Selasa, 24 Mei 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Senin, 04 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Dewiku.com - Salah satu masalah rambut yang sering dialami orang-orang adalah ketombe. Selain perkara estetika, ketombe juga menjadi faktor utama rambut rusak, rapuh, hingga kering dan kusam.

Ketombe adalah kondisi umum yang menyebabkan kulit kepala mengelupas. Gejala ketombe meliputi serpihan kulit di kepala, sensasi gatal, dan kulit kepala berkerak sehingga umumnya membuat seseorang kurang percaya diri karenanya. 

Orang-orang kerap bingung soal cara mengatasi ketombe. Tak jarang, ada bahan rumahan tertentu yang diyakini bisa membantu mengatasi ketombe, misalnya kopi. Benarkah kopi bisa mengatasi ketombe?

Mengutip Healthshots, sebuah penelitian yang terbit di Pharmatutor Journal menyebutkan bahwa kopi punya kemampuan untuk membersihkan dan mengelupas kulit kepala sehingga bermanfaat menghilangkan bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Ilustrasi Kopi. (Nathan Dumlao/Unsplash)

Dalam pertumbuhan rambut misalnya, kopi dikatakan bisa memperkuat akar dan membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, kopi mengandung bahan yang bagus untuk menjaga tingkat pH dan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Itulah mengapa kafein mampu membantu melebarkan pembuluh darah.

Menggunakan masker rambut berbahan kopi tak hanya bermanfaat mengatasi ketombe. Ada kandungan lain yang baik untuk menjaga rambut, termasuk mampu mendetoksifikasi kuit kepala, menghilangkan penumpukan, dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Bagaimana cara pembuatan masker rambut untuk mencegah ketombe? Bahan yang perlu disiapkan adalah 1 sendok makan kopi bubuk dan 1 sendok teh minyak kelapa.

Mulai dengan memanaskan minyak kelapa pada suhu rendah, lalu tambahkan bubuk kopi. Jika ingin menggunakan madu dan minyak zaitun, campurkan bahan-bahan ini bersamaan dengan bubuk kopi.

Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, seduh dan aduk selama dua menit, lalu saring di mangkuk kecil.

Oleskan ke seluruh rambut, akar, dan kulit kepala. Biarkan meresap selama setengah jam, lalu bilas dengan sampo ringan. Disarankan menggunakan masker rambut berbahan kopi satu minggu sekali secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BACA SELANJUTNYA

Jangan Langsung Minum Kopi setelah Bangun Tidur, Ketahui Dampaknya