lifestyle

Disrupt Beauty 2030, Inilah Beberapa Inovasi Unik Anak Bangsa dalam Dunia Kecantikan

Selangkah lebih dekat untuk mengikuti final internasional di Prancis, tiga tim pemenang final nasional LOral Brandstorm 2022 telah terpilih untuk mewakili Indonesia.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Minggu, 10 April 2022 | 09:54 WIB

Kompetisi inovasi terbesar berskala dunia, L’Oréal Brandstorm kembali digelar di Indonesia dengan mengusung tema "Disrupt Beauty 2030". Brandstorm di Indonesia tahun ini diikuti lebih dari 1.500 peserta.

Ada 12 tim yang terpilih untuk bertanding di babak final nasional. Setelah melalui serangkaian proses seleksi awal sejak bulan Februari, akhirnya dipilih tiga tim sebagai pemenang L’Oréal Brandstorm 2022 dari tiga kategori yang dipertandingkan.

Pada kategori Inclusion, terpilih tim Stealth Squad dari Institut Teknologi Bandung dengan inovasinya SunQuare terkait sinar UV untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif terhadap matahari seperti pengidap albino dan vitiligo.

Baca Juga: Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Pada kategori Tech, ada tim Mon Soleil dari Institut Teknologi Bandung dengan inovasinya HyperSync yang menghubungkan hormon dengan kebutuhan kulit melalui teknologi.

Selanjutnya pada kategori Green, tim Musaceae dari Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L) dinobatkan menjadi pemenang dengan inovasinya dalam menggunakan Banana Pseudostem dalam memberikan alternatif baru untuk kertas minyak yang terbuat dari selulosa.

Ketiga tim ini nantinya akan mewakili Indonesia untuk bersaing dengan pemenang nasional dari negara lainnya. Mereka bakal mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari para ahli di bidangnya agar semakin siap untuk tahap semifinal internasional pada Mei mendatang.

Baca Juga: Bongkar Ini Tas Hermes Ayu Ting Ting, Ruben Onsu: Sama Kayak Gue

Selangkah lebih dekat untuk mengikuti final internasional di Prancis, tiga tim pemenang final nasional L’Oréal Brandstorm 2022 telah terpilih untuk mewakili Indonesia. (Istimewa)

"Melalui L’Oréal Brandstorm kami ingin memberdayakan para pembawa perubahan di masa depan, mereka yang mendorong transisi sosial dan lingkungan utama untuk masa depan. Melalui tema L’Oréal Brandstorm 2022 'Disrupt Beauty 2030', kami berharap para peserta dapat membawa inovasi sebagai solusi masa depan untuk permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kecantikan," ujar Umesh Phadke, President Director L’Oréal Indonesia, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, baru-baru ini.

"Inovasi yang datang dari peserta tahun ini sangat luar biasa kreatif. Kami berharap ketiga tim pemenang dapat mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. L’Oréal Indonesia akan terus memberikan semangat dan dukungan bagi para perwakilan Indonesia di L’Oréal Brandstorm 2022," tambah Umesh.

Merayakan 30 Tahun L’Oréal Brandstorm

Sejak diadakan pertama kali secara internasional pada tahun 1992, dan di Indonesia pada tahun 2009, L’Oréal Brandstorm telah berkembang menjadi kompetisi internasional yang bergengsi bagi mahasiswa di seluruh dunia. Hingga saat ini, di Indonesia, sudah ada sebanyak 8.567 peserta yang telah mengikuti kompetisi Brandstorm hingga tahun 2022 dan salah satunya berhasil keluar sebagai pemenang internasional final pada tahun 2019.

L’Oréal Brandstorm tidak hanya menjadi ajang untuk menemukan talenta terbaik di Indonesia, tetapi juga untuk membantu mereka dalam mengasah potensi dan kemampuan mereka.

"Sejak awal diadakan, kami secara konsisten menjalankan program ini untuk menemukan talenta-talenta berprestasi, para calon pemimpin di masa depan dengan berbagai latar belakang keahlian. Tahun ini, kompetisi L’Oréal Brandstorm 2022 menawarkan edisi yang lebih menarik dan inklusif, di mana kami membuka kesempatan yang lebih luas bagi para pembawa perubahan masa depan Indonesia untuk dapat memberikan inovasi kecantikan yang dapat menggerakkan dunia," jelas Yenita Oktora, Chief Human Resources Officer L’Oréal Indonesia.

L’Oréal Brandstorm 2022 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya, kompetisi dibuka luas bagi masyarakat Indonesia hingga usia 30 tahun dan dari semua bidang studi, di mana sebelumnya hanya untuk mahasiswa. Tahun ini juga ada tiga kategori yang dipertandingkan, diambil dari tiga masalah sosial utama, yaitu inclusion track – mengemukakan produk dan jasa yang dapat mendukung inklusivitas di dunia kecantikan; green track – menciptakan sebuah solusi bagi bidang kecantikan agar semakin keberlanjutan; dan tech track – merevolusi dunia kecantikan dengan bantuan teknologi.

Baca Juga: Ternyata Ini Media Sosial Favorit Gen Z, TikTok atau Bukan?

"Kami berharap kompetisi L’Oréal Brandstorm dapat terus menjadi wadah bagi para talenta terbaik yang ada di dunia, termasuk Indonesia, untuk dapat terus berinovasi, membawa perubahan ke arah yang semakin maju dan menjawab berbagai tantangan dunia di masa sekarang dan masa depan. Bersama-sama menggerakan Indonesia dan dunia melalui kecantikan," tutup Yenita.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

5 Resep Kue Bawang Renyah, Camilan Gurih di Hari Lebaran

Mau bikin kue bawang sendiri di rumah? Simak resep di bawah ini!

lifestyle

Senyuman 4 Zodiak Ini Paling Gampang Bikin Hati Meleleh, Gemas Banget!

Beberapa zodiak disebut memiliki senyuman imut menggemaskan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?