fashion-beauty

Putihkan Ketiak dengan Tawas, Mitos atau Fakta?

Kamu galau karena ketiak hitam? Baca penjelasan tentang tawas sebagai pengganti deodoran berikut ini.

Angga Roni Priambodo
Sabtu, 22 September 2018 | 13:15 WIB

Adakah di antara kalian yang bermasalah dengan ketiak hitam? Yup, ketiak hitam memang jadi salah satu permasalahan pelik kaum hawa setelah jerawat dan jomblo! Untuk mengatasinya, banyak cewek yang beralih menggunakan tawas sebagai pengganti deodoran. Hmm, sebenarnya aman nggak sih, putihkan ketiak dengan tawas? Simak dalam tulisan DewiKu di bawah ini.

Bau badan dan ketiak hitam
Girls, ketiak hitam erat kaitannya dengan bau badan. Banyak di antara kita yang merasa risih dengan bau badan, sehingga menggunakan deodoran. Padahal, penggunaan deodoran inilah yang menyumbang alasan paling banyak tentang penyebab ketiak yang menghitam.

Jika kamu berpikir bau badan berasal dari keringat, maka kamu salah. Aroma keringat yang keluar dari tubuh ditentukan oleh banyak hal, termasuk kandungan lemak dalam tubuh. Semakin berlemak tubuh kita, maka aroma yang dikeluarkan akan semakin menyengat.

Baca Juga: Perawatan Kecantikan Dukung Pengembangan Diri Perempuan, Kok Bisa?

Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)

Nah, salah satu bagian tubuh berlemak yang memproduksi banyak keringat adalah ketiak. Itulah sebabnya kenapa aroma keringat yang keluar dari ketiak lebih tajam dari pada bagian tubuh lainnya.  Hal ini jadi semakin parah ketika kuman sudah campur tangan, karena keringat yang sudah bersentuhan dengan kuman akan berubah menjadi bau badan.

Menggunakan deodoran sering menjadi pilihan untuk mengatasi bau badan, padahal pemakaian jangka panjang bisa memberikan efek samping yang nggak kalah dilematis, yaitu ketiak hitam!

Alternatif deodoran
Buat kamu yang mulai risih dengan ketiak hitam, tapi nggak mau bau badan, pasti sering mendengar saran untuk menggunakan air tawas. Yup, bahan yang sekilas terlihat seperti gula batu ini memiliki sifat anti bakteri yang bisa kamu andalkan sebagai pengganti deodoran.

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Makeup, Jangan Cuma Cuci Muka!

Berhubung tawas lekat dengan senyawa kimia, pasti banyak diantara kalian yang berpikir, aman nggak sih?

Ilustrasi tawas. (Pinterest)

Ternyata tawas sangat aman digunakan sebagai pengganti deodoran Girls. Selain anti bakteri, tawas juga cukup ramah pada permukaan kulit kita sehingga tidak menyebabkan ketiak hitam. Seperti ketika dia bekerja sebagai penjernih air, tawas juga aktif mengumpulkan berbagai kotoran di permukaan ketiak sehingga kita terhindar dari bau badan.

Meskipun begitu, jika digunakan secara berlebihan tawas bisa menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit dan mukosa, keracunan logam berat, kerusakan hati dan kerusakan ginjal.

Baca Juga: Tips Retouch Lipstik ala Aaliyah Massaid, Gampang Banget!

Kondisi lain juga bisa terjadi pada kulit sensitif. Jika saat menggunakan tawas kamu merasakan iritasi seperti rasa panas yang menyengat, sebaiknya hentikan penggunaan tawas ya, Girls! Oleskan krim anti iritasi, jika masih berlanjut segera periksa ke dokter kulit agar dapat penanganan yang tepat.

fashion-beauty

7 Tips Membersihkan Makeup, Jangan Cuma Cuci Muka!

Berikut beberapa tahapan membersihkan makeup yang bisa kamu coba terapkan.

fashion-beauty

Tips Retouch Lipstik ala Aaliyah Massaid, Gampang Banget!

Tampak segar sepanjang hari, begini cara Aaliyah Massaid retouch lipstick.

fashion-beauty

Harganya Rp20 Jutaan, Sepatu Dian Sastrowardoyo Ternyata Produk Ramah Lingkungan

Seperti apa penampakan sepatu ramah lingkungan yang dikenakan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

Kahiyang Ayu Perawatan Rambut di Salon Langganan, Habis Berapa Duit?

Ada beberapa perawatan yang dijalan Kahiyang Ayu saat datang ke salon langgannya.

fashion-beauty

Berkunjung ke Rumah Calon Mertua, Ayu Ting Ting Kalem Bawa Tas Mewah

Ayu Ting Ting mengikuti halal bihalal di rumah calon mertuanya.

fashion-beauty

Rafathar Potong Rambut di London, Mantap Pilih Salon Ternama

Berapa kira-kira biaya potong rambut di London seperti yang dilakukan Rafathar?