fashion-beauty

Ikuti Langkah Ini untuk Perawatan Kulit dalam Waktu Singkat

Rutinitas perawatan kulit setiap orang bisa beragam, mulai dari satu hingga 15 langkah, tergantung pada permasalahan kulit dan produk yang cocok untuk digunakan.

Rendy Adrikni Sadikin
Senin, 07 Februari 2022 | 13:38 WIB

Rutinitas perawatan kulit setiap orang bisa beragam, mulai dari satu hingga 15 langkah, tergantung pada permasalahan kulit dan produk yang cocok untuk digunakan. Walau begitu, yang sebenarnya dibutuhkan hanyalah membangun rutinitas yang mudah diikuti dengan produk yang benar-benar cocok untuk jenis kulit Anda.

Secara umum, ada empat jenis kulit, yaitu kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi, dan kulit normal. Setiap jenisnya memiliki tantangan uniknya sendiri sehingga kunci pentingnya adalah untuk bisa memahami kulit Anda, bukan melawannya.

Namun, tidak semua orang punya waktu banyak untuk melakukan rutinitas perawatan kulit lengkap setiap pagi dan malam. Mengurangi langkah rutinitas perawatan kulit Anda adalah sebuah hal yang diinginkan setiap orang, tetapi itu hanya akan lebih mudah dilakukan jika Anda merawat kulit Anda dengan benar sejak awal.

Untuk memperoleh hal tersebut, Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit. Anda dapat mengurangi minyak berlebih, menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah, dan memberikan perlindungan untuk kulit Anda dari sinar UV dalam waktu singkat. Langkah pertama adalah menggunakan pembersih wajah terlebih dahulu, lalu diikuti dengan toner. Dua produk sederhana ini akan membuat wajah Anda bersih secara menyeluruh dan siap untuk beraktivitas di pagi hari.

Produk yang selanjutnya adalah tabir surya atau sunscreen. Sunscreen dioles dengan tujuan untuk mencegah sinar UV yang berbahaya untuk masuk ke dalam kulit. Anda harus mengaplikasikan dan mengoles produk-produk kecantikan tepat setelah wajah sudah bersih. Setelah mengoleskan tabir surya, Anda pun sudah siap. Jika masih memiliki sisa waktu yang cukup, Anda bisa menggunakan riasan tambahan atau produk lain yang Anda inginkan.

Ilustrasi perawatan kulit dan kecantikan wajah.(Pexels.com/@sora-shimazaki)

 

Cara terbaik untuk mengurangi jumlah langkah dalam rutinitas perawatan kulit adalah dengan memaksimalkan apa yang didapatkan dari produk skincare Anda. Sering kali, tabir surya menawarkan manfaat perawatan kulit tambahan, seperti kandungan pelembap atau tambahan booster untuk kulit.

Cukup mudah untuk mengikuti rutinitas pagi ini yang hanya terdiri dari pembersihan, toner, dan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Anda juga bisa menambahkan serum dan pelembap yang tepat.

Tidak jauh berbeda, rutinitas malam yang teratur juga dapat menghasilkan kulit yang bercahaya dan tampak awet muda. Produk-produk yang digunakan juga mirip, hanya dengan tujuan yang berbeda. Rutinitas pagi bertujuan untuk mempersiapkan kulit Anda agar dapat beraktivitas dengan produktif. Sebaliknya, rutinitas malam akan membantu melepas penat dan membiarkan kulit Anda bernapas setelah aktivitas seharian yang padat.

Mulailah rutinitas dengan pembersih dan toner, Anda harus memastikan kulit wajah Anda bersih dari kotoran yang menempel saat Anda beraktivitas sepanjang hari. Kemudian, produk malam hari Anda berikutnya adalah exfoliant. Menggunakan exfoliant dapat membantu membersihkan pori-pori Anda yang tersumbat, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta meratakan warna kulit Anda untuk kulit yang segar dan bercahaya saat bangun di pagi hari.

Ilustrasi perawatan kulit dan kecantikan wajah.(Pexels.com/@sora-shimazaki)

 

Terlepas dari kegunaannya, exfoliant tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Jika dipakai terlalu sering, produk ini akan menghapus dan bahkan membuang sel-sel kulit Anda yang sehat. Anda bisa mengganti exfoliant dengan produk antioksidan atau serum untuk membantu melindungi kulit wajah dari kerutan, memberikan kolagen tambahan, dan membantu memperbaiki sel-sel kulit wajah yang rusak.

Entah itu empat atau bahkan 10 langkah, semua itu tidak akan memberikan pengaruh yang besar jika Anda tidak mengikuti rutinitas perawatan kulit Anda. Kulit wajah tidak akan bekerja sama dengan Anda dan bahkan bisa memunculkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti muncul jerawat, minyak yang berlebihan, atau kulit yang pecah-pecah.

Anda tidak bisa berharap masalah-masalah kulit Anda akan hilang hanya dengan membiarkannya tanpa perawatan. Bahkan rutinitas sederhana yang konsisten akan menunjukkan hasil saat diikuti secara teratur. Jika rutin dilakukan di pagi dan malam hari ditambah dengan pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan waktu istirahat yang cukup, rutinitas sederhana ini dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

fashion-beauty

Branded Sejak Bayi, Azura Pakai Baju Rumahan Rp8 Jutaan

Harga baju rumahan yang dipakai Azura anak Aurel Hermansyah bikin geleng-geleng kepala.

fashion-beauty

7 Tips Membersihkan Makeup, Jangan Cuma Cuci Muka!

Berikut beberapa tahapan membersihkan makeup yang bisa kamu coba terapkan.

fashion-beauty

Tips Retouch Lipstik ala Aaliyah Massaid, Gampang Banget!

Tampak segar sepanjang hari, begini cara Aaliyah Massaid retouch lipstick.

fashion-beauty

Harganya Rp20 Jutaan, Sepatu Dian Sastrowardoyo Ternyata Produk Ramah Lingkungan

Seperti apa penampakan sepatu ramah lingkungan yang dikenakan Dian Sastrowardoyo?

fashion-beauty

Kahiyang Ayu Perawatan Rambut di Salon Langganan, Habis Berapa Duit?

Ada beberapa perawatan yang dijalan Kahiyang Ayu saat datang ke salon langgannya.