lifestyle

Sekarang Menang Oscar, Youn Yuh Jung Dulu Pernah Dicemooh karena Janda

Youn Yuh Jung menyimpan sisi lain yang menyedihkan sebagai perempuan berstatus janda di Korea Selatan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 26 April 2021 | 12:15 WIB

Film Korea Selatan kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Pada Minggu (25/4/2021) waktu Amerika Serikat, aktris veteran Youn Yuh Jung baru saja dinobatkan sebagai Best Actress in a Supporting Role dalam ajang Piala Oscar.

Youn Yuh Jung mendapatkan penghargaan itu berkat aktingnya dalam film "Minari". Ini menjadikan Youn Yuh Jung sebagai aktris pertama Korea Selatan yang berhasil menang di ajang Piala Oscar.

Di balik kesuksesannya, Youn Yuh Jung menyimpan sisi lain yang cukup menyedihkan sebagai seorang perempuan berstatus janda di Korea Selatan. Ia yang mulanya tak tertarik dengan dunia akting harus menempuh jalan tidak terduga sebelum sukses seperti sekarang.

Baca Juga: Sepatu Pernikahan Sandra Dewi Disorot Lagi, Bertabur Ribuan Kristal

Dilansir The New York Times, Youn Yuh Jung mundur dari dunia hiburan di tengah masa jayanya karena menikah pada pertengahan tahun 1970-an. Kala itu Youn Yuh Jung harus pindah ke Florida, Amerika Serikat untuk mendampingi sang suami yang sedang kuliah. Ia kemudian menjadi ibu rumah tangga selama hampir satu dekade.

Aktris Youn Yuh Jung menang Piala Oscar berkat film "Minari". (Instagram/@minarimovie)

Sayangnya, rumah tangga Youn Yuh Jung tak berakhir bahagia. Ia bercerai dengan sang suami dan memutuskan kembali ke Korea Selatan bersama dua anaknya. Saat itu, kariernya di dunia hiburan telah meredup. Youn Yuh Jung juga mesti menghadapi seksisme dari publik Korea Selatan karena statusnya sebagai janda.

Dalam wawancaranya dengan Forbes, Youn Yuh Jung mengaku sempat tak mendapat tawaran syuting karena respons negatif dari publik tentang statusnya sebagai janda. Padahal saat itu ia membutuhkan uang untuk membiayai kedua putranya.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Belanja Luxury yang Unik, Cuma Buka Seminggu!

Youn Yuh Jung jadi aktris pertama yang berhasil menang Piala Oscar. (Instagram/@minarimovie)

"Itu mengerikan karena semua orang melupakan saya dan saya adalah seorang janda di Korea. Dulu, janda itu seperti scarlet letter (label yang biasa diberikan kepada seseorang yang melakukan perzinahan). Itu adalah waktu yang mengerikan. Saya mencoba untuk mendapatkan peran apa pun cuma demi memberi makan dua anak laki-laki saya," papar Youn Yuh Jung dilansir Forbes.

Namun, Youn Yuh Jung diyakinkan oleh seorang teman untuk tidak menyerah dalam berakting. Ia pun mengikuti saran temannya untuk tetap bertahan dan berjuang hingga akhirnya berhasil menembus Hollywood. Youn Yun Jung juga sadar bahwa publik Korea Selatan saat ini sangat menyukainya.

Baca Juga: Wadah Pengembangan Diri, Ribuan Mahasiswa Terima Beasiswa IISMA 2024

"Penonton akan menelepon (stasiun televisi) dan berkata, 'Dia adalah seorang janda. Dia seharusnya tidak ada di televisi' (pada saat itu). Sekarang mereka sangat menyukai saya, itu sangat aneh. Tapi itulah manusia," kenang Youn Yuh Jung seperti dilansir The New York Times, Senin (26/4/2021) lalu.

lifestyle

5 Tips Mudik Nyaman dan Aman Naik Mobil Listrik, Harus Siapkan Apa Saja?

Berikut beberapa tips agar nyaman dan aman saat memutuskan mudik dengan mobil listri.

lifestyle

4 Zodiak Ini Terkenal Ambis Banget, Hidupnya Nggak Gampang Puas

Beberapa zodiak ini tidak mudah merasa puas dengan capaian hidup mereka.

lifestyle

6 Arti Mimpi Ketinggalan Bus, Insiden yang Bikin Panik saat Mudik

Apa makna di balik mimpi ketinggalan bus yang mungkin pernah kamu alami?

lifestyle

Resep Garlic Cheese Cookies, Kue Kering Special untuk Lebaran

Tak melulu manis, kue kering seperti garlic cheese cookies juga cocok disajikan saat Lebaran.

lifestyle

Hasil Survei: Perjalanan Ramah Lingkungan Lebih Disukai Wisatawan

Berdasarkan hasil survei, 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

lifestyle

Manfaat Minum Susu saat Sahur, Minuman Sehat Kaya Protein

Belum banyak yang tahu, ini pentingnya konsumsi susu saat sahur.