lifestyle

Bangun setelah Koma 4 Hari, Remaja Ini Syok Mendadak Punya Bayi

Dia tak percaya saat diberi tahu telah melahirkan bayi.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 19 Februari 2019 | 17:09 WIB

Pengalaman seorang gadis remaja yang koma 4 hari akibat sakit kepala parah ini sangat sulit dipercaya. Dia secara mengejutkan melahirkan bayi begitu sadar di saat dirinya bahkan tidak menyadari telah hamil.

Dilansir dari Metro, gadis 18 tahun bernama Ebony Stevenson itu tak tahu dirinya hamil. Seingatnya, dia rutin mengalami menstruasi dan tidak mengalami mual di pagi hari khas ibu hamil yang kerap disebut morning sickness.

Hanya saja saat dirinya pergi tidur di malam hari pada 2 Desember 2018 lalu, dia tiba-tiba dinyatakan koma. Dia bangun empat hari kemudian di rumah sakit dan diberi tahu bahwa dirinya telah menjadi seorang ibu.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Dokter yang merawatnya pun mengatakan Ebony memiliki uterus didelphys atau rahim ganda. Satu rahim bekerja seperti biasa, yaitu menstruasi dan tidak meninggalkan sinyal kehamilan, sedang rahim lainnya mengandung bayi yang kini diberi nama Elodie.

''Saya tidak menyangka. Saya menginginkan anak setidaknya selama 10 tahun ke depan dan tidak berharap menjadi ibu muda,'' ujar wanita asal Oldham, Greater Manchester itu.

Baginya, bangun setelah 4 hari koma dan diberitahu telah melahirkan seorang bayi perempuan adalah hal luar biasa. ''Saya khawatir saya tidak akan terikat dengan putri saya karena saya tidak punya waktu untuk memikirkan kedatangannya, tetapi saya pikir dia luar biasa.''

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Operasi ilakukan ahli bedah berpengalaman. (Unsplash/Marlon Lara)

Pengalaman unik itu berawal saat Ebony tidur sekitar pukul 08.30 malam waktu setempat setelah mengeluh sakit kepala dan pingsan hingga kejang di lantai. Ibunya, Sheree, lantas menganggil ambulans.

Anehnya saat tiba di lokasi, paramedis terus bertanya, apakah Ebony dalam kondisi hamil. ''Walau aku bersikeras dia tidak hamil, paramedis yakin dia hamil, dan yang mengejutkanku ada benjolan di perutnya'' ungkap Sheree.

Dia melanjutkan, paramedis takut kejang yang dialami Ebony akan berdampak pada bayinya. Mahasiswa itu pun dilarikan ke Royal Oldham Hospital di mana dia kemudian mengalami koma.

Namun, sebelum itu, dia telah diinduksi dan mendapatkan bedah sesar darurat. Dokter pun menemukan Ebony menderita preeklampsia atau komplikasi kehamilan yang menyebabkan kejang.

Ebony melahirkan Elodie sekitar pukul 1.32 pagi waktu setempat. ''Itu adalah momen yang aneh karena saya tidak punya waktu untuk mempersiapkannya,'' lanjut Sheree yang juga kaget karena mendadak punya cucu.

Sheree pun mengaku bahagia cucunya dalam kondisi sehat saat lahir dengan berat 3,4 kg. Walau begitu, ia sedih dengan kondisi putrinya yang kala itu sedang koma.

Bayi. (Unsplash/Aditya Romansa)

Pada 6 Desember 2018, Ebony akhirnya membuka mata dan diberi tahu perawat telah memiliki seorang putri, ''Kedengarannya mengerikan. Saya meminta mereka untuk membawanya pergi karena saya sangat bingung dan yakin mereka melakukan kesalahan, tetapi ibuku menjelaskan semuanya,'' tutur Ebony.

Ebony mengungkapkan, saat memegang putrinya untuk pertama kali, ia merasa bingung dan sangat takut. Namun, itu sekaligus menjadi momen yang sangat indah. Ibu dan anak tersebut selanjutnya menjalani perawatan intensif dan diizinkan pulang pada 13 Desember 2018.

Ebony sendiri akan melanjutkan pendidikannya di Hopwood College pada Februari 2019, sementara ibunya akan membantu merawat Elodie.

Baca Juga: Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

''Meskipun saya tidak mempunyai waktu untuk mempersiapkan, saya tidak akan mengubah apa yang terjadi. Saya sangat bersemangat untuk bangun dan melihatnya setiap pagi dan untuk menghabiskan hari lain dengan putriku yang berharga,'' ucap dia. (Himedik.com/Vika Widiastuti)

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?

lifestyle

Cegah Masalah Asam Lambung, Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Penderita asam lambung juga tidak langsung makan berat saat berbuka puasa.

lifestyle

3 Tips Mudik Lebaran, Seru-seruan Modal Smartphone Canggih

Mudik jadi terasa lebih seru dengan smartphone beserta fitur istimewanya.