lifestyle

Ingin Melepas Masker saat Kencan? Kamu Harus Perhatikan 3 Hal Ini

Di tengah pandemi, kamu juga tetap harus mengenakan masker saat kencan dengan orang tersayang.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 17 September 2020 | 14:01 WIB

Selama pandemi ini, semua orang wajib mengenakan masker ketika bepergian untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19. Bahkan, protokol kesehatan tak boleh diabaikan saat kencan dengan pasangan tercinta.

Hanya saja, setelah sekian lama tidak berjumpa, tentu wajar jika ingin melihat wajah kekasih secara langsung. Namun, kira-kira apa saja yang mesti diperhatikan untuk memperkecil risiko penyebaran virus?

Melansir Elite Daily, para ahli mengatakan hal itu tergantung situasinya. Setidaknya ada tiga hal yang jadi perhatian, yaitu dengan siapa Anda tinggal, apakah salah satu kalian mengalami gangguan kekebalan, serta ke mana Anda bakal pergi berkencan.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), masker kain adalah salah satu senjata paling ampuh yang kita mempunyai untuk memperlambat dan menghentikan penyebaran virus.

Ilustrasi menggunakan masker di tempat umum.[Pexels/Anna Shvets]

CDC selalu merekomendasikan pemakaian masker di tempat umum dan ketika berada di sekitar siapapun yang tak tinggal serumah dengan kita.

"Saya selalu mengatakan hal yang terbaik adalah berasumsi bahwa Anda memilikinya dan bahwa Anda harus melindungi orang lain serta menganggap semua orang memilikinya dan Anda perlu melindungi diri sendiri," ujar ilmuwan perawat klinis, Shanina Knighton.

Baca Juga: Demo Bar and Bistro, Tempat Nongkrong di Jakarta yang Terus Berinovasi Demi Pengalaman Kuliner Terbaik

Soal melepas masker ketika kencan, Knighton menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kalau Anda atau teman kencan mengalami masalah yang berkaitan dengan kekebalan tubuh, termasuk kondisi orang-orang yang serumah dengan Anda maupun dia, artinya terlalu berisiko untuk melepas masker.

Penting juga untuk memahami gaya hidup teman kencan Anda. Seberapa waspada dirinya ketika mencuci tangan? Apakah dia menerapkan jarak sosial? Apakah pekerjaannya melibatkan interaksi dengan orang-orang sepanjang hari?

Meski akan terasa canggung, memang ada baiknya mengetahui berbagai kebiasaannya di tengah pandemi saat ini. Setidaknya, Anda jadi tahu apakah kalian berdua memiliki cara pandang yang sama tentang Covid-19.

Berikutnya, perhatikan situasi dan kondisi lokasi kencan. Hingga kini, para ahli setuju kalau risiko penularan virus di luar ruangan lebih kecil. Jadi, bisa dikatakan lebih baik jalan-jalan atau piknik di taman dari pada makan bareng di dalam restoran.

Jika ingin makan bersama, Knighton menyarankan agar selalu memilih tempat duduk di luar ruangan jika memungkinkan, terutama karena Anda harus melepas masker ketika makan dan minum.

Peneliti senior di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amesh Adalja, juga mengungkapkan pendapat senada.

Bagaimana pun, jangan sampai pertemuan Anda dengan pasangan berakhir menjadi sesuatu yang disesali di kemudian hari akibat mengabaikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Liburan ke Malaysia, Harga Tas Ayu Ting Ting dan Bilqis Beda 100 Kali Lipat

"Tak ada aturan khusus yang benar-benar bisa Anda ikuti selain jika Anda sakit, jangan melepasnya," tegas dia.

lifestyle

Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Lokasi bunga bangkai sendiri terletak di Kebun Raya Cibodas, bersebelahan dengan Taman Lumut.

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.

lifestyle

8 Arti Mimpi Burung Gagak, Kerap Dikaitkan dengan Kabar Kematian

Apakah kamu pernah bermimpi melihat burung gagak hitam?