lifestyle

Gemar Main Aplikasi Kencan Berkaitan dengan Masalah Mental, Kok Bisa?

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan main aplikasi kencan online terkait dengan maslah mentan seseorang.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Sabtu, 31 Juli 2021 | 16:30 WIB

Penggunaan aplikasi kencan belakangan ini kian marak karena semakin banyak pula macamnya. Hanya saja, ada yang perlu diwaspadai soal pemakaian aplikasi kencan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aplikasi kencan sering kali terkait dengan masalah kesehatan mental. Melansir dari Medical Xpress, pada perempuan yang mengalami gejala depresi dan kecemasan sosial, kaitannya dengan penggunaan aplikasi kencan diketahui lebih besar, sementara pria sebaliknya.

Hal tersebut dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan pada journal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.

Baca Juga: 3 Sepatu Mewah Puan Maharani, Diam-Diam Seleranya Old Money

"Dengan meningkatnya gejala kecemasan sosial dan depresi, perempuan mungkin lebih cenderung beralih ke teknologi untuk koneksi sosial, utamanya kalau bentuk-bentuk alternatif kontak sosial berkurang karena penghindaran sosial," ungkap Martin Antony dari Ryerson University.

Di antara laki-laki, semakin besar gejala kecemasan sosial dan depresi, semakin kecil kemungkinannya mereka untuk memulai kontak dengan pertandingan pada aplikasi kencan seluler.

Ilustrasi aplikasi kencan online (Shutterstock).

"Dengan aplikasi kencan seluler semakin mencari dalam lanskap kencan hari ini, studi penelitian seperti Profesor Antony sangat penting untuk memahami kemampuan mereka serta kekurangan mereka," ujar Editor-in-Chief Brenda K. WiederHold, MBA, BCB , BCN, Interaktif Media Institute, San Diego, California dan Virtual Reality Medical Institute, Brussels, Belgia.

Baca Juga: Aromanya Unik, Ini 3 Rekomendasi Parfum untuk Anak Muda

Melansir dari Verrywell Mind, penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa orang yang kerap memakai aplikasi kencan mungkin punya lebih banyak gejala kecemasan sosial dan depresi.

"Walau penelitian ini tak membangun hubungan sebab akibat, penggunaan aplikasi kencan dapat berkontribusi pada kecemasan dan depresi," ucap Soltana Nosrati, LCSW, seorang pekerja sosial di Novant Health.

Baca Juga: 5 Tas Mewah Aura Kasih, Ada Hermes Seharga Nyaris Rp500 Juta

"Dengan aplikasi kencan, Anda melihat lusinan orang, dan Anda cuma dicocokan dengan orang-orang yang profilnya Anda sukai dan yang juga menyukai Anda. Jika Anda tak pernah cocok dengan orang yang Anda sukai, itu dapat terasa seperti penolakan terus-menerus dan tidak baik untuk mental," katanya. (*Fita Nofiana)

lifestyle

20 Pantun Gombal Bikin Pujaan Hati Salting, Cocok untuk PDKT

Mau kirim pantun gombal untuk meluluhkan pujaan hati?

lifestyle

6 Arti Mimpi Bulan Madu ke Luar Negeri, Harapan Indah Segera Tercapai

Pernah mimpi pergi bulan madu ke luar negeri? Apa maknanya?

lifestyle

Strada Coffee, Tempat Ngopi Baru Bernuansa Unik yang Hadir di Jakarta

Di sana, pengunjung dapat menyelami dunia kopi yang penuh dengan pengetahuan dan kenikmatan.

lifestyle

Detoksifikasi Terbukti Kaya Manfaat, Coba Ikuti Tantangan Seru Ini

Detoksifikasi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

lifestyle

Erina Gudono Berbagi Resep Nastar, Coba Bikin Sekali Langsung Berhasil

Erina Gudono mengaku mendapatkan resep nastar tersebut dari suaminya, Kaesang Pangarep.