lifestyle

MRT Jakarta Bikin Video Panduan Perilaku, Malah Dianggap Seksis

Salah satu poin panduan MRT Jakarta dianggap terlalu seksis.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 19 Maret 2019 | 15:46 WIB

Baru saja dibuka umum untuk uji coba, PT MRT Jakarta telah menerbitkan peraturan dan tata cara bagi calon penumpang di akun Instagram @mrtjkt. Sayangnya, video tersebut malah jadi kontroversi karena dianggap seksis.

PT MRT Jakarta mengunggah video ke akun Instagram pada hari Jumat(15/03/2019) lalu. Tujuannya adalah mendidik penumpang tentang etika transportasi umum.

Video tersebut disajikan dalam 3 bagian. Video pertama yang berjudul ''5 Panduan perilaku di transportasi publik'' menunjukkan pedoman perilaku agar tidak mengganggu penumpang lain.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

''Video ini menunjukan kembali panduan perilaku beretika di kereta MRT Jakarta. Mari kita mulai menerapkan perilaku yang baik dimulai dari perilaku beretika di transportasi publik demi kenyamanan dan ketertiban bersama yang dimulai dari diri kita masing-masing,'' tulis pihak MRT Jakarta pada caption.

Video panduan perilaku MRT Jakarta. (Instagram/@mrtjkt)

Perilaku yang disebutkan antara lain, tidak mengobrol dengan suara keras atau mengganggu orang lain, tidak makan dan minum di kereta, tidak mendengkur saat tidur, tidak mengganggu privasi orang lain dan tidak menggunakan makeup secara berlebihan.

Beberapa jam setelah penayangannya, video 5 panduan perilaku di transportasi publik tersebut menuai berbagai reaksi, khususnya pada poin terakhir.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Pada poin menggunakan makeup secara berlebihan, talent wanita yang memakai riasan terlihat ekstra demonstratif. Ia mengguncang kuas makeup ke arah penumpang di sampingnya.

Netizen pun banyak memprotes jika aturan tersebut sangat absurd dan seksis. ''Tidak make up berlebihan.. peraturan yg sangat aneh di dalam mrt. @mrtjkt jangan terlalu sexist laah. Ga wise sekali statementnya itu,'' komentar salah satu netizen.

Video panduan perilaku MRT Jakarta. (Instagram/@mrtjkt)

''Bagian terakhir terlalu mengada-ngada dan tidak perlu,'' tambah yang lain.

''Kalau makeup berlebihan sepertinya itu hak setiap wanita min. Dan gak ada sangkut pautnya sama hal negatif,'' ujar netizen lain.

''Seksis bener menggunakan makeup berlebihan. Padalah contohnya sama aja kayak tidak mengganggu penumpang lain. Bikin tuh kayak etika masuk dan keluar, tidak meletakkan tas kamu di tempat duduk ketika orang mau duduk. Nah, itu berguna. Tidak mendengkur apa pula itu?'' tulis salah satu netizen.

Sampai Selasa (19/3/2019) sore, video tersebut sudah dilihat oleh lebih dari 54 ribu orang. Sudah melihatnya? Apakah kamu setuju dengan aturan tidak menggunakan makeup berlebihan?

Baca Juga: Tes Kepribadian Julid, Ini Link Google Form yang Viral di TikTok

Fyi, uji coba fase pertama MRT Jakarta akan dilaksanakan hingga 24 Maret 2019 mendatang dan tidak dipungut biaya demi menarik ratusan ribu penumpang. MRT Jakarta ini menghubungkan Lebak Bulus di Jakarta Selatan ke lingkaran lalu lintas Hotel Indonesia di Jakarta Pusat.

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Burung Gagak, Kerap Dikaitkan dengan Kabar Kematian

Apakah kamu pernah bermimpi melihat burung gagak hitam?

lifestyle

5 Zodiak Paling Boros saat Banyak Uang, Kelakuannya Hedon Banget

Beberapa zodiak ternyata punya kecenderungan jadi terlalu boros saat merasa banyak duit.