lifestyle

Banyak Minum Air Putih Bantu Menurunkan Berat Badan, Ketahui Aturan Mainnya

Begini cara minum air putih yang benar untuk membantu menurunkan berat badan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 29 Juli 2021 | 21:25 WIB

Minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan, salah satunya agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, minum air putih juga berhubungan dengan upaya menurunan berat badan.

Bagaimana cara air minum membantu proses penurunan berat badan? Dilansir News18, penelitian menunjukkan bagaimana air minum memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menunjukkan bahwa minum air sambil mempertahankan diet hipokalori (juga dikenal sebagai diet rendah kalori) bisa mengurangi tingkat kelebihan berat badan dan obesitas pada orang dewasa yang biasanya sudah menurunkan berat badan dengan cepat.

Baca Juga: Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Studi lain yang diterbitkan International Journal of Obesity pada 2017 menunjukkan peserta yang mengganti minuman diet dengan air putih selama periode pemeliharaan berat badan 12 bulan tak cuma kehilangan berat badan, tapi juga meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar kolesterol.

Minum air putih. (Pixabay/silviarita)

Berikut ini adalah beberapa cara di mana air putih bisa membantu menurunkan berat badan.

Membuat Anda merasa kenyang

Baca Juga: Parfum Ganjar Pranowo Bikin Penasaran, Ternyata Produk Lokal

Minum air putih, terutama 10-15 menit sebelum makan, bisa meningkatkan rasa kenyang dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Minum air putih juga mengurangi rasa lapar yang berlebihan serta ngemil sehingga membantumu menurunkan berat badan lebih cepat.

Meningkatkan pembakaran kalori

Kebanyakan orang dengan berat badan berlebih susah membakar kalori dengan cepat. Studi menunjukkan bahwa minum air membantu proses membakar kalori, bahkan saat kamu sedang dalam keadaan istirahat. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa air minum juga membantu membakar karbohidrat dan lemak lebih cepat.

Detoksifikasi tubuh secara alami

Saat tak mendapatkan cukup air, tubuh cenderung menumpuk racun. Menghidrasi dengan air membantu mengeluarkan racun itu, sekaligus mengurangi kembung serta pembengkakan yang terkait dengan retensi racun dalam tubuh.

Mengurangi asupan kalori secara keseluruhan

Penelitian mengatakan bahwa ada kalanya orang benar-benar haus tapi otak mengacaukannya dengan rasa lapar sehingga akhirnya justru memilih makan daripada minum air.

Ilustrasi minum air. (Unsplash/Drew Coffman)

Maka dari itu, jika minum cukup air, kecil kemungkinan kamu mengalami sinyal campuran ini. Air secara alami mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, terutama dari asupan junk food dan minuman berkalori tinggi.

Meningkatkan kapasitas latihan

Air merupakan bagian integral dari fungsi otot. Oleh karenanya, minum cukup air bisa membantu otot, jaringan ikat dan sendi untuk bekerja dengan baik.

Minum air putih juga membantu mengurangi terjadinya kram otot dan kelelahan. Air meningkatkan kemampuan seseorang untuk berolahraga yang sangat diperlukan untuk penurunan berat badan secara berkelanjutan.

Berapa banyak air yang harus diminum?

Memang benar minum air membantu menurunkan berat badan, tapi bukan berarti hanya air yang menjadi asupan utama.

Penelitian menunjukkan bahwa berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh tergantung dengan usia, berat badan, tingkat aktivitas, status kesehatan, suhu dan kelembapan atmosfer, serta tingkat paparan sinar matahari.

Ilustrasi minum air mineral. (Pixabay/ExplorerBob)

Orang yang tinggal di iklim tropis, berkeringat banyak, melakukan pekerjaan manual atau olahraga intensif setiap hari mungkin perlu minum lebih banyak air ketimbang orang lain.

Orangtua dan wanita hamil juga mesti memantau asupan air mereka setelah berkonsultasi dengan dokter tentang berapa banyak air yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Tips Pilih Makeup sesuai Warna Kulit, Ini Kata MUA Profesional

Secara umum, para ahli menyarankan orang dewasa harus minum sekitar dua liter air setiap hari. Kamu bisa dengan mudah mengukur asupan air menggunakan botol yang sama untuk minum air sepanjang hari dan setiap hari. (*Dian Kusumo Hapsari)

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.