lifestyle

Jenis-Jenis Olahraga untuk Pemula

Apa saja jenis-jenis olahraga yang cocok untuk pemula?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 27 Desember 2022 | 10:31 WIB

Tahun 2023 sebentar lagi akan kita jelang. Bagaimana dengan resolusi tahun 2022? Apakah semuanya tercapai? Bagaimana dengan resolusi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda? Ikut tercapai juga? Jika belum, tidak perlu berkecil hati. Di tahun 2023 nanti, Anda bisa memulainya kembali. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan Anda sebagai pemula. Jika dirutinkan, kesehatan dan kebugaran tubuh Anda akan mengalami peningkatan.

Sebelum Anda mulai melakukan olahraga, ada baiknya Anda mempersiapkan segala macam perlengkapannya. Dari mulai outfit hingga peralatan olahraganya. Misalnya saja produk-produk dari Brand Happyfit. Dijamin, memulainya dengan mengumpulkan perlengkapan-perlengkapan olahraga tersebut, Anda pasti akan jadi semangat dalam berolahraga nantinya.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan Anda sebagai pemula. Anda bisa memulainya dari rumah, dan lalu nanti beranjak ke luar rumah. Apa sajakah jenis-jenis olahraga tersebut?

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

1. Push Up

Anda pasti tahu dengan olahraga yang satu ini. Ya, push up termasuk ke dalam jenis olahraga untuk Anda sebagai pemula. Sebuah gerakan olahraga dasar yang bisa memperkuat otot tangan, khususnya otot bisep dan trisep di lengan kamu. Anda bisa melakukan gerakan push up ini di rumah atau di mana pun Anda berada.

Pastikan posisi Anda sudah benar saat akan melakukan gerakan ini. Anda menghadap ke lantai layaknya tengkurap, akan tetapi tubuh ditopang oleh kaki yang tegak dan lurus, dengan telapak tangan yang menyentuh lantai. Berikutnya, Anda akan gerakan tubuh secara turun dan naik secara bergantian dengan posisi melipat dan juga meluruskan bagian tangan. Perempuan ataupun laki-laki bisa melakukan gerakan ini.

Baca Juga: Tes Kepribadian Julid, Ini Link Google Form yang Viral di TikTok

2. Sit Up

Gerakan olahraga dasar yang satu ini juga cocok dilakukan untuk pemula. Seperti halnya push up yang tak perlu menggunakan alat, sit up juga demikian. Anda pun bisa melakukannya di mana saja.

Sit up bisa mengencangkan otot bagian perut. Gerakan sit up bertumpu di bagian pinggul dan juga pantat. Anda menghadapnya ke lantai. Sementara wajah harus melihat ke langit-langit. Lalu bagian kedua kaki ditekuk. Gerakkan pinggul ke atas secara naik turun. Persis orang tidur dan lalu bangun. Sit up yang dilakukan secara berulang-ulang dan rutin, bisa meningkatkan tingkat kebugaran tubuh Anda.

3. Naik Turun Kursi

Olahraga lainnya untuk pemula, yang bisa dilakukan di rumah, atau di kantor, adalah naik turun kursi. Jadi, kaki Anda digerakkan bergantian. Selain meningkatkan kekuatan dari otot kaki Anda, olahraga ini juga bisa membuat Anda lebih bugar.

4. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga juga termasuk ke dalam olahraga untuk pemula. Kegiatan ini akan memperkuat otot kaki, seperti halnya naik turun kursi. Akan tetapi, selain memperkuat otot kaki, naik turun tangga juga bisa memperkuat otot jantung. Apalagi jika dilakukan secara cepat. Jika dilakukan secara rutin di rumah maupun di kantor, kebugaran Anda pun bisa meningkat.

5. Squat

Anda tahu apa itu olahraga squat? Ya benar, squat merupakan olahraga yang membuat otot paha dan otot kaki bergerak secara aktif. Gerakannya dimulai dari Anda yang berdiri, kemudian kaki direnggangkan hampir sejajar bahu. Kemudian, lipat kaki dan lalu turunkan badan layaknya Anda sedang duduk setengah jongkok, membentuk 90 derajat. Tapi ketika itu, tubuh bagian atas digerakkan agak condong ke arah depan di mana punggung diluruskan. Begitu seterusnya dan lakukan secara berulang-ulang.

6. Wall Sit

Gerakan olahraga yang satu ini sangat mirip dengan squat. Namun Anda hanya perlu tembok sebagai penopang tubuh. Sebab setelah berdiri dengan tegap, tubuh akan menempel ke tembok. Persis seperti squat, di mana kaki melipat layaknya duduk. Kedua kaki dilangkahkan ke depan lebih dahulu, kemudian menekuk lutut dengan sudut 90 derajat. Punggung posisinya tetap menempel di tembok secara tegak.

Olahraga Wall Sit yang dilakukan secara berulang-ulang akan memberi Anda manfaat di dalam memperkuat otot kaki

7. Jumping Jacks

Gerakan olahraga ini bisa disebut sebagai olahraga melompat. Awalnya, Anda hanya perlu berdiri dengan tegap dan kaki rapat. Lalu Anda melompat sambil menggerakan tangan ke arah atas sementara kaki melebar.

Jumping Jacks yang dilakukan secara rutin banyak manfaatnya. Misalnya saja meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, membakar kalori, dan bisa mamicu pertumbuhan tulang serta otot ke atas.

8. Berlari

Berlari juga termasuk ke dalam olahraga untuk pemula. Tentu, jika Anda merupakan pemula, berlari di sini dilakukan secara pelan-pelan dengan jarak yang pendek dulu. Barulah jika Anda semakin kuta, Anda bisa mempercepat lari Anda dan menambah jarak Anda.

Berlari yang rutin bisa menguatkan otot kaki, kesehatan dan kebugaran, membakar lemak, dan juga memperkuat otot jantung.

9. Senam Aerobik

Olahraga terakhir yang bisa dilakukan pemula adalah senam aerobik. Jika Anda pemula sekali, pilih senam aerobik yang low impact. Nah jika Anda semakin kuat, Anda bisa meningkat ke senam aerobik yang high impact.

Olahraga senam aerobik bisa menguatkan otot jantung, menambah kesehatan dan kebugaran, serta bisa membakar lemak.

Itu dia jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh pemula. Ayo kuatkan niat, dan lakukan secara rutin. Jadikan hidup yang lebih sehat dan bugar sebagai salah satu resolusi Anda di tahun 2023 nanti.

Baca Juga: Bos MS Glow Lebaran di Malang, Ketahuan Pakai Sandal Rp150 Juta

Anda memerlukan outfit dan perlengkapan untuk olahraga? Ayo buka aplikasi Blibli Anda. Di sana berbagai perlengkapan olahraga yang Anda butuhkan tersedia. Harganya juga terjangkau. Belanja di Blibli aman dan nyaman!

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.

lifestyle

8 Arti Mimpi Burung Gagak, Kerap Dikaitkan dengan Kabar Kematian

Apakah kamu pernah bermimpi melihat burung gagak hitam?