fashion-beauty

Hati-Hati, Berikut 9 Fashion Item yang Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan

Mengapa beberapa fashion item berikut ini dikatakan bisa berbahaya untuk kesehatan?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 21 Agustus 2021 | 18:00 WIB

Jarang disadari, banyak fashion item populer yang sesungguhnya berbahaya untuk kesehatan. Bahkan, banyak orang sangat suka memakainya, terlebih saat sedang tren.

Walau begitu, sebisa mungkin jangan korbankan kesehatan demi tren mode. Dilansir dari Bright Side, ini dia 9 benda fashion yang sebaiknya tidak dibeli atau harus dipakai dengan hati-hati.

Legging yang terlalu ketat

Baca Juga: Bongkar Ini Tas Hermes Ayu Ting Ting, Ruben Onsu: Sama Kayak Gue

Mengenakan legging secara terus-menerus bisa menyebabkan iritasi kulit. Legging yang ketat akan menggesek kulit setiap kali kamu bergerak.

Ilustrasi celana legging. (Pixabay/Engin Akyurt)

Selain itu, kulit berkeringat di bawah legging akan menciptakan lingkungan yang lembap dan hangat yang merupakan tempat ideal untuk pertumbuhan bakteri. Jadi, disarankan untuk selalu mengganti dan mencuci legging setelah dipakai.

Hoodie yang kebesaran

Baca Juga: IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Bukan hanya pakaian ketat yang bisa menjadi tidak aman. Hoodie yang kebesaran juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di leher dan punggung. Lengan yang terlalu panjang dan lebar dapat membuatmu terus menjaga posisi lengan supaya tidak 'tenggelam' dan itu bisa menyebabkan ketegangan pada otot-otot tubuh.

Saat mengenakan hoodie yang besar di atas kepala, kamu harus meregangkan leher ke depan untuk bisa melihat. Kalau hoodie dibiarkan terus menggantung di punggung, itu dapat menimbulkan perasaan tercekik di tenggorokan karena beratnya.

Kacamata hitam tanpa perlindungan UV

Tujuan utama kacamata hitam adalah melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya, bukan hanya sekadar mencegah silau. Jika kacamatamu tidak memiliki label yang bertuliskan UV 400, aksesori ini tidak akan memberi perlindungan maksimal.

Perlindungan UV tidak bisa ditentukan oleh kegelapan lensa. Kacamata hitam tanpa label ini akan lebih berbahaya daripada manfaat yang didapat. Itu hanya akan membuat pupil mata membesar dan jika tidak ada filter UV, mata malah bisa rusak parah.

Rok pensil

Rok pensil yang menyempit di bagian bawah akan terlihat sangat elegan ketika dikenakan. Namun, pakaian ini bisa membuat pemakainya sulit untuk bergerak secara alami. Akibatnya, tak cuma gaya berjalan, postur tubuhmu juga akan berubah sehingga rawan menyebabkan sakit punggung. Kamu juga akan sulit untuk menekuk lutut dan duduk yang berarti otot punggung mengalami ketegangan tambahan.

Ilustrasi perempuan mengenakan rok pensil. (Pixabay/Oliana Gruzdeva)

Atasan atau gaun halter

Busana ini biasanya memberi banyak tekanan pada leher, terutama jika kamu punya dada besar. Beban tubuhmu akan tertahan di leher. Akibatnya, kamu harus mempertahankan posisi yang tidak nyaman seperti kepala dimiringkan ke depan dan bahu dibungkukkan dan diturunkan.

Pakaian yang terbuat dari kain bambu

Tekstil yang terbuat dari bambu alami cenderung keras dan kasar. Untuk melembutkan serat dan memberikan elastisitas pada kain, tekstil bambu diproses dengan berbagai bahan kimia. Ini termasuk karbon disulfida, natrium hidroksida, dan asam sulfat. Sayangnya, semua senyawa ini beracun dan bisa berbahaya bagi lingkungan.

Pakaian tahan air

Sampai sekarang, kain tahan air dibuat dengan menggunakan bahan kimia berbahaya yang menjadi ancaman potensial terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Pakaian tahan air ini biasanya ditemukan pada pakaian olahraga. Namun, kini produsen pakaian olahraga mulai mencari alternatif yang lebih aman sehingga kamu dapat memilih merek yang telah meninggalkan penggunaan zat berbahaya dalam produksi pakaian tahan air.

Bandana yang ketat

Bandana atau ikat kepala sintetis elastis terkadang menekan otot frontalis. Hal itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit kepala.

Sandal gladiator

Baca Juga: Bayar Zakat Fitrah Boleh Online? Simak Penjelasan Buya Yahya

Sandal gladiator terlihat keren dengan tali pengikat yang melingkari pergelangan kaki hingga betis. Hanya saja, akuilah bahwa itu membuatmu tidak nyaman. Selain itu, tali-tali ini juga dapat mengganggu sirkulasi darah yang pada akhirnya menyebabkan edema dan bahkan varises. Tidak apa-apa untuk memakainya, tapi jangan setiap hari. (*Vania Rossa)

fashion-beauty

6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

fashion-beauty

IFW 2024 Jadi Rujukan Tren Mode Lintas Generasi, Berkomitmen Usung Produk Lokal

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 digadang-gadang menjadi pencipta tren fesyen lintas generasi di Indonesia.

fashion-beauty

5 Gaya Paula Verhoeven Pakai Outer Kemeja, Modisnya Anak Muda Banget

Berikut beberapa inspirasi busana kasual ala Paula Verhoeven.

fashion-beauty

Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Benarkah pil KB hormonal bisa memicu masalah kulit seperti flek hitam di wajah?

fashion-beauty

6 Tips Glam Makeup untuk Lebaran, Cantiknya Tetap Natural

Bagaimana cara menciptakan riasan Lebaran Glam Makeup yang memesona?

fashion-beauty

Brand K-Beauty Ini Luncurkan 2 Produk Baru, Cocok untuk Persiapan Lebaran

Merayakan Ramadan dengan mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas bersama produk barenbliss.