lifestyle

Raih Omzet 20 Juta Per Bulan dari Modal 4 Juta Berkat Usaha Songkolo

Simak kisah inspiratif mitra usaha binaan Amartha sekaligus pemilik Rumah Songkolo yang tinggal di Makassar, Sulawesi Selatan, ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 16 Maret 2022 | 07:56 WIB

Bisakah ibu rumah tangga yang tinggal di pedesaan mendapatkan omzet puluhan juta dalam sebulan? Andi Rabiatul Adawiyah adalah salah satu bukti nyata bahwa ibu rumah tangga yang tinggal di desa bisa mendapatkan omzet puluhan juta jika mendapat akses modal usaha.

Mau tau tips bisnis ala Ibu Rabiatul? Yuk, kita simak obrolan tim Dewiku.com dengan Ibu Rabiatul berikut ini.

Apa jenis usaha Ibu Rabiatul dan bagaimana awalnya?

Baca Juga: Almira Yudhoyono Disarankan Ikut Ajang Puteri Indonesia, Memang Syaratnya Apa Saja?

Saya membuka usaha Warung Songkolo sejak tahun 2019. Songkolo tuh makanan khas makassar berupa ketan yang ditaburi ikan teri, serundeng, dan sambal. Saya menjalani usaha ini bersama suami.

Tapi, awalnya kami nggak yakin usaha ini bisa laris manis. Selain sulit mendapat modal dari bank, lokasi usaha ini terletak di gang sempit terpencil. Jarang ada pembeli yang mampir.

Lalu bagaimana mengatasi kendala itu?

Baca Juga: Kala Putri Marino Ditanya Soal Wangi Tubuhnya: Elegan dan Bunga

Saya dapat info dari teman, ada fintech yang mau kasih pinjaman untuk modal usaha, namanya Amartha. Saya pun memberanikan diri untuk pinjam 4 juta.

Saya pilih Amartha, karena ini bukan pinjol ilegal, petugasnya pun ramah, serta konsepnya tanggung renteng. Artinya, kita kalau mau pinjam di Amartha harus membentuk kelompok usaha, supaya bisa sukses bareng-bareng.

Apakah pandemi memberi dampak terhadap usaha Ibu?

Wah, pandemi luar biasa berat bagi kami. Warung saya pernah selama 2 bulan tidak ada pembeli sama sekali. Saya bingung harus membayar kebutuhan hidup dan membayar cicilan saya ke Amartha. Tapi, Amartha baik sekali, karena tetap mendampingi usaha saya dan memberikan keringanan untuk UMKM.

Lalu apa yang Ibu lakukan untuk kembali bangkit?

Saya kepikiran untuk buka warung selama 24 jam, saya jaga bergantian dengan suami. Hasilnya lumayan. Ada beberapa pelanggan yang doyan jajan justru di tengah malam. Saya pun dapat penghasilan. Tapi tetap saja masih belum mencukupi.

Akhirnya saya coba untuk memanfaatkan kanal online. Saya kerja sama dengan penyedia jasa pesan antar makanan online. Dari situlah usaha saya bangkit.

Tapi itu pun tidak langsung membaik. Di awal kerja sama, warung saya ada di bagian bawah dari aplikasi. Jadi orang harus scroll jauh ke bawah untuk bisa beli makanan saya.

Wah, bagaimana menyiasati itu sehingga warung Ibu bisa jadi top seller?

Untuk bisa jadi top seller di aplikasi itu, kita harus meningkatkan rating. Semakin banyak rating bagus dari pembeli dan mitra ojek online, semakin mudah warung kita dilihat orang.

Jadi, saya buat pojok khusus ojol di warung. Mereka bisa minum teh dan kopi gratis. Bahkan saya sering kasih mereka songkolo gratis. Alhasil, warung saya jadi tempat nongkrong ojek online dan mereka senang dengan pelayanan warung saya.

Rating pun kian meningkat, baik dari ojol maupun pembeli. Sekarang, warung saya kebanjiran pesanan berkat inovasi ini.

Berapa omzet Ibu saat ini?

Omzet saya paling besar dari aplikasi online ini. Mencapai 20 - 30 juta rupiah per bulan. Saya bersyukur dapat pinjaman modal dari Amartha, serta didampingi terus di masa sulit, tidak ditagih dengan cara yang kasar.

Saya akan kembali meminjam modal di Amartha untuk membuka cabang usaha di daerah lain dan merekrut ibu-ibu untuk bisa membantu mereka mencari nafkah. Semoga semakin banyak orang yang mau modalin UMKM lewat Amartha, karena dampaknya sangat terasa bagi kami.

Nah, itu dia obrolan dengan CEO UMKM Amartha, Ibu Rabiatul, pedagang kuliner songkolo. Ternyata, perempuan itu bisa banget sukses ya, kalau diberi kesempatan akses modal sekaligus pendampingan yang baik.

Baca Juga: Perjalanan Cinta Syahrini dan Reino Barack yang Baru Rayakan Anniversary Pernikahan ke-5

Ayo Modalin jutaan perempuan pengusaha mikro lainnya lewat Amartha. Kamu bisa modalin mulai dari 100 ribu aja, dan mendapat keuntungan hingga 15% flat per tahun. Dengan 100 ribu rupiah, kita ciptakan jutaan peluang lainnya!

lifestyle

5 Zodiak Paling Polos dan Tak Pernah Mementingkan Diri Sendiri, Kamu Salah Satunya?

Nah ternyata, ada beberapa zodiak yang dikenal memiliki sifat polos, lugu, serta tak mementingkan dirinya sendiri.

lifestyle

Perempuan Lebih Ceroboh saat Berkendara, Mitos atau Fakta?

Apakah perempuan memang selalu bikin waswas saat mengendarai mobil atau motor?

lifestyle

Wulan Guritno Konsisten Jalani Gaya Hidup Sehat, Ini Kuncinya

Apa yang membuat Wulan Guritno bisa konsisten menjalani gaya hidup sehat?

lifestyle

Bukan Sedot Lemak, Begini Cara Marion Jola Menurunkan Berat Badan

Terlihat semakin langsing, banyak orang menduga Marion Jola sedot lemak, padahal tidak begitu.

lifestyle

7 Arti Mimpi Mendaki Gunung, Siap-Siap Hadapi Rintangan Hidup

Pernah melakukan pendakian gunung dalam mimpi? Cari tahu arti mimpi mendaki gunung.

lifestyle

Sambut Ramadan, 7 Tips Orang Tua Ajak Anak Belajar Puasa

Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengajari si kecil puasa di bulan Ramadan.