lifestyle

Bantu Pasangan Kawin Lari, Layanan Toko Serba Ada di India Banyak Diminati

Puluhan pasangan kawin lari dibantu oleh toko serba ada ini.

Nur Khotimah
Rabu, 28 Juli 2021 | 15:00 WIB

Menikah tanpa restu orangtua bagi sebagian pasangan mungkin bukan keputusan yang baik. Tapi ada juga pasangan yang tetap nekat meresmikan cinta mereka meski tanpa restu orangtua. Biasanya mereka kawin lari.

Di India, pasangan yang ingin kawin lari bisa meminta bantuan dari "toko" khusus. South China Morning Post (SCMP) melaporkan toko layanan ini sedang booming dan digemari di India.

Wilayah yang cukup banyak memanfaatkan layanan ini adalah negara bagian Uttar Pradesh, Punjab, dan Haryana. Beberapa wilayah ini masih didominasi kasta dan komunitas.

Baca Juga: Kebiasaan Nagita Slavina Disorot, Waspadai 5 Penyakit yang Menular lewat Air Liur

Pernikahan atas dasar cinta dianggap sebagai bentuk pemberontakan di wilayah itu. Pasangan yang menikah pun bisa diasingkan dan disiksa oleh keluarga jika nekat melakukannya.

Oleh karena itu, banyak pasangan yang memutuskan untuk kawin lari dan memanfaatkan layanan toko khusus ini. Tentu saja layanan ini tidak gratis.

Ilustrasi pernikahan India. (Unsplash/Jayesh Jalodara)

Pasangan bisa dikenai biaya antara 7.000 sampai 21.000 Rupee (sekitar Rp1,4-Rp4 juta). Tarifnya tergantung jenis pernikahan, misalnya antar kasta, agama, atau pernikahan yang melibatkan penduduk non-India.

Baca Juga: Dipuji Semakin Kalem, Intip 5 Gaya Busana Tasyi Athasyia

Salah satu agen toko yang menyediakan layanan ini adalah Ram Sevak. Pria yang berasal dari Panchkula mengaku sudah menjalankan bisnisnya selama 10 tahun terakhir.

Layanan yang disediakan Ram Sevak menyebar dari mulut ke mulut. Tidak tanggung-tanggung, dirinya bisa menangani puluhan pasangan kawin lari dalam satu bulan.

Sosok lain yang terlibat langsung dalam layanan toko kawin lari adalah pengacara hak-hak sipil asal Delhi, Pratiksha Parikh. Dia biasanya membantu pasangan untuk mendapatkan dokumen legal.

Ilustrasi pengantin wanita India. (Unsplash/Alok Verma)

"Agar tidak menarik perhatian dan menuai kecaman yang tak diinginkan, banyak pasangan semakin memilih kawin lari dan melakukan pernikahan rahasia," kata Pratiksha Parikh dilansir SCMP, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu, paket yang disediakan "toko" khusus pasangan kawin lari ini juga bermacam-macam. Paket yang paling standar meliputi upacara di kuil lokal.

Ada juga paket yang lebih mahal. Paket ini termasuk forografer dan pengacara yang membantu pasangan mendapat dokumen pernikahan sebagai modal pengajuan permohonan perlindungan.

Baca Juga: Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Tak sampai di situ saja, beberapa penyedia jasa bahkan menyediakan rumah khusus yang bisa dijadikan "tempat persembunyian" pasangan tersebut selagi menunggu dokumen mereka keluar.

lifestyle

Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pendaki perempuan harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan organ intim selama naik gunung.

lifestyle

Biar Lebih Awet, Begini Cara Merawat Baju Eco Print

Supaya warnanya tidak cepat pudar, bagaimana cara merawat baju eco print?

lifestyle

Manfaat Minum Susu Oat, Naura Ayu: Bikin Lebih Semangat!

Minum susu oat bisa membuat lebih semangat menjalani hari-hari.

lifestyle

5 Zodiak Paling Bergairah, Nafsunya Selalu Menggebu-gebu

Zodiak apa yang disebut-sebut memiliki gairah paling tinggi?

lifestyle

Resep Nasi Goreng Telur Asin, Bisa Jadi Menu Andalan Keluarga

Tak perlu membelinya di restoran mahal, bikin nasi goreng telur asin yang lezat di rumah, yuk!

lifestyle

Mau Liburan ke Perth Australia? Ini 7 Aktvitas Seru yang Bisa Dicoba

Ada banyak hal menarik yang disuguhkan wisata Perth di Australia.