Selasa, 18 Januari 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Kamis, 02 Desember 2021 | 20:42 WIB

Dewiku.com - Banyak produk skincare yang mengandung asam salisilat. Bahan aktif ini juga sering diburu beauty enthusiast supaya kulit sehat bebas jerawat. Namun, apa sebenarnya asam salisilat itu dan manfaatnya untuk kesehatan kulit?

Mengutip Allure, sebagaimana dirangkum Suara.com, Kamis (2/12/2021) asam salisilat adalah bahan aktif utama untuk melawan jerawat. Singkatnya, asam salisilat termasuk salah satu musuh terbesar jerawat.

Bahkan saking ampuhnya, ketika bahan aktif diaplikasikan pada jerawat semalaman, disebut-sebut esok pagi jerawat akan langsung mengering dan kempis.

Asal Usul Asam Salisilat

Perlu diketahui, dalam produk perawatan kulit umumnya, terdapat dua jenis asam, yaitu beta hydroxy acids (BHA) dan alpha hydroxy acid (AHA).

Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)

"Nah, asam salisilat adalah masuk kategori asam beta hidroksi (BHA)," ujar Ahli Kimia Kosmetik, Randy Schueller.

Dia melanjutkan, "Asam yang berasal dari kulit pohon willow ini terdiri dari molekul hidroksi yang dipisahkan dari bagian asam oleh dua atom karbon. Ini berbeda dengan AHA, yang dipisahkan oleh satu atom karbon."

Uniknya, struktur asam salisilat lebih mudah larut dalam minyak sehingga dapat menembus ke pori-pori kulit lebih dalam. Sedangkan, AHA cenderung lebih gampang larut dalam air.

"Umumnya, bahan yang larut dalam minyak lebih mudah menembus lapisan kulit yang disebut lipid, lokasi tempat sel kulit mati berada," demikian penjelasan Spesialis Kulit New York City, Sejal Shah.

Kesimpulannya, AHA lebih ampuh bekerja di permukaan kulit, utamanya untuk menghilangkan sel mati di permukaan kulit sehingga akan membuat kulit tampak lebih segar.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

"Sedangkan asam salisilat bekerja menembus lebih dalam pori kulit, untuk membuka sumbatan penyebab jerawat," ungkap Ahli Kimia Kosmetik Ron Robinson menambahkan.

Cara Kerja Asam Salisilat di Kulit

Asam salisilat mampu masuk lebih dalam ke lapisan kulit sehingga ampuh mengatasi jerawat, termasuk komedo putih. Setelah menembus kulit, asam salisilat bakal melarutkan kotoran kulit yang menyumbat pori-pori.

"Asam salisilat akan bertindak sebagai anti inflamasi, mengatasi jerawat dan pustula merah yang sering meradang dan hilang lebih cepat," ucap Naissan O. Wesley, Dokter Kulit di Los Angeles.

Asam salisilat bagus untuk eksfoliasi dan efektif mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan sumbatan di pori-pori wajah.

BACA SELANJUTNYA

Mitos atau Fakta, Benarkah Makan Kacang Bikin Jerawatan?