lifestyle

Mengapa Kita Bisa Bermimpi saat Tidur? Berikut Penjelasannya

Inilah beberapa alasan mengapa kita bisa bermimpi ketika tidur.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 25 Oktober 2021 | 13:26 WIB

Bermimpi saat tidur adalah hal wajar yang dialami setiap orang. Banyak orang yang bertanya-tanya soal alasan di balik munculnya mimpi saat tidur. Beberapa penelitian pun telah mengungkapkan bahwa mimpi merupakan bagian dari proses informasi dan emosi seseorang.

Melansir dari The Pleasant Dream, berikut alasan yang diyakini secara umum mengapa kita bisa bermimpi saat tidur. Apa saja?

Representasi dari keinginan

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Terkenal Pekerja Keras, Dedikasi Tak Tergoyahkan

Mimpi saat tidur adalah bagian dari representasi keinginan seseorang. Hal ini diungkap lewat teori rebound mimpi dari Sigmund Freud. Menurut Sigmund, mimpi ini tak cuma berupa keinginan, tapi ada motivasi dan proses berpikir di alam bawah sadar seseorang.

Ilustrasi tidur. (Unsplash/Wes Hicks)

Membantu memproses informasi

Alasan di balik seseorang bermimpi saat tidur adalah agar bisa memproses informasi. Hal ini diungkap lewat teori mimpi aktivasi-sintesis oleh J. Allan Hobson dan Robert McCarley.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Teori ini mengatakan, fase REM (rapid eye movement) ketika tidur akan memicu kerja amigdala dan hippocampus di otak. Keduanya bakal mengirimkan impuls listrik yang membantu dalam penyusunan pikiran acak, ingatan, visual, dan kejadian yang dilihat dari mimpi.

Setelah bangun dari tidur, otak aktif mengumpulkan informasi dan membentuk narasi yang kohesif. Hal inilah yang memudahkan seseorang memahami informasi yang didapat dari mimpinya.

Memproses memori atau ingatan

Teori pemrosesan informasi ini menyebut bahwa mimpi membantu seseorang memproses data dan ingatan dari hari sebelumnya. Beberapa ahli mimpi mengungkapkan, teori ini menunjukkan bahwa mimpi dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Mimpi bisa membantu seseorang menyaring ingatan mana yang ingin disimpan atau dibuang.

Tidur menyamping. (Unsplash/Gerry Pappas)

Meningkatkan kreativitas

Mimpi bisa membantu memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitasmu. Kalau kamu seorang seniman, kamu mungkin sering terbangun dengan ide brilian untuk karya seni.

Ini karena saat sedang bermimpi, kamu diizinkan untuk berkeliaran di mana pun yang kamu inginkan. Tak ada batasan. Jadi, Anda bisa mengeksplorasi potensi tanpa batas.

Refleksi dari hidup seseorang

Anda mungkin pernah mendengar orang mengatakan bahwa mimpi adalah cerminan dari kehidupan nyata. Hal ini didukung oleh hipotesis kontinuitas. Dikatakan bahwa mimpi tak menunjukkan efek langsung dari insiden dalam hidup Anda, tapi membaginya menjadi beberapa bagian yang berbeda.

Baca Juga: Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Rencana dipelajari lebih dalam, ditemukan bahwa tahap tidur non-REM sebagian besar melibatkan hal-hal rutin. Namun, tidur REM lebih banyak berurusan dengan emosi dan ingatanmu. Itulah alasan mengapa mengingat mimpi saat proses tidur REM lebih mudah daripada mengingat mimpi ketika tidur non-REM. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

lifestyle

5 Zodiak Ini Terkenal Pekerja Keras, Dedikasi Tak Tergoyahkan

Zodiak ini memiliki etos kerja yang sangat tinggi dibanding lainnya.

lifestyle

Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Lokasi bunga bangkai sendiri terletak di Kebun Raya Cibodas, bersebelahan dengan Taman Lumut.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?