lifestyle

Alasan Kenapa Milenial Suka Berkencan dengan yang Lebih Tua

Kamu lebih suka pasangan yang lebih muda atau lebih tua?

Angga Roni Priambodo
Minggu, 11 November 2018 | 08:15 WIB

Sekarang nampaknya generasi milenial tak malu-malu lagi memperlihatkan preferensi jodohnya pada yang lebih tua. Tak hanya wanita, tapi juga pria.

Dilansir dari Business Insider, aplikasi kencan daring,  Badoo merilis sebuah studi yang menemukan bahwa di antara 10.500 pengguna, 26 persen dari 18 hingga 24 tahun akan berkencan dengan seseorang di atas 35.

Ini berlaku untuk pria maupun wanita. Sembilan persen pria mengungkapkan mereka akan berkencan dengan seseorang yang 20 tahun lebih tua sementara hampir sepertiga wanita telah berkencan dengan seseorang yang 10 tahun lebih tua.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Preferensi ini dikaitkan dengan lebih banyak visibilitas pasangan terkenal dalam hubungan dengan perbedaan usia yang besar, kata Abbie Moujaes, pakar kencan Badoo untuk Business Insider.

Contoh yang diberikan adalah Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Brigitte istri (selisih 25 tahun) dan George dan Amal Clooney (selisih 17 tahun).

Ilustrasi pasangan kekasih. (Pixabay)

Menurut Abbie Moujaes, salah satu faktor pemicunya adalah mencari stabilitas.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

''Berkencan dengan seseorang yang lebih tua dapat dilihat sebagai jalur cepat menuju kehidupan yang stabil, yang bagi banyak generasi milenium menarik,'' kata Moujaes.

Preferensi semacam itu tidak eksklusif untuk Badoo. Menurut laporan yang diterbitkan pada Februari 2018, aplikasi kencan online Zoosk menemukan pada tahun 2017 bahwa sementara 60 persen pria lebih memilih wanita yang lebih muda, 27 persen pria tertarik pada wanita yang lebih tua.

Situs kencan EliteSingles, yang mensurvei lebih dari 450.000 anggota pada tahun 2015 juga menemukan bahwa pria berusia antara 20 hingga 29 tahun mengatakan mereka baik-baik saja dengan mengencani seorang wanita yang 10 tahun lebih tua. Namun, wanita pada usia yang sama tidak ingin berkencan dengan seseorang yang melewati angka tiga tahun lebih muda.

Priyanka Chopra dan Nick Jonas. (Instagram/@priyankachopra)

Psikolog Sam Owen mengatakan satu alasan pria yang lebih muda lebih menyukai wanita yang lebih tua adalah perubahan peran jender dalam masyarakat modern.

''Para pria muda dewasa ini mungkin juga mengakui bahwa wanita yang lebih tua mahir dan rajin menyulap begitu banyak tanggung jawab (karier, anak-anak, rumah tangga, kebugaran, keuangan, bersosialisasi), yang membuat mereka menarik dan menjadi pilihan yang lebih aman,'' katanya.

Banyak selebritis wanita terkenal pun juga menghilangkan stigma tersebut. Sebut saja Kourtney Kardashian dan Luka Zabbat yang berselisih usia 19 tahun.

Baca Juga: 20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Jangan lupakan juga Priyanka Chopra. Meski berusia 36 tahun ia dengan senang hati bertunangan dengan Nick Jonas yang baru berusia 25 tahun.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.

lifestyle

5 Zodiak Paling Boros saat Banyak Uang, Kelakuannya Hedon Banget

Beberapa zodiak ternyata punya kecenderungan jadi terlalu boros saat merasa banyak duit.