjutnya, merokok diperbolehkan di dalam kamar mandi museum. Beberapa gambar dari acara tahun lalu menunjukkan selebritis merokok selama acara, yang mendorong Departemen Kesehatan Kota New York untuk terlibat, menurut WWD.

Met Gala 2018. (Instagram/@metgalaofficial)

Komisaris Departemen Kesehatan Dr. Mary T. Bassett menulis surat kepada wakil presiden museum dan menyatakan, ''Kami kecewa membaca laporan bahwa beberapa selebriti memilih merokok sebagai aksesori fesyen mereka dan secara terang-terangan melanggar undang-undang merokok Kota New York.''

Met Gala menjawab, mengatakan bahwa mereka akan mengambil langkah-langkah untuk memastikan itu tidak terjadi lagi.

Siapa yang menghadiri Met Gala tahun ini?

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Berharap untuk bisa melihat selebriti favorit kamu menghadiri acara tersebut? Selebriti Hollywood yang termasuk pelanggan tetap seperti Rihanna, Blake Lively, Selena Gomez, Zendaya, Priyanka Chopra, Katy Perry, Kylie Jenner, Kim Kardashian, Amal Clooney, dan masih banyak lagi dipastikan tidak akan absen di Met Gala 2019.

fashion-beauty

Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Apa merek favorit produk jam tangan mewah yang kerap jadi andalan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Inilah beberapa sepatu mewah yang pernah dipakai Puan Maharani.

fashion-beauty

Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Parfum yang cocok untuk anak muda ini memiliki aroma unik dengan berbagai keistimewaan tersendiri.

fashion-beauty

5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Inilah beberapa koleksi tas mewah yang pernah dikenakan Aura Kasih.

fashion-beauty

Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Sandal yang dipakai Shandy Purnamasari saat Lebaran sukses mencuri perhatian.

fashion-beauty

Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Ternyata bukan coba mengoleskan ke punggung tangan, simak tips dari MUA profesional ini.