Sabtu, 31 Oktober 2020
Rima Sekarani Imamun Nissa : Selasa, 14 Juli 2020 | 14:00 WIB

Dewiku.com - Berkenalan dengan anggota keluarga pasangan mungkin membikin banyak orang merasa sangat gugup dan galau. Bukannya memperlancar hubungan asmara, perkara baru juga bisa saja muncul kalau ternyata merasa tak cocok dengan mereka.

Meski pasangan tak mengatakan apapun, pada dasarnya dia ingin dirimu memiliki hubungan yang baik dengan keluarganya. Jika yang terjadi malah sebaliknya, merangkum Boldsky, inilah beberapa hal yang dapat dilakukan.

1. Bicarakan hal ini dengan pasangan

Sebaiknya, beri tahu pasanganmu apa yang membuat kamu tak menyukai keluarganya, misal kebiasaan mereka mengabaikanmu atau karena mereka merasa kamu tak cocok untuk pasanganmu. Ini bakal menghilangkan kemungkinan adanya kesalahpahaman.

Ilustrasi piknik di taman kota. (Pixabay/Free-Photos)

2. Kamu butuh ide kreatif untuk pendekatan

Kamu mungkin perlu mencoba mengunjungi mereka 1-2 kali sebulan. Agar tak membosankan, cobalah menghabiskan waktu bersama dengan piknik atau jalan-jalan bersama mereka. Biar merasa lebih nyaman, kamu tentu saja bisa melibatkan pasanganmu.

3. Tetapkan batas sehat

Sedekat apapun, membangun batasan yang sehat tetap perlu dilakukan. Misalnya, ibu pasanganmu atau calon mertua tampak mencoba terlalu ikut campur atau mengendalikan hubungan kalian dan sering kali memaksakan kehendak, kamu tidak harus menurutinya.

4. Bersikap baik dan sopan

Bukan kemarahan dan kebencian, cara terbaik untuk memenangkan hati mereka adalah bersikap baik dan sopan. Meski tak suka, cobalah berperilaku lembut. Mungkin itu bisa membuat mereka merasa lebih nyaman dan percaya padamu.

5. Cobalah membiasakan diri dengan budaya dan tradisi keluarga pasangan

Keluarga pasangan mungkin memandangmu buruk kalau kamu tak bisa membaur dengan mereka atau tampak tidak tertarik dengan berbagai kebiasaan tertentu dalam keluarga pasangan. Jika memang perlu, tidak ada salahnya belajar memahami tradisi mereka, termasuk preferensi makanan, busana, dan lainnya.

Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)

6. Menghargai upaya mereka

Misalnya, walau kamu mungkin tak terlalu cocok dengan hidangan yang mereka sajikan, makanlah dengan baik, kecuali jika memang ada bahan tertentu yang membuatmu alergi. Hargai kerja keras mereka.

7. Beri mereka hadiah

Kamu mungkin merasa tak cocok tapi tetap ingin berusaha karena bagaimana pun mereka adalah keluarga pasangan tercinta. Salah satu caranya adalah memberi hadiah ketika orang tua pasanganmu ulang tahun atau perayaan apapun. Kamu juga dapat membawa sedikit buah tangan setiap kali datang berkunjung.

8. Jangan berkata buruk tentang keluarga pasangan

Bahkan kalau kamu sungguh-sungguh tidak dapat membangun hubungan baik dengan keluarga pasanganmu, jangan pernah menjelek-jelekkan mereka di belakang. Pasanganmu sangat mungkin jadi tersinggung dan berpikir bahwa kamu bukan orang yang baik.

Jangan bergosip dan sembarangan menyebarkan aib. Lebih baik bicarakan langsung ketidaknyamanan itu dengan pasanganmu atau anggota keluarganya saja.

BACA SELANJUTNYA

Ramalan Zodiak 16 Oktober 2020: Walau Pasangan Berulah, Leo Tidak Marah