lifestyle

Bisa Belajar Bisnis Kecantikan, Begini Cara Ikut Beauty Startup Incubation

Beauty Startup Incubation merupakan program yang mendukung perkembangan ekosistem industri kecantikan lokal di Indonesia.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Kamis, 23 Desember 2021 | 08:42 WIB

Industri kecantikan lokal di Indonesia mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat signifikan. Bisnis kecantikan menjadi sektor yang semakin dipertimbangkan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal I-2020 pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional termasuk kosmetik tumbuh hingga 5,59% dan diproyeksikan akan tumbuh 7% hingga 2022. Hal tersebut juga terlihat pada jumlah produk kosmetika yang terdaftar pada lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memiliki peningkatan signifikan, di mana pada tahun 2018 hanya ada 1,212 produk, sedang tahun 2021 jumlah produk kosmetika yang sudah terdaftar berjumlah 82,165 produk.

Meningkatnya tren perawatan dan kecantikan diri di tengah pandemi ikut menumbuhkan para pelaku merek lokal industri kosmetika Indonesia dengan menawarkan jenis nilai dan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar. Pertumbuhan tersebut disertai dengan tantangan bagi para pelaku bisnis baru atau perusahaan startup untuk bersaing dengan pasar yang sudah ada, salah satunya dalam menguasai manajemen usaha, operasional, pemasaran, keuangan hingga research and development (R&D).

Baca Juga: Perempuan di Jabatan Manajemen Senior Semakin Sedikit, Apa Masalahnya?

Dalam mendukung ekosistem industri kecantikan lokal di Indonesia, Cosmax Indonesia bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk membentuk ekosistem startup industri kecantikan lokal di Indonesia berupa Startup Incubation.

Startup Incubation merupakan program kolaboratif yang dirancang untuk membimbing dan membantu mempercepat pengembangan suatu usaha melalui serangkaian program permodalan yang diikuti dan didukung oleh kemitraan pengembangan kelembagaan usaha lainnya. Kolaborasi ini bertujuan mewadahi dan mendukung pelaku usaha lokal di bidang kosmetika agar dapat berkembang dan bertumbuh menjadi next level local beauty company hingga bisa bersaing secara global.

Beauty Startup Incubation (Istimewa)

"Sebagai perusahaan manufaktur kosmetik no.1 global dan sudah berpengalaman selama 10 tahun di Indonesia, kami berkomitmen untuk terus mewadahi dan mendorong para pelaku industri kecantikan lokal untuk terus maju dan berkembang. Dengan adanya kerjasama antara Cosmax Indonesia dengan Universitas Gadjah Mada, diharapkan dapat membantu para generasi muda untuk bersama-sama memajukan industri kecantikan di Indonesia," ungkap Cheong Min-Kyoung, President Director Cosmax Indonesia, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, belum lama ini.

Baca Juga: Hotman Paris Kehilangan Cincin Rp6 Miliar, Panik Berujung Kocak

Dalam kerjasama tersebut, Cosmax Indonesia dan UGM mencari dan memilih kandidat dari mahasiswa atau alumni yang memiliki keinginan kuat dalam memulai atau menjalankan suatu bisnis kecantikan. Dengan kesepakatan tersebut, Cosmax Indonesia akan memberikan investasi praktis seperti coworking space, belajar pengembangan produk kecantikan secara langsung, bimbingan untuk membangun startup, dukungan pengembangan prototype produk, dan kesempatan untuk mempresentasikan model bisnis kepada venture capital.

Baca Juga: Bilqis Jadi Murid Sekolah Elit, Intip Bekal Makanan yang Disiapkan Ayu Ting Ting

Dalam proses seleksi, mahasiswa atau alumni dapat mengajukan proposal ide bisnis kecantikan dan portofolio pribadi paling lambat 31 Januari 2022 ke smkt@cosmax.co.id.

lifestyle

Bilqis Jadi Murid Sekolah Elit, Intip Bekal Makanan yang Disiapkan Ayu Ting Ting

Anak Ayu Ting Ting, Bilqis Khumairah Razak bersekolah di Kinderfield Highfield School.

lifestyle

Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Ashanty tampak antusias saat menyantap tiramisu kesukaan Shah Rukh Khan.

lifestyle

5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Konsumsi biji pepaya juga baik kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

lifestyle

5 Zodiak Paling Hati-Hati Menjalani Hidup, Selalu Waspada Setiap Waktu

Beberapa zodiak ini cenderung lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

lifestyle

8 Arti Mimpi Mendadak Jatuh Miskin, Pertanda Rendah Diri?

Apa yang membuat seseorang bisa tiba-tiba mimpi jatuh miskin?

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.