Senin, 17 Januari 2022
Rima Sekarani Imamun Nissa : Selasa, 11 Januari 2022 | 16:00 WIB

Dewiku.com - Kerutan adalah lipatan atau tonjolan pada area kulit yang seiring bertambahnya usia akan muncul secara alami. Karena dinilai menggantu penampilan, itulah mengapa banyak orang mencari tahu tentang cara mencegah kerutan tanda penuaan.

Kerutan umumnya pertama kali muncul pada area wajah, di mana kulit terlihat mengkerut ketika seseorang sedang menunjukkan ekspresi tertentu. Kerutan ini muncul karena kulit menjadi lebih tipis dan tingkat elastisitasnya berkurang dari waktu ke waktu.

Selain itu, kerutan umumnya juga muncul pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, punggung tangan, dan lengan.

Penyebab Munculnya Kerutan di Wajah

Ilustrasi kerutan di dahi (Elements Envato)

Melansir Medical News Today, kulit yang menipis dengan tingkat elastisitas yang berkurang seiring bertambahnya usia membuat kemampuan kulit dalam melindungi diri dari kerusakan juga ikut berkurang. Pada akhirnya, hal ini akan menimbulkan kerutan dan garis-garis pada kulit.

Tingkat kerut atau keriput pada seseorang juga dipengaruhi dengan warna kulit karena perbedaan struktural dan fungsional yang ada. Berdasar sebuah riset dari National Institutes of Health, kulit gelap dan Asia punya lapisan dermis yang lebih tebal sehingga memungkinkan untuk memberi perlindungan lebih baik dari kerutan.

Paparan sinar UV dapat meningkatkan risiko kerutan. Hal tersebut karena sinar UV bisa memecah serat kolagen dan elastin kulit yang berfungsi membentuk jaringan ikat untuk menopang kulit.

Kulit yang lebih gelap mempunyai lebih banyak melanin sehingga dapat melindungi sinar UV dengan lebih baik.

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Kerutan di Wajah?

Menggunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Berdasarkan saran dari dermatologist, setiap keluar dari ruangan sebaiknya selalu pakai tabir surya dengan minimal SPF 30, topi, serta pakaian yang menutup tubuh.

Gunakan Pelembap

Pelembap bisa mencegah kekeringan sehingga membantu mengurangi risiko timbulnya kerutan.

Berhenti Merokok

Merokok sangat mempercepat penuaan kulit yang bisa bikin kurit keriput.

Kurangi Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa membuat kulit lebih kering yang bisa menyebabkan kerusakan seiring waktu.

Memeriksa kerutan di wajah (shutterstock)

Makan Makanan Sehat dan Seimbang

Makan banyak buah dan sayuran bisa mencegah kerusakan kulit, sedangkan gula dan karbohidrat olahan dapat mempercepat penuaan kulit yang menyebabkan kerutan.

Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Sebagai perawatan kulit wajah, gunakan pembersih yang lembut. Menggosok kulit terlalu keras bisa menyebabkan iritasi dan mempercepat penuaan kulit.

Mencuci Muka yang Berkeringat Banyak

Mencuci muka juga termasuk cara mencegah kerutan sebagai tanda penuaan. Keringat dapat mengiritasi kulit, lalu menyebabkan kerusakan seiring waktu. Keringat di wajah bisa muncul lebih banyak ketika menggunakan topi atau helm.

Perawatan Anti Kerutan Kulit

Ada berbagai perawatan untuk membantu mengurangi garis-garis halus pada kulit. Untuk kerutan yang cukup dalam, seseorang mungkin memerlukan perawatan wajah yang lebih kompleks seperti operasi plastik atau suntikan filler.

BACA SELANJUTNYA

Waduh, Hobi Nonton Film Disebut Bikin Lebih Cepat Tua