lifestyle

Sebaiknya Hindari Oversharing dengan Calon Gebetan, Kenapa?

Jika masih tahap pendekatan, hati-hati jangan sampai oversharing dengan calon gebetan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Minggu, 07 November 2021 | 21:00 WIB

Sebelum menjalin hubungan asmara, tahap pendekatan biasanya dimulai dengan membuka diri terhadap calon gebetan, mulai dari profil diri, pekerjaan, hal-hal yang disukai, dan lainnya. Tujuannya agar bisa lebih saling mengenal satu sama lain.

Walau begitu, hati-hati jangan sampai kamu oversharing saat bercerita tentang diri pada calon gebetan. Mengapa demikian?

Kamu pasti merasa kurang nyaman berada di situasi di mana seseorang berbagi terlalu banyak informasi seputar kehidupan pribadinya, apalagi ketika kalian belum terlalu saling mengenal.

Baca Juga: Ratusan Desainer Meriahkan Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Nah, hal yang sama juga berlaku ketika kamu akan menjalin hubungan dengan seseorang. Relationship expert, Inez Kristanti mengatakan, "Profil kamu di social discovery app cukup dengan informasi seputar intention, profesi ataupun minat tanpa berbagi terlalu banyak informasi."

Mengutip dari siaran pers yang dibagikan Tinder, berikut tiga hal yang dapat kamu ingat sebelum sharing menjadi oversharing.

Ilustrasi kencan online. (Pixabay/athree23)

Foto profil sendiri lebih baik daripada foto profil bareng-bareng

Baca Juga: Sambut Hari Raya Bareng Brand Lokal, Ini 4 Rekomendasinya

Foto menjadi salah satu kunci dari profil Tinder yang powerful. Kamu harus percaya diri dan cobalah menggunakan foto dan video diri kamu sendiri ketika melakukan aktivitas yang berbeda-beda daripada saat bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat.

Jangan lupa verifikasi foto dan video di profil kamu supaya si dia lebih merasa nyaman dengan kamu dan pastikan kamu tetap menunjukkan the REAL you.

Hindari cantumkan nomor telepon

Mungkin ada beberapa dari kamu yang merasa harus mengikuti proses yang panjang dari swiping hingga ngobrol dengan si dia dan memutuskan untuk menambahkan nomor telepon pribadi di bio agar lebih mudah dan hemat waktu. Ini sudah termasuk cara sederhana oversharing!

Kamu bisa mencoba lebih transparan mengenai usia kamu yang otomatis akan meningkatkan preferensi match dibanding angka lainnya, seperti nomor telepon, nomor rekening, nomor rumah, dan sebagainya. Informasi-informasi itu bisa disalahgunakan oleh oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab.

Ilustrasi ngobrol sama gebetan. (Unsplash/Christin Hulme)

Keeping it simple and sweet

Zaman sekarang, attention span kita cuma8 detik, this is your sign! Sebisa mungkin, buatlah bio yang padat, singkat dan jelas. It is all about keeping it simple & sweet (K.I.S.S).

Guff Perdana, Sania Leonardo, Nadya & Jedwin Theomartha setuju kalau anggota Tinder tidak perlu membuat profil mereka terlihat seperti resume. "Ada, lho, yang nulisin CV di bio Tinder mereka!" tutur salah satu dari mereka sambil tertawa di Seminar Sehat Jasmani oleh @tinderindonesia

Mainkan kreativitasmu saat menulis profil Tinder untuk menarik calon match. Gunakan fitur Passion di Tinder jika ingin berbagi hal-hal yang kamu minati atau carilah orang dengan minat yang sama melalui fitur Explore yang baru hadir. Ingat! Kamu bisa cerita lebih banyak tentang dirimu dan sebaliknya ketika sama-sama sudah nyaman untuk berinteraksi secara langsung.

Perbanyak “Kamu” daripada “Aku”

Buat nyaman satu sama lain dengan lebih banyak bertanya tentang match kamu dibanding kebanyakan cerita tentang dirimu. Kamu bisa lempar pertanyaan seputar bio si dia, pekerjaan, minat, hal-hal yang sedang viral ataupun beri dia pujian. Misalnya, "Udah nonton Squid Game?", "Kamu udah vaksin?", atau "Aku suka banget dengan foto-foto kamu!"

Baca Juga: 7 Ide Parcel Rp100 Ribu, Lebih Hemat tapi Tetap Berkualitas

Itulah beberapa beberapa tips sederhana agar kamu tetap dapat membangun koneksi dengan calon match dan tidak berakhir oversharing. (*Vania Rossa)

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.

lifestyle

Liburan ke Luar Negeri Susah Cari Makanan Halal? Dian Ayu Lestasi Berbagi Tips Mudahnya

Suka jalan-jalan ke luar negeri? Dian Ayu Lestari ungkap caranya mencari makanan halal.

lifestyle

5 Resep Kue Bawang Renyah, Camilan Gurih di Hari Lebaran

Mau bikin kue bawang sendiri di rumah? Simak resep di bawah ini!

lifestyle

Senyuman 4 Zodiak Ini Paling Gampang Bikin Hati Meleleh, Gemas Banget!

Beberapa zodiak disebut memiliki senyuman imut menggemaskan.

lifestyle

8 Arti Mimpi Uang Robek, Bakal Ada Perubahan Prioritas Hidup

Apakah mimpi uang robek selalu berkaitan dengan masalah keuangan?