lifestyle

Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Zaskia Adya Mecca Langsung Ubah Pola Hidup

Semua perubahan itu dilakukan Zaskia Adya Mecca demi menjaga kesehatan.

Nur Khotimah
Sabtu, 10 Juli 2021 | 19:00 WIB

Zaskia Adya Mecca sering membagikan cerita hidupnya di media sosial Instagram. Terbaru, Zaskia membuat unggahan pada Jumat (6/7/2021) untuk membagikan cerita saat dirinya mengalami kolesterol tinggi.

Cerita dimulai saat Zaskia iseng cek darah sekitar 5 tahun lalu. Pada saat itu hasil cek darah Zaskia cukup mengejutkan karena diketahui memiliki angka kolesterol yang cukup tinggi, yaitu 265.

Zaskia sadar bahwa salah satu penyebab kolesterolnya tinggi adalah makanan manis. Kebetulan waktu itu istri Hanung Bramantyo ini sedang hobi menyantap makanan dan minuman serba coklat.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

"Mau sedikit cerita, 5tahun yang lalu lagi iseng cek darah baru menemukan ternyata kolestrol ku tinggi sekitar 265an… kaget iya, krn tinggi ku 168 dan beratku 55-56kg," tulis Zaskia.

"Ku emang addicted sama coklat.. bahkan bbrp taun terakhir minum es coklat dan ngemil coklat super berlebih tiap harinya ga nyangka di usia 29 ku udah menuai hasil makan seenaknya itu," lanjutnya.

Zaskia Adya Mecca cerita soal kolesterol. (Instagram/@zaskiadyamecca)

Sejak saat itu, Zaskia mau tidak mau harus mengubah pola hidup. Ini adalah satu-satunya pilihan untuk Zaskia karena tidak mungkin minum obat penurun kolesterol lantaran menyusui.

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Artis cantik ini pun perlahan mengubah menu makanan menjadi lebih sehat dan rajin olahraga. Tapi itu belum membuahkan hasil karena belum bisa konsisten menjalani pola hidup tersebut.

Sampai akhirnya pada tanggal 23 Juni 2021, Zaskia kembali mengecek kolesterolnya. Ternyata angkanya masih tinggi dan akhirnya mulai kembali giat menjalankan pola hidup sehat.

Zaskia Adya Mecca olahraga bareng suami. (Instagram/@zaskiadyamecca)

Zaskia mulai rajin olahraga, menjaga asupan makanan, dan mengganti jam tidurnya agar lebih teratur. Setelah sekitar 2 minggu melakukan pola hidup seperti ini, kolesterol Zaskia pun turun.

"Bener aja loh turun ditanggal 5 Juli ku test kolestrol 245 dan cardio risk index jadi 1 .. woow sebesar itu yaa pengaruh makanan ke tubuh kita!!!" imbuh Zaskia lagi.

"Sekarang ku dah gak terlalu diet gimana2.. ikan, ayam ku makan seperlunya tanpa digoreng.. takut kekurusan juga berat badan sekarang sampai ke 54kg. Cuma ku memilih apa yang ku makan," kata dia.

Di akhir caption, Zaskia menegaskan bahwa dirinya tidak lagi makan gorengan selagi bisa. Ia juga berpesan untuk memperhatikan apa yang dimakan karena itu akan berpengaruh pada kesehatan.

"Yuk jaga pola yang benar dan sehat sedini mungkin. Konsul dokter gizi biar aman, ke ahli nutrisi.. jgn sampai diet ala kita sendiri krn takut membahayakan," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Cerita yang disampaikan Zaskia Adya Mecca ini cukup menarik perhatian hingga mendapat lebih dari 66 ribu likes. Unggahan ini juga disambut dengan banyak cerita hampir serupa dari warganet.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

Senyuman 4 Zodiak Ini Paling Gampang Bikin Hati Meleleh, Gemas Banget!

Beberapa zodiak disebut memiliki senyuman imut menggemaskan.

lifestyle

3 Tips Mudik Lebaran, Seru-seruan Modal Smartphone Canggih

Mudik jadi terasa lebih seru dengan smartphone beserta fitur istimewanya.

lifestyle

8 Tips Piknik ke Tempat Wisata Populer saat Libur Lebaran

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengunjungi tempat wisata populer saat libur Lebaran.

lifestyle

Tersedia Terbatas, ChockRocks Cone Rilis Es Krim Rasa Chiki Balls Keju!

Brand es krim ChockRocks Cone merilis varian es krim rasa Chiki Balls Keju nih, Sahabat Dewiku!