fashion-beauty

Masker Modis dan Bermerek, Virus Corona Munculkan Tren Fesyen Baru

Ternyata, pandemi virus corona Covid-19 juga memengaruhi pergerakan tren fesyen.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 02 April 2020 | 12:00 WIB

Virus corona Covid-19 semakin ditakuti sejak awal tahun 2020 dan kini menjadi pandemi dunia. Orang-orang mulai panik dan melindungi diri mereka beragam cara, termasuk menggunakan masker.

Meskipun WHO menyatakan masker tidak dibutuhkan oleh orang sehat yang menghindari virus corona, nyatanya kepanikan membuat sebagian orang lebih menuruti naluri daripada imbauan organisasi kesehatan dunia itu.

Penjualan masker meningkat tajam dalam waktu singkat hingga petugas medis yang benar-benar membutuhkan malah jadi kesulitan memilikinya.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Pinjam Uang, Pertanda Kebanyakan Utang di Dunia Nyata?

Di sisi lain, rumah mode dunia mulai mengalihkan fokus produksi mereka pada masker. Hal ini lantas menciptakan tren baru di industri fesyen.

Melansir laman The National, rumah mode mewah Saint Laurent dan Balenciaga tidak lagi memproduksi pakaian. Mereka mengumumkan bahwa pusat produksi mereka di Prancis bakal diserahkan pada pembuatan masker wajah khusus bedah.

Sementara itu, Gucci juga mengumumkan untuk segera memproduksi satu juta masker wajah guna mendukung layanan kesehatan Italia.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Masker bermerek buatan sendiri. (Instagram/@iamhearte)

Rupanya produksi masker dari rumah mode dunia ini juga turut menggeser tren fesyen. Melebihi permintaan aksesori branded lainnya, penjualan masker pun melesat tajam.

Laman Forbes bahkan memberikan prediksinya dalam sebuah unggahan Instagram dan berkata bahwa industri barang mewah di dunia fesyen akan mengalami penurunan penjualan.

"Ritel mewah diperkirakan akan merugi sekitar USD 33 hingga USD 44 miliar tahun ini karena orang kaya menjauh dari toko. Banyak ketakutan akan penularan di ruang ritel, sementara yang lain tidak melihat peluang yang bagus untuk memamerkan barang mewah," tulis mereka.

Masker bermerek dari Off-White. (Off White)

Kembali pada permasalahan masker, akan ada beberapa celah yang dapat dimanfaatkan oleh rumah mode untuk mempertahankan angka penjualan mereka, yaitu masker bermerek.

"Pengecualian pada aturan kemewahan adalah, masker wajah yang modis. Pembeli sekarang mendaftar untuk bergabung dengan daftar tunggu untuk masker dengan lapisan tertentu," ungkap Forbes.

Ellessco dan Vogmask sudah lebih dulu menjual masker pernapasan dengan harga terjangkau dalam cetakan nan modis seperti leopard, floral, dan paisley. Keduanya kini bahkan kehabisan stok masker wajah.

Sementara itu, pencarian kata kunci 'masker wajah' sudah diketik lebih dari 800 kali di situs Etsy. Pencarian terbanyak merujuk pada masker dengan gambar berbagai karakter seperti tokoh Disney hingga bunga mawar.

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Wah, bagaimana menurut kalian?

fashion-beauty

Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Pagelaran IFW 2024 kali ini digelar dengan menjadikan wastra Betawi sebagai fokus utama dengan mengusung tema Langgam Jakarta Teranyam.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.