lifestyle

Berikut Keuntungan Belanja Online di Marketplace, Tak Cuma Banjir Promo

Hal apa yang paling kamu sukai saat belanja online di marketplace?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 01 November 2021 | 08:24 WIB

Pandemi COVID-19 telah mendorong masyarakat lebih memanfaatkan teknologi digital seperti marketplace untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Belanja online pun menjelma kebutuhan baru.

Dikutip dari Data Bank Indonesia (BI) menyebut, sepanjang semester I-2021, transaksi e-commerce tumbuh 63,4 persen menjadi Rp186,7 triliun. Bahkan BI memperkirakan hingga akhir tahun 2021 ini, transaksi e-commerce bisa meningkat 48,4 persen sepanjang tahun 2021 menjadi Rp395 triliun.

Dikatakan oleh Owner Nzinga, Mira Khang, belanja online dengan basis koneksi internet punya banyak keuntungan yang dapat dinikmati para konsumen.  

Baca Juga: Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Keuntungan yang dimaksud antara lain produk terjamin keasliannya, asal membeli di toko terpercaya. Bahkan ada juga marketplace yang sanggup mengganti dua kali kalau produk yang dibeli tidak asli.

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Cagle)

Mira bilang, produknya menjadi salah satu produk yang menghiasi marketplace Tanah Air, yang terjamin akan keaslian dan kualitasnya. Ia juga menjamin produk yang terpasang di marketplace sama dengan produk yang dibeli

"Pasti sama keaslian produk dengan foto, karena semua produk kami foto sendiri di studio, bukan ambil gambar dari internet atau dari seller lain," ucap Mira Khang, dalam siaran pers, Sabtu (30/10/2021) lalu.

Baca Juga: 3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

Kalau produk yang dibeli ternyata tidak cocok atau cacat, ada tenggang waktu yang cukup lama untuk menukar produk tersebut kepada tenant, yakni hingga tujuh hari.

Keuntungan lain dari berbelanja lewat marketplace adalah sering ada diskon besar terhadap produk yang terpasang.

Sebut saja ada program flash sale. Ini merupakan sistem penjualan online yang konsepnya akan memberikan tawaran harga yang lebih rendah (diskon), tapi penjualan cuma berlaku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu, diskon kerap diberikan oleh tenat terhadap produk yang dijualnya. Konsumen juga bisa menikmati gratis ongkos kirim (ongkir). Ongkir ini, biasanya dapat dimanfaatkan oleh konsumen dalam bentuk voucher yang kemasan desainnya, tergantung selera masing-masing marketplace.

Mira memaparkan, dalam memilih marketplace, pihaknya selalu selektif dan mencermati perkembangan marketplace di Tanah Air, misalnya terdaftar di Shopee Mall.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

"Store kami terdaftar di Shopee Mall , bukan store basic, Shopee Mall hanya menerima store melalui seleksi ketat. Harganya dibandrol pun terjangkau dan penuh promo. Kami selalu mengadakan flash sale di tanggal double date seperti 11.11 12.12," ujar Mira. (*Risna Halidi)

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.