lifestyle

Keseringan Dapat Pujian dan Hadiah dari Pasangan? Waspadai Bom Cinta

Bom cinta bisa mengarah pada hubungan yang sebenarnya bersifat toksik dan berbahaya.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 02 Agustus 2021 | 10:30 WIB

Apakah kamu punya pasangan yang terlalu sering memuji, menyatakan cinta, memberi banyak hadiah, serta menghujani dengan banyak perhatian? Itu rupanya tidak selalu pertanda cinta sejati, bisa jadi malah bom cinta yang bersifat toksik dan berbahaya.

Bayangkan jika kekasih menghujanimu dengan begitu banyak perhatian sampai-sampai kamu malah kesulitan untuk bergerak dan bernapas. Itulah bom cinta, seolah tampak sebagai cinta sejati dan romantis, tapi nyatanya menjadi semacam belenggu yang menimbulkan kegelisahan.

Bom cinta mulanya mungkin membuatmu sangat tersanjung dan akhirnya kecanduan pada hal-hal manis yang kerap dilakukan kekasih. Namun saat menjadi kebiasaan, perlahan kemandirian dan harga dirimu akan melemah. Kamu kesulitan untuk membedakan antara cinta yang sehat dan hubungan toksik.

Baca Juga: Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Nah, supaya terhindar dari bom cinta, cobalah untuk memperhatikan beberapa tandanya. Dilansir dari Bright Side, begini cara mengetahui apakah kamu sedang dibom cinta oleh kekasih.

Buket bunga. (Unsplash/Alisa Anton)

Dihujani perhatian yang berlebihan

Dia akan mencoba membuatmu merasa istimewa dengan segala cara. Tidak peduli seberapa banyak kamu berbicara, dia tidak akan pernah bosan mendengarkan. Kamu mendapat perhatian darinya 24 jam dalam seminggu, menerima pujian, dan diberi hadiah barang mahal.

Baca Juga: Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

Terkadang, tujuan kekasih melakukan hal-hal tersebut bukanlah untuk menunjukkan rasa cinta, melainkan membuatmu sampai pada titik di mana kamu tidak dapat membayangkan hidup tanpanya.

Terisolasi dari hubungan lain

Kekasih meyakinkanmu bahwa orang lain tidak boleh menghalangi cintamu. Kekasih harus mendapatkan semua perhatianmu sepanjang waktu. Ia juga mungkin akan meyakinkanmu bahwa kamu adalah satu-satunya orang penting dalam hidupnya.

Saat kamu berhubungan dengan teman atau orang lain, kekasih akan menjadi sangat marah. Ia juga akan sangat marah jika kamu tidak memberikan perhatian yang mereka inginkan.

Ilustrasi kado. (Pexels/Pixabay)

Kekasih suka tarik ulur

Pembom cinta adalah seseorang yang narsisis. Dia selalu membutuhkan semacam hadiah sebagai tanda kemenangan atau kekuasaannya atas dirimu. Cara terbaik untuk memeriksa seberapa tertarik kamu padanya adalah main tarik ulur.

Dia kadang akan menjauhimu cuma untuk melihatmu berlari dan memohon padanya. Saat kamu benar-benar datang kembali padanya, ia akan merasa sangat puas.

Kekasih langsung tergila-gila padamu

Terlalu sering mengatakan hal-hal seperti "Aku mencintaimu" saat baru saja bertemu adalah hal yang kurang masuk akal. Namun, mereka yang melakuakn bom cinta sangat suka menggunakan kalimat puitis, seperti "Kamu adalah belahan jiwaku" atau "Kamulah yang selalu aku cari." Tujuannya adalah untuk memanipulasi dirimu.

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Coba cek, apakah kekasihmu termasuk orang yang suka memberi bom cinta? Kalau iya, ada baiknya berhati-hatilah. Bom cinta jauh lebih berbahaya daripada kedengarannya karena bisa mengembangkan ketergantungan yang tidak sehat. (*Vania Rossa)

lifestyle

Ashanty Makan Tiramisu Favorit Shah Rukh Khan, Harganya Cuma Rp100 Ribuan?

Ashanty tampak antusias saat menyantap tiramisu kesukaan Shah Rukh Khan.

lifestyle

5 Manfaat Biji Pepaya, Ternyata Bagus untuk Tingkatkan Imunitas

Konsumsi biji pepaya juga baik kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

lifestyle

5 Zodiak Paling Hati-Hati Menjalani Hidup, Selalu Waspada Setiap Waktu

Beberapa zodiak ini cenderung lebih hati-hati dalam kehidupan sehari-hari.

lifestyle

8 Arti Mimpi Mendadak Jatuh Miskin, Pertanda Rendah Diri?

Apa yang membuat seseorang bisa tiba-tiba mimpi jatuh miskin?

lifestyle

Sukses Diet, Aaliyah Massaid Akui Pernah Jalani Pola Makan Ekstrem

Namun, Aaliyah Massaid akhirnya menemukan cara yang lebih aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

lifestyle

Hobi Naik Gunung? Pendaki Perempuan Harus Perhatikan Ini

Pendaki perempuan harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan organ intim selama naik gunung.