lifestyle

Tak Disarankan Dokter, Begini Metode Ekstrem Diet Ular

Sebaiknya, cari metode diet yang lain dulu saja.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 22 Desember 2018 | 10:25 WIB

Ada berbagai metode diet untuk menurunkan berat badan. Diet ular termasuk cara yang paling ekstrem dan tidak disarankan. Namun, masih saja ada orang yang melakukannya.

Seorang pria asal Jerman bernama Phil Flock berupaya mengubah bentuk tubuh yang dimiliki dalam waktu relatif singkat. Dia memilih melakukan diet ular yang terkenal kontroversial.

Program diet ekstrem itu bahkan telah direncanakan sejak Natal tahun lalu. Menurut Phil, diet ini cocok untuknya yang memiliki jadwal kerja padar sehingga sangat sulit untuk olahraga.

Baca Juga: 4 Jenis Kepribadian Introvert, Ketahui Ciri-cirinya

Phil tidak makan apa-apa sepanjang hari dan hanya mengonsumsi satu minuman di malam hari. Phil juga hanya makan satu kali dalam beberapa hari.

Dia mengatakan hasilnya bisa dilihat hanya dalam waktu satu minggu. Namun, dia mengalami muntah ketika baru menjalaninya.

Seorang ahli nutrisi dan pendiri Elevate, Ruth Tongue, mengatakan jenis diet ini sebenarnya harus dihindari. Diet ular sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Baca Juga: Lip Balm Ampuh Mengatasi Bibir Kering, Ini 3 Rekomendasinya

Jadi, apakah diet ular itu?

Ilustrasi program diet. (Pixabay/stevepb)

Dilansir dari Metro.co.uk, cara kerja jenis diet ini pada dasarnya dengan berpuasa hingga tiga hari sekaligus dan hanya mengonsumsi jus ular dalam satu hingga dua jam.

Jus ular dibuat dari air, garam, kalium klorida, soda kue, dan magnesium sulfat garam. Minuman itu diklaim bisa menguras kadar gula di hati dan mendorong tubuh untuk membakar lemak sebagai energi. 

Ruth lalu memperingatkan, ketika seorang tidak makan, kadar gula darah bakal turun drastis. Efeknya, tubuh akan kekurangan energi, tidak dapat fokus, dan bikin murung.  

Ilustrasi diet. (Unsplash/Jennifer Burk)

Ahli gizi ahli di Simply Supplements, Matt Durkin MSC, juga tak merekomendasikan untuk melakukan puasa selama lebih dari 48 jam. Hal itu sama artinya dengan menentang dengan diet ular.

''Pertama, karena kamu tidak mengonsumsi makanan, kamu pasti akan kekurangan energi dan tidak mungkin memenuhi semua persyaratan mikronutrien,'' ujar dia.

''Ini kemungkinan berdampak negatif terhadap fungsi kekebalan tubuh dan metabolisme serta berbagai fungsi tubuh normal lainnya,'' kata Matt menambahkan.

 

Baca Juga: Aaliyah Massaid Pakai 4 Modest Wear Ini saat Lebaran, Semuanya Produk Lokal

Sumber : Himedik.com

lifestyle

4 Jenis Kepribadian Introvert, Ketahui Ciri-cirinya

Mawar Eva de Jongh mengakui bahwa dirinya introvert sehingga ada masanya butuh waktu sendiri.

lifestyle

Tes Psikopat Google Form Lagi Viral TikTok, Klik Link di Bawah Ini!

Mau coba tes psikopat dengan Google form yang belakangan viral TikTok?

lifestyle

Ada Roti Super Lembut Mirip Oleh-oleh Viral dari Thailand, Ini Wujudnya!

Menghadirkan tiga varian rasa, kamu bisa menikmati kelembutan Milkpan, mulai dari Milk Heaven dengan krim susu dan gula susu, dengan harga Rp55 ribu.

lifestyle

Ingin Cepat Turunkan Berat Badan? Coba 5 Olahraga Ini

Beberapa olahraga ini membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.