lifestyle

Bisa Uring-uringan Juga, Kenali 3 Tanda Pria Cemburu

Apa saja tanda yang bisa diamati saat pria cemburu?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Rabu, 03 Juli 2019 | 06:00 WIB

Cemburu tentu menjadi hal wajar dalam sebuah hubungan percintaan. Bukan cuma wanita yang sering merasakannya, pria juga.

Dikutip dari Hellosehat, cemburu bukan suatu perasaan yang dapat Anda atur. Perasaan ini muncul secara alami dan dapat terjadi pada semua orang.

Kecemburuan muncul karena adanya keinginan menutupi perasaan dan sikap orang lain yang Anda anggap menyakitkan. Biasanya, hal ini terjadi akibat adanya rasa malu, tidak aman, dan kepemilikan yang hadir di dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, Anda jadi sering merendahkan dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Baca Juga: Koleksi Jam Tangan Mewah, Ini Merek Favorit Dian Sastrowardoyo

Ketidakpercayaan diri sering menjadi akar dari munculnya perasaan cemburu, baik dalam hubungan asmara maupun lainnya.

Walau tidak berbahaya, perasaan yang sering dinilai sebagai tanda cinta ini sebenarnya bisa berpengaruh besar terhadap hubungan Anda. Jadi, sangat penting mengetahui ciri-ciri cemburu, terlebih pada pria yang cenderung tidak suka terlalu terbuka dengan perasaannya.

Masih mengutip dari Hellosehat, inilah beberapa tanda pria sedang cemburu berat.

Baca Juga: Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Ilustrasi pasangan cemburuan. (Shutterstock)

1. Suka menuduh tidak jelas

Salah satu pemicu cemburu adalah rasa cemas dan takut. Kalau seorang pria merasa tidak aman dan takut dalam hubungan asmara, kebiasaan menuduh pasangannya menjadi sering dilakukan. Si pria merasa tidak berdaya dan menyebabkan mereka membuat tuduhan yang tidak berdasar.

Misalnya, Anda sering bepergian dengan rekan kerja yang memang masih dalam satu tim dan harus sering bersama-sama. Sayangnya menurut pasangan, Anda terlalu banyak menghabiskan waktu dengan teman itu.

Nah, dari situlah muncul berbagai spekulasi dan tuduhan tidak jelas, seperti kemungkinan Anda berbohong hingga tuduhan selingkuh.

Jika tanda ini sudah muncul, bisa jadi memang pria tersebut mulai terbakar cemburu. Biasanya dia akan minta untuk terus diyakinkan bahwa Anda hanya mencintai dirinya.

Ilustrasi pasangan cemburu dan curiga. (Shutterstock)

2. Muncul sifat posesif

Posesif merupakan sifat seseorang yang senang membatasi gerak-gerik pasangannya. Anda wajib selalu melapor, ke mana pun Anda pergi dan bersama siapa saja. Jika diamati dengan saksama, sifat posesif ini sering menjadi sumber masalah dari pertengkaran Anda berdua.

Tentu saja Anda lama-lama akan merasa gerah mempunyai pasangan posesif. Akibatnya, kalian akan sering bertengkar karena Anda merasa perlu memperjuangkan kebebasan diri sendiri.

Walaupun terlihat tidak berbahaya, Anda juga mesti waspada karena posesif bisa menjadi awal mula hubungan tidak sehat.

Apabila pria yang Anda cintai mulai suka mengatur cara berpakaian hingga membatasi komunikasi dengan lingkungan pertemanan Anda, waspadalah. Batasan memang berguna untuk menciptakan kenyamanan di antara kalian tapi tentu hal ini membuat Anda merasa terkekang jika berlebihan.

Pasangan cemburu. (Shutterstock)

3. Mengasingkan Anda dengan orang lain
 
Salah satu tanda pria sedang cemburu berat adalah mulai menjauhkan Anda dengan orang lain, khususnya lawan jenis. Dia tidak mau Anda menghabiskan waktu dengan siapa pun, termasuk keluarga dan teman.

Dia menginginkan Anda hanya untuk dirinya saja. Perilaku tersebut juga dilakukan agar Anda tidak lagi punya tempat bernaung selain dirinya.

Jika Anda bertengkar dengan pasangan, tentu saja Anda akan mencari orang lain untuk dimintai saran. Nah, hal yang paling pria takutkan adalah adanya orang lain yang menyarankan Anda untuk meninggalkan dia. Oleh karena itu, ‘pengasingan’ dilakukan agar pasangan mempunyai kontrol penuh atas diri Anda.

Baca Juga: Demo Bar and Bistro, Tempat Nongkrong di Jakarta yang Terus Berinovasi Demi Pengalaman Kuliner Terbaik

Jika pasangan cemburu, salah satu solusinya adalah membicarakan masalah dengan baik dan tenang berdua. Anda berdua juga dapat membuat aturan bersama terkait komitmen dan hubungan kalian.

lifestyle

Cantiknya Bunga Bangkai Jenis Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas!

Lokasi bunga bangkai sendiri terletak di Kebun Raya Cibodas, bersebelahan dengan Taman Lumut.

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

Balikan dengan Mantan Pacar? 4 Zodiak Ini Mau Berikan Kesempatan Kedua

Ada beberapa zodiak yang cenderung tak ragu balikan dengan mantan pacarnya.

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?