Kamis, 09 Juli 2020
Rima Sekarani Imamun Nissa : Senin, 13 Januari 2020 | 19:00 WIB

Dewiku.com - Krim pemutih mungkin masih sangat diminati di dunia kecantikan untuk mencerahkan kulit. Namun, penggunaannya ternyata bisa begitu berbahaya, bahkan merusak sistem saraf manusia.

Mengutip Medicalxpress via Hello Sehat, sebuah produk krim pemutih kulit dari Meksiko dilaporkan telah merusak saraf pusat seorang wanita asal California. 

Para dokter menganggap kondisi ini akibat kandungan merkuri pada produk tersebut cukup beracun. Jenis merkuri yang ada dalam produk kecantikan itu diketahui adalah organik merkuri, lebih tepatnya metilmerkuri. 

Kondisi wanita itu dikatakan semakin memburuk hingga para dokter harus memberikan asupan nutrisi melalui tabung. Dia bahkan tidak dapat berbicara, apalagi merawat dirinya sendiri. 

Awalnya, korban merasa lemah pada bagian bahu dan lengan serta terdapat pergerakan otot tanpa alasan yang jelas. Ia pun menjalani perawatan di rumah sakit.

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Shutterstock)

Selama dua pekan proses perawatan berlangsung, wanita tersebut ternyata menunjukkan gejala lain, seperti penglihatan kabur dan sulit berbicara. Keseimbangannya saat berjalan juga terganggu.

Gejala tersebut akhirnya diperkuat dengan tes darah dan urine. Hasilnya, korban diketahui positif keracunan merkuri. 

Pihak keluarga pun mencurigai krim pemutih yang digunakan korban. Mereka bilang, korban kerap memakai krim pemutih dua kali sehari selama tujuh tahun belakangan.

Tak disangka, produk andalannya itu mengandung jenis merkuri yang cukup beracun dan dapat merusak sistem saraf, yaitu merkuri organik, khususnya metilmerkuri. 

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Masih melansir dari Hello Sehat, sebenarnya keracunan merkuri organik dapat dicegah. Tentu saja dengan berhati-hati saat memilih produk kecantikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Periksa produk itu, apakah punya segel foil pelindung di bawah tutupnya
  • Membeli produk krim dari toko berlisensi dan terkenal aman
  • Hindari barang yang diakui sebagai produk buatan sendiri alias hand-made
  • Periksa kembali apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalamnya
  • Menggunakannya sesuai aturan yang berlaku pada kemasan

Perlu dipahami, tak semua krim pemutih dapat merusak sistem saraf pusat. Kendati begitu, tidak ada salahnya tetap cermas dan waspada sebagai antisipasi.

BACA SELANJUTNYA

Hati-Hati! Produk Kosmetik Berbahaya Bisa Picu Penuaan Dini