lifestyle

Viral Pernikahan Dini, Bocah SD Dipaksa Nikahi Anak SMP

Pernikahan dini yang katanya demi menghindari zina.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 11 Februari 2019 | 09:30 WIB

Pernikahan dini memang masih kerap terjadi di Indonesia. Hal yang umumnya dijadikan alasan umumnya nggak jauh-jauh dari ‘mengindari omongan tetangga’ atau ‘menghindari zina’. Padahal anak-anak jelas belum siap secara mental maupun fisik untuk menjalani pernikahan dan tekanan rumah tangga. Mereka harus memikirkan perkara orang dewasa di usia dini.

Salah satu pernikahan dini yang bikin heboh belakangan ini terjadi di Desa Binjai Punggal Kecamatan Halong, Kalimantan Selatan. Dilansir dari Keepo.me ---jaringan Suara.com, mempelai pria berinisial AD (14) dan masih duduk di bangku SD, sedangkan pasangannya adalah perempuan berinisial Dy (15) yang duduk di bangku SMP.

Berdasarkan penuturan Ibu Dy, pernikahan tersebut dilakukan karena kedua anak ini sering jalan-jalan dan keluar malam-malam sehingga menimbulkan anggapan miring dari orang kampung. Ketimbang orangtua terus ditegur oleh orang tua lain di kampung, lebih baik mereka dijadikan pasangan suami istri sekalian.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Sang ibu berkata bahwa pernikahan dilakukan untuk menghindarkan dosa. Di sisi lain, pihak keluarga AD sudah berusaha untuk memisahkan mereka berdua tapi pasangan remaja itu malah semakin lengket.

AD justru nekat kabur bersama Dy ke rumah teman dan bahkan sampai sempat tinggal di hutan. Hal itu dilakukan untuk membuktikan kepada keluarga bahwa cinta mereka tidak bisa dipisahkan.

Ilustrasi pernikahan dini. (Unsplash/Ben Waardenburg)

 

Baca Juga: Demo Bar and Bistro, Tempat Nongkrong di Jakarta yang Terus Berinovasi Demi Pengalaman Kuliner Terbaik

''Melihat kondisi ini ya sudah lah. Setelah mendapat masukan dari masyarakat, tokoh agama setempat dan kerabat, akhirnya kami sepakat mengikat keduanya dalam tali pernikahan yang diridhoi Tuhan,'' ujar sang ayah AD.

Ayah AD membantah kabar miring yang mengatakan bahwa pernikahan dini dilakukan karena pengantin perempuan sudah hamil duluan. Pernikahan murni dilakukan karena melihat cinta kedua bocah tersebut dan juga untuk menghindari fitnah serta zina.

Undangan pernikahan. (Unsplash/Micheile Henderson)

 

AD sendiri mengaku bahwa sebelum menikah, dia sudah pacaran selama 5 bulan dengan Dy. Walau masih duduk di bangku SD, dia menegaskan akan berjuang keras dalam menafkahi keluarganya. AD bakal mengerjakan apapun selama itu adalah pekerjaan yang halal dan untuk sementara, dia akan menjadi penyadap karet.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Balangan, Ainani, menyatakan akan mengusahakan pernikahan dini tersebut mendapat pengakuan sah dari negara. Pihaknya juga bakal mengupayakan kedua bocah itu menjalani penyetaraan pendidikan lewat sistem paket, mengingat sekolah formal tidak bisa menerima siswa yang sudah menikah.

 

Baca Juga: Rayyanza Beli Popcorn Raksasa di London, Ini Fakta Menariknya

Artikel ini sudah dipublikasikan sebelumnya di Keepo.me dengan judul ''Demi Menghindari Zinah, Kedua Bocah SD dan SMP ini Akhirnya Dipaksa Kawin Sama Ortunya!''

lifestyle

Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Lokasi bunga bangkai sendiri terletak di Kebun Raya Cibodas, bersebelahan dengan Taman Lumut.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.