fashion-beauty

Hasil Kolaborasi dengan H&M Diejek Memalukan, Desainer India Ini Minta Maaf

Sampai tuai ejekan, seperti apa hasil kolaborasi H&M dengan desainer India?

Nur Khotimah
Selasa, 17 Agustus 2021 | 19:30 WIB

Brand pakaian, H&M, baru-baru ini meluncurkan koleksi hasil kolaborasi dengan seorang desainer ternama India, Sabyasachi Mukherjee. Tapi sayangnya, kolaborasi tersebut menuai ejekan di media sosial.

Sabyasachi sendiri merupakan desainer terkenal yang telah menyokong kostum untuk berbagai film ternama, termasuk "Guzaarish", "Raavan", dan "English Vinglish".

Selama ini Sabyasachi sering merancang pakaian mewah India, mulai dari lehengas (pakaian dua potong yang terdiri dari rok dan atasan bernama choli) hingga saree.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Pinjam Uang, Pertanda Kebanyakan Utang di Dunia Nyata?

Melansir The Independent, koleksi Sabyasachi X H&M menawarkan produk lengkap untuk pria dan wanita. Termasuk di antaranya pakaian, aksesoris, alas kaki, serta kacamata.

Koleksi bernama "Wanderlust" itu mengusung pola bunga dan warna mint yang mewakili etnis India. Koleksi ini juga dibuat menggunakan bahan pakaian yang kaya tekstur.

Salah satu koleksi kolaborasi H&M X Sabyasachi. (www2.hm.com)

Namun kolaborasi ini menuai komentar yang kurang menyenangkan di media sosial. Beberapa warganet menganggap koleksi Sabyasachi X H&M terlalu biasa dan harganya mahal.

Baca Juga: Web Series Ini Suguhkan Keragaman Kuliner di Jatim, Banjarmasin dan Lombok, Tonton Yuk!

"Kolaborasi H&M Sabyasachi sangat memalukan, mode street mahal untuk pakaian yang bahkan tidak akan aku pakai untuk tidur," kata warganet mengkritik.

"Koleksi Sabyasachi X H&M seperti 'bagaimana kalau kita ambil sprei dari Bombay Dyeing dan mendesainnya secara longgar agar menyerupai saree," tutur yang lain.

"Sabyasachi x H&M bahkan tidak terlihat bagus. Sejujurnya itu mirip barang yang saya bahkan enggan membelinya di Sarojini (pasar di Delhi) seharga Rp29 ribu," imbuh lainnya sinis.

Salah satu koleksi kolaborasi H&M X Sabyasachi. (www2.hm.com)

"Koleksi H&M x Sabyasachi mungkin adalah hal terjelek yang pernah saya lihat," komentar yang lain lagi.

"Sabyasachi x H&M sangat memalukan. Tidak mungkin membutuhkan Rp1 juta untuk terlihat seperti sopir bus," ujar warganet.

Sabyasachi Mukherjee sendiri sudah meminta maaf atas polemik hasil kolaborasinya dengan H&M. Dia berjanji akan membuat karya yang lebih baik di masa depan.

"Saya tahu banyak orang kecewa dan saya sangat minta maaf untuk itu. Saya yakin akan mampu menciptakan mode bisnis masa depan yang akan menjawab kebutuhan ini," kata Sabyasachi melansir The Economic Times, Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Terlepas dari ejekan di media sosial, koleksi Sabyasachi x H&M dilaporkan terjual habis dalam waktu singkat. Koleksi ini tersedia di India, Britania Raya, dan beberapa toko internasional H&M.

fashion-beauty

Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Pagelaran IFW 2024 kali ini digelar dengan menjadikan wastra Betawi sebagai fokus utama dengan mengusung tema Langgam Jakarta Teranyam.

fashion-beauty

Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Rayakan Lebaran bersama koleksi terbaik persembahan brand lokal.

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.