lifestyle

Tanpa Diet Ketat dan Olahraga, Terapkan 6 Tips Menurunkan Berat Badan Ini

Bagaimana caranya menurunkan berat badan tanpa banyak drama?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 07 September 2021 | 22:21 WIB

Apa kamu percaya ada cara untuk langsing tanpa melakukan diet ketat dan olahraga? Ya, kamu cuma perlu melakukan tugas sehari-hari seperti membersihkan rumah dari debu, berkebun, hingga berbelanja.

Semua kegiatan itu bisa menjadi cara membakar kalori yang hebat. Percaya atau tidak, kamu sebenarnya bisa meningkatkan peluang keberhasilan menurunkan berat badan dengan tidur lebih banyak dan memperbaiki postur tubuhmu saja.

Berikut enam cara untuk menurunkan berat badan tanpa merasa lapar atau sakit karena latihan yang melelahkan, dilansir dari Daily Star.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Pinjam Uang, Pertanda Kebanyakan Utang di Dunia Nyata?

Ilustrasi (Shutterstock)

Perbaiki postur tubuhmu

Menurut Dr Holly Philips, berdiri tegak bisa meningkatkan aliran oksigen, yang pada gilirannya dapat memberimu lebih banyak energi di siang hari. Ini memungkinkan kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk tetap aktif. Postur tubuh yang baik juga bisa membuatmu tampak lebih langsing. 

Alih-alih membungkuk, lebih baik kami berdiri tegak dengan bahu yang rata dan bernapas dalam-dalam. Ini juga bisa menegangkan glutes dan abs yang dapat membantumu mengencangkan bagian tersebut dalam jangka panjang.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Merawat tanaman

Ilustrasi merawat tanaman (Shutterstock)

Ingin berolahraga tanpa pergi ke gym? Merawat tanaman adalah alternatif menyenangkan untuk berkeringat. Memotong rumput dengan mesin pemotong manual adalah aktivitas terbaik. Menurut sebuah penelitian, ini bisa membakar rata-rata 400 kalori per jam.

Aktivitas menggali saat berkebun bisa membakar sekitar 250 kalori hanya dalam 60 menit. Jika kamu membutuhkan penyiangan, aktivitas ini membakar sekitar 175 kalori per jam.

Minum lebih banyak air

Ilustrasi minum air (pixabay)

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum lebih banyak air bisa membantu menurunkan berat badan. Healthline melihat berbagai penelitian yang menunjukkan bagaimana tetap terhidrasi dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Penelitian menunjukkan minum satu porsi (0,5 liter) air meningkatkan pengeluaran energi istirahat sebesar 24-30 persen dalam waktu 10 menit setelah minum. Sementara itu, percobaan lain mengukur bagaimana meningkatkan asupan air perempuan mempengaruhi berat badan.

Secara keseluruhan, perempuan kelebihan berat badan yang menenggak lebih dari satu liter cairan sehari merasa lebih gampang untuk langsing.

Membersihkan debu

Ilustrasi bersih-bersih rumah [shutterstock]

Terri-Ann Nunns baru-baru ini mengatakan kepada Daily Star Online bahwa membersihkan debu bisa membantu melawan timbunan lemak.

"Membersihkan dan merapikan, semuanya adalah pekerjaan fisik yang mengharuskanmu terus bergerak – mirip dengan kalau kamu berolahraga," ungkap dia.

"Berarti ini adalah cara yang sangat efektif dan mudah untuk membakar kalori," imbuhnya.

Penelitian menunjukkan jika menghabiskan waktu hingga 18 jam dalam sebulan untuk bersih-bersih, itu berarti kamu bisa membakar sekitar 4.000 kalori.

Tidur nyenyak

Ilustrasi Tidur Siang (freepik)

Ahli Profesor Michael Simmons mengungkap cara mudah membakar lemak tanpa melakukan latihan. Selama program, Prof Simmons menjelaskan bahwa kuncinya adalah " lemak coklat" ketika tidur.

Rata-rata, kita membakar sekitar 300 kalori ketika tidur. Namun, saat lemak coklat diaktifkan kala tubuh berada pada suhu yang lebih dingin, ini membantu membakar kalori ekstra. Caranya adalah dengan menurunkan suhu ruangan menjadi sekitar 18C – sederhana saja.

Belanja sambil jalan-jalan

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Jika ingin menambah jumlah langkah yang kamu lakukan dalam sehari, pergilah ke supermarket. Sebuah penelitian sebelumnya mengungkapkan rata-rata perempuan membakar sekitar 385 kalori dengan menelusuri toko setiap pekannya. (*Dinda Rachmawati)

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

5 Resep Kue Bawang Renyah, Camilan Gurih di Hari Lebaran

Mau bikin kue bawang sendiri di rumah? Simak resep di bawah ini!

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?

lifestyle

Cegah Masalah Asam Lambung, Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Penderita asam lambung juga tidak langsung makan berat saat berbuka puasa.

lifestyle

Tersedia Terbatas, ChockRocks Cone Rilis Es Krim Rasa Chiki Balls Keju!

Brand es krim ChockRocks Cone merilis varian es krim rasa Chiki Balls Keju nih, Sahabat Dewiku!