lifestyle

Hobi Swafoto Bisa Memicu Penuaan Dini, Begini Penjelasannya

Apa hubungannya swafoto dengan penuaan dini?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 27 April 2019 | 12:54 WIB

Selfie atau swafoto semakin lumrah dilakukan di mana saja dan kapan pun, terutama saat berada di lokasi yang instagramable. Bagi mereka yang hobi swafoto, tentu tidak cukup sekali jepret. Harus berkali-kali hingga mendapatkan hasil sempurna.

Sayangnya menurut para ahli, ternyata hobi swafoto menempatkanmu pada risiko penuaan dini yang dapat berdampak buruk bagi kulit seperti halnya berjemur dan merokok.

Dilansir dari Nypost, perawat dan terapis kecantikan, Sara Cheeney, mengungkapkan sinar elektromagnetik yang dipancarkan dari ponsel dapat mempercepat penuaan pada tingkat yang 'mengkhawatirkan'.

Baca Juga: 30 Stiker Toples Lebaran yang Desainnya Bikin Gemas, Gratis Siap Cetak!

Klaim ini diungkapkan Cheneey setelah melihat peningkatan tajam jumlah pasien yang menderita kerusakan kulit akibat kebiasaan selfie.

''Sinar biru dari layar ponsel cerdas dapat menghasilkan lebih banyak kerusakan daripada terlalu banyak paparan sinar matahari. Jadi saya akan mendesak anak muda untuk ekstra hati-hati,'' ungkap dia.

Ilustrasi foto selfie. (Pexels/Lisa Fotios)

Lebih lanjut, ia mengatakan kerusakan kulit yang disebabkan hobi swafoto akan menjadi semakin umum di masa depan seiring maraknya aplikasi media sosial seperti Instagram dan Snapchat.

Baca Juga: Tyas Mirasih Jual Tas Mewah ke Nagita Slavina, Hasilnya di Luar Ekspektasi

Namun sebelum kamu membeli pelembab dan tabir surya, Cheeney mengatakan produk perawatan kulit biasa tidak akan membalikkan risiko yang sudah terjadi.

Sebaliknya, ia mengimbau untuk menghidrasi kulit dari dalam dan menggunakan tabir surya yang memiliki perlindungan terhadap cahaya dan inframerah High Energy Visible (IRV) sebagai kunci untuk merawat kulit rusak.

Sementara itu, ahli dermatologi Zein Obagi, pendiri klinik ZO di Beverley Hills, mengklaim dapat mengetahui bagaimana pasiennya menggunakan ponsel saat mengambil selfie hanya dengan mendeteksi kerusakan kulit mereka.

Baca Juga: Sepatu Pernikahan Sandra Dewi Disorot Lagi, Bertabur Ribuan Kristal

''Saya bisa tahu apakah seseorang menggunakan tangan kanan atau kiri untuk memegang telepon mereka. Anda bisa melihat tekstur kulit dan sisi wajah yang kusam, maka disitulah sudut tersering Anda saat melakukan selfie,'' terangnya. (Suara.com/Firsta Nodia)

lifestyle

30 Stiker Toples Lebaran yang Desainnya Bikin Gemas, Gratis Siap Cetak!

Percantik toples Lebaran di rumah dengan menempelkan aneka stiker lucu.

lifestyle

5 Tips Mudik Nyaman dan Aman Naik Mobil Listrik, Harus Siapkan Apa Saja?

Berikut beberapa tips agar nyaman dan aman saat memutuskan mudik dengan mobil listri.

lifestyle

4 Zodiak Ini Terkenal Ambis Banget, Hidupnya Nggak Gampang Puas

Beberapa zodiak ini tidak mudah merasa puas dengan capaian hidup mereka.

lifestyle

6 Arti Mimpi Ketinggalan Bus, Insiden yang Bikin Panik saat Mudik

Apa makna di balik mimpi ketinggalan bus yang mungkin pernah kamu alami?

lifestyle

Resep Garlic Cheese Cookies, Kue Kering Special untuk Lebaran

Tak melulu manis, kue kering seperti garlic cheese cookies juga cocok disajikan saat Lebaran.

lifestyle

6 Cara Agar Konsumsi Nasi Lebih Aman, Termasuk Pakai Metode Cuci Bersih

Untuk itu penting mengatur ulang dan membuat kebiasaan lain yang dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit mematikan tersebut.