lifestyle

Nggak Boleh Sembarangan, Inilah Tata Cara Beres-Beres di Kerajaan Inggris

Salah satu tata caranya adalah dilarang memakai vacuum cleaner.

Nur Khotimah
Sabtu, 17 Juli 2021 | 19:15 WIB

Beres-beres ternyata bukan perkara sepele di Kerajaan Inggris. Petugas kebersihan dihadapkan pada beberapa tata cara yang harus dilakukan selama membersihkan tempat tinggal Ratu Elizabeth II dan keluarga.

Barbara Allred, seorang kepala housekeeper rumah privat Ratu Elizabeth di Sandringham selama puluhan tahun mengatakan bahwa membersihkan seluruh ruangan di Kerajaan harus sangat maksimal.

Barbara juga membagikan tips bersih-bersih rumah ala Kerajaan Inggris. Menurut Barbara, ada tata cara ketat yang diterapkan untuk bersih-bersih Kerajaan Inggris, termasuk larangan memakai vacuum cleaner.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

Melansir The Sun, berikut ulasan lengkap 5 tata cara bersih-bersih di Kerajaan Inggris.

1. Menata tempat tidur ada aturannya

Mulai dengan bantal, Barbara mengungkap ujung sarung bantal yang terbuka harus diletakkan menghadap ke dalam. Kemudian, bantal itu ditepuk-tepuk untuk membuatnya lebih empuk.

Baca Juga: 20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Jika sarung bantalnya bermotif garis-garis, arahnya harus sama. Lalu, bedcover dilipat menjadi tiga concertina-style (melipat seperti lipatan rok plisket lalu ditumpuk).

Keluarga Kerajaan Inggris di dalam Istana. (Instagram/@sussexroyal)

2. Cara melipat handuk

Barbara mengatakan tidak ada aturan khusus untuk melipat handuk. Meski begitu, dia selalu melipatnya menjadi tiga dengan bentuk memanjang jika hendang digantung di kamar mandi.

Kalau untuk disimpan di lemari, Barbara akan melipatkan menjadi tiga lagi. Lipatannya harus menghadap ke arah luar ketika diletakkan di lemari.

3. Tidak boleh memakai pemutih saat membersihkan toilet

Ada prosedur ketat yang harus dilakukan untuk membersihkan toilet Kerajaan. Salah satunya adalah dilarang memakai pemutih untuk menghilangkan noda dan mempertahankan kilau toilet.

Jadi pegawai biasanya menggunakan pasta buatan sendiri yang terdiri dari garam, cuka suling putih, jus lemon, dan baking powder. Diamkan selama dua jam sebelum dibilas.

4. Dilarang pakai vacuum cleaner

Dalam film dokumenter berjudul "Royal Servant" terungkap bahwa vacuum cleaner atau penyedot debu sebenarnya dilarang. Jadi, pegawai harus menyapu karpet secara manual ruangan Istana.

Pada tayangan tersebut dikatakan bahwa suara penyedot debu dikhawatirkan mengganggu anggota Kerajaan. Jadi alat pembersih yang satu ini dilarang digunakan di Istana.

Sebagai gambaran, petugas harus membersihkan Istana Buckingham yang memiliki 775 kamar dan ruang tamu seluas 828.000 kaki persegi secara manual. Pasti capek banget, ya.

Ilustrasi ratu Elizabeth II dan bagian dalam istana. (Instagram/@theroyalfamily)

5. Membersihkan perhiasan harus pakai gin

Penata rias Ratu Elizabeth, Angela Kelly, mengungkapkan bahwa perhiasan anggota Kerajaan biasanya dibersihkan dengan memakai gin (sejenis minuman beralkohol) dan air.

"Gin dan air berguna untuk memberi berlian Kerajaan sedikit kilau ekstra," kata Angela Kelly. Jika itu kurang berhasil, Angela akan memakai cairan pencuci untuk mengembalikan kilau perhiasan.

Baca Juga: Parfum Ganjar Pranowo Bikin Penasaran, Ternyata Produk Lokal

Demikian beberapa aturan yang biasa dilakukan pegawai saat membersihkan Kerajaan Inggris. Wah, ternyata nggak boleh sembarangan.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.